Connect with us

Event

Tokocrypto Bersama IdeaTax Bantu Pengguna Lapor Pajak Kripto di SPT

Published

on

Tokocrypto Sosialisasikan Lapor Pajak Transaksi Kripto di Acara Crypto Tax Corner.

Tokocrypto bersama IdeaTax menggelar acara bertajuk “Crypto Tax Corner” di Twitter Space dan eksklusif Google Meet pada 21-22 Februari 2023. Acara ini bertujuan untuk sosialisasi mengenai pajak kripto, memberikan pemahaman kepada audiens tentang profil Tokocrypto dan IdeaTax, serta mengedukasi mengenai pajak secara umum, termasuk pajak pribadi dan pajak aset crypto.

Beragam narasumber yang hadir dalam acara “Crypto Tax Corner” di Tokocrypto, termasuk Iqbal Wan, CMO Tokocrypto, Jovita dan Cecilia Kartono dari IdeaTax, Juliana dan Sherina dari Tim Tokocrypto.

Jovita dan Cecilia Kartono dari IdeaTax memberikan penjelasan tentang pajak secara umum, termasuk jenis-jenis pajak dan kewajiban wajib pajak orang pribadi. Mereka juga memaparkan tentang konsep pajak secara umum dan pentingnya pelaporan pajak crypto di Indonesia. Tarif PPN dan PPH kripto, serta persyaratan yang dibutuhkan untuk pelaporan SPT.

Selanjutnya, dibahaslah pajak aset crypto, di mana pajak kripto telah dipotong saat transaksi, tetapi wajib pajak tetap harus melaporkan transaksi crypto pribadinya ke SPT.

Penjelasan Laporan Pajak Kripto yang Diunduh dari Website Tokocrypto

Tokocrypto hadirkan fitur Bukti Pajak kripto pengguna. Sumber: Tokocrypto.
Tokocrypto hadirkan fitur Bukti Pajak kripto pengguna. Sumber: Tokocrypto.

Baca juga: Ngabubuclass Tokocrypto: Cara Tetap Cuan di Bulan Ramadan

Juliana menjelaskan tentang fitur Pajak Kripto di website Tokocrypto, di mana pengguna dapat mengunduh laporan crypto mereka. Dia juga memaparkan perubahan yang terjadi pada tahun tersebut dan perbedaan antara Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh), dan Dasar Pengenaan Pajak (DPP) dalam perhitungan pajak. Untuk tata cara download bukti potong pajak transaksi kripto di Tokocrypto, bisa simak di link ini: Cara Mudah Dapat Laporan Pajak Kripto Tahunan di Tokocrypto.

Sherina memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana melaporkan pajak crypto melalui E-SPT. Dia menjelaskan proses pengisian formulir SPT dan bagaimana melaporkan aset crypto pada laporan pajak.

Sebagai penutup, Jovita memberikan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk melaporkan pajak pribadi secara lengkap dan tepat. Pertanyaan dari audiens juga dijawab, termasuk tentang priviledge bagi anggota VIP Tokocrypto dan transparansi potongan pajak yang diterima.

Advertisement

Acara ini berhasil memberikan pemahaman yang lebih baik kepada audiens mengenai kewajiban pajak dalam dunia crypto. Pengenaan pajak kripto menunjukkan bahwa industri crypto semakin diakui secara resmi, namun masih diperlukan upaya untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan industri ini tanpa menghambat partisipasi investor. Peserta diingatkan untuk tetap mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku dan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam melaporkan pajak mereka.

Dengan adanya pajak kripto, dapat dilihat bahwa industri crypto semakin diakui secara resmi dan berkontribusi positif terhadap perekonomian negara, meskipun masih diperlukan upaya untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan industri ini tanpa menghambat partisipasi investor.


Tokocrypto bekerja sama dengan Ideatax ingin menawarkan jasa konsultasi pajak secara gratis. Apabila berminat, dapat mengisi form ini.

Penawaran ini berlaku untuk jumlah yang terbatas, mari daftar dan dapatkan sesi konsultasi pajak gratis dari Ideatax!

Popular