Connect with us

Market

Tren AI Pimpin Lonjakan Pasar Kripto di Semester 1 2024

Published

on

Ilustrasi aset kripto SingularityNET (AGIX). Sumber: SingularityNET.

Dalam laporan terbarunya yang berjudul “Grayscale Research Insights: Crypto Sectors in Q3 2024,” perusahaan manajemen aset Grayscale menyoroti peran penting teknologi kecerdasan buatan (AI) di pasar kripto.

Selama paruh pertama tahun 2024, AI telah muncul sebagai tema utama, khususnya dalam sektor Platform Kontrak Cerdas dan Utilitas & Layanan kripto. Sektor-sektor ini menunjukkan ketahanan dan pertumbuhan yang signifikan dengan memanfaatkan AI dan menyediakan sumber daya penting untuk pengembangannya.

Sinergi AI dan Blockchain: Inovasi yang Mendorong Pasar

Grayscale melaporkan bahwa AI telah menjadi tema dominan dalam beberapa bulan terakhir, diikuti oleh dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), koin meme, dan permainan berbasis blockchain. Tema-tema ini mencerminkan minat publik dan mengisyaratkan potensi pergerakan pasar di masa depan.

Grayscale memprediksi bahwa kolaborasi antara AI dan blockchain akan terus menjadi pusat perhatian, mendorong inovasi dan meningkatkan kinerja pasar token yang terkait dengan AI. Token-token ini telah meningkat hingga 80% tahun ini, sangat berbeda dengan penurunan moderat di pasar kripto secara keseluruhan.

Potensi Token Kripto Berbasis AI

Ilustrasi aset kripto SingularityNET (AGIX). Sumber: SingularityNET.
Ilustrasi aset kripto SingularityNET (AGIX). Sumber: SingularityNET.

Baca juga: Prediksi Bitcoin: Data Historis Isyaratkan Profit Ganda di Juli

Ke depannya, Grayscale telah memasukkan proyek-proyek yang berfokus pada AI dalam daftar token potensial tinggi untuk Q3 2024. Proyek-proyek seperti Near, Render, dan Akash diharapkan dapat memanfaatkan tren AI yang terus berkembang.

Advertisement

Near difokuskan pada kasus penggunaan nonfinansial dan aplikasi dunia nyata, yang dipadukan dengan keahliannya dalam AI, menjadikannya pemimpin di sektor platform kontrak pintar. Sementara itu, Render dan Akash siap mendapatkan keuntungan dari meningkatnya permintaan pasar GPU terdesentralisasi yang penting untuk pengembangan AI.

Pandangan dari Ahli: Dominic Williams

Dominic Williams, Pendiri dan Kepala Ilmuwan di DFINITY, percaya bahwa AI adalah teknologi transformatif dengan aplikasi yang luas dan tak terduga untuk kontrak pintar on-chain. Ia menyebutkan bahwa kontrak pintar AI dapat berfungsi dalam media sosial DeFi dan Web3, serta menawarkan manfaat seperti KYC otonom terdesentralisasi yang hemat biaya dan mengurangi ancaman kejahatan.

Williams menambahkan bahwa kontrak pintar memiliki keuntungan kuat seperti keamanan, operasi yang tidak bisa dihentikan, otonomi, dan kemampuan integrasi dengan sistem dan layanan blockchain lainnya.

AI terdesentralisasi juga diharapkan dapat memberikan keuntungan regulasi yang signifikan, mendukung pertumbuhan dan pengembangan AI serta Web3. Kontrak pintar menjamin keamanan, operasi yang benar, dan otonomi tanpa perlu perantara tepercaya, serta mudah diintegrasikan dengan sistem blockchain lainnya, menjadikannya ideal untuk pengembangan AI on-chain.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular