Connect with us

Market

Valuasi Pasar Kripto Prediksi Capai $3,2 Triliun pada tahun 2024

Published

on

Ilustrasi aset kripto bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Pasar kripto diperkirakan akan tumbuh secara signifikan tahun depan seiring dengan terjadinya kenaikan harga Bitcoin (BTC). Hal ini terlihat dari peningkatan total kapitalisasi pasar dan jumlah pengguna yang memiliki aset digital secara global.

Menurut edisi terbaru laporan Bitfinex Alpha, total kapitalisasi pasar kripto diperkirakan akan berfluktuasi antara level saat ini sebesar US$ 1,6 triliun dan US$ 3,2 triliun, sementara pemilik kripto global dapat meningkat menjadi antara 850 dan 950 juta dari 575 juta.

Beberapa metrik on-chain menunjukkan bahwa pasar kripto telah keluar dari musim penurunan dan bergerak menuju kenaikan. Hal ini terlihat jelas dari harga beberapa kripto, termasuk Bitcoin (BTC), aset digital terkemuka, yang telah melonjak lebih dari 158% pada tahun lalu, meskipun masih terpaut 38% dari harga tertinggi sepanjang masa pada tahun 2021 sebesar US$ 68.000.

Analis Bitfinex percaya pasar bullish ini memiliki “potensi besar” dan dapat menjadikan BTC sebagai kelas aset multi-triliun dolar, yang menawarkan nilai signifikan bagi investor. Untuk mencapai tujuan ini, para ahli mengidentifikasi beberapa metrik yang perlu dipantau saat pasar bergerak pada tahun 2024.

Ilustrasi aset kripto.
Ilustrasi aset kripto.

Baca juga: Siap-siap! Teknologi Blockchain Dipakai Pembangunan IKN

Di antara metrik tersebut adalah Bitcoin Fear & Greed index, yang menunjukkan pasar telah bertransisi dari ketakutan Extreme ke Greed, sebuah pergerakan yang umum terjadi pada awal musim bullish. Analis melihat peluang besar untuk melanjutkan kunjungan ke sentimen “Greed Extreme” pada tahun 2024 karena BTC mencapai level tertinggi baru di tengah pasar bullish.

Lonjakan Pemilik Kripto Global

Ketika ekosistem aset digital berkembang dan total kapitalisasi pasar tumbuh, adopsi BTC dan kripto akan meningkat ke tingkat yang baru. Jumlah pemilik kripto secara global diperkirakan akan mencapai titik tertinggi baru, dengan negara-negara seperti El Salvador, Argentina, dan kota terbesar di Swiss, Lugano, muncul sebagai pelopor.

El Salvador dan Lugano telah mengakui BTC sebagai alat pembayaran yang sah, meluncurkan beberapa proyek bertema Bitcoin, sementara masyarakat Argentina telah beralih ke aset kripto di tengah meningkatnya tingkat inflasi dan volatilitas ekonomi.

Advertisement

“Kami percaya bahwa seiring dengan dimulainya tahun 2024, fokus pada penguatan infrastruktur untuk mendukung transaksi Bitcoin kemungkinan akan semakin meningkat. Ini termasuk inisiatif untuk meningkatkan kesadaran dan pendidikan masyarakat tentang Bitcoin, terutama di kalangan mereka yang secara tradisional dikecualikan dari sistem perbankan formal,” kata analis Bitfinex.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading  di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading  jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular