Connect with us

Business

Visa Pakai Solana dan USDC untuk Tingkatkan Pembayaran Lebih Cepat

Published

on

Ilustrasi perusahaan layanan pembayaran, Visa. Sumber: Getty Images.

Perusahaan layanan keuangan global, Visa mendalami dunia blockchain Solana dan stablecoin USDC untuk meningkatkan kecepatan transaksi pembayaran lintas batas. Perusahaan yang berbasis di San Francisco itu, telah memperluas kemampuan penyelesaian stablecoin-nya dengan USDC Circle ke blockchain Solana (SOL), yang dirancang untuk menawarkan kinerja berkecepatan tinggi.

Visa mengumumkan perluasan kemampuan penyelesaian stablecoin-nya dengan menyertakan blockchain Solana, selain kemampuan yang ada di Ethereum. Perusahaan mengatakan pihaknya bermitra dengan pengakuisisi pedagang Worldpay dan Nuvei untuk program percontohan.

Sebagai bagian dari uji coba langsung, Visa telah memindahkan jutaan USDC antara mitranya melalui jaringan blockchain Solana dan Ethereum untuk menyelesaikan pembayaran dalam mata uang fiat yang disahkan melalui VisaNet.

Cuy Sheffield, Head of Crypto di Visa, menyatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk mempercepat penyelesaian lintas batas dan menyediakan opsi pembayaran stablecoin untuk klien.

“Dengan memanfaatkan stablecoin seperti USDC dan jaringan blockchain global seperti Solana dan Ethereum, kami membantu meningkatkan kecepatan penyelesaian lintas batas dan memberikan opsi modern bagi klien kami untuk dengan mudah mengirim atau menerima dana dari perbendaharaan Visa,” kata Sheffield.

Ilustrasi Solana. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi Solana. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Investor Besar Bitcoin Kumpulkan Rp 22,8 T dalam BTC saat Harga Turun

Adopsi Kripto

Worldpay dan Nuvei adalah perusahaan fintech yang melayani merchant di berbagai sektor. Dengan dukungan Visa, mereka berharap dapat menawarkan opsi kepada pedagang untuk menerima pembayaran dalam stablecoin seperti USDC.

Pengumuman ini juga menandai masuknya Solana oleh Visa sebagai blockchain yang didukung untuk penyelesaian, menjadikannya salah satu perusahaan pembayaran besar pertama yang melakukannya.

Advertisement

Perkembangan ini merupakan tonggak sejarah bagi lembaga keuangan tradisional yang memanfaatkan teknologi blockchain. Pasar stablecoin berpotensi tumbuh hingga US$ 2,8 triliun dalam lima tahun ke depan karena platform keuangan dan konsumen global memanfaatkan token pada blockchain publik untuk menggerakkan pertukaran nilai pada platform mereka, kata firma riset Bernstein.

Stablecoin adalah bagian dari mata uang kripto dengan harga yang dipatok pada aset eksternal, terutama terhadap dolar AS, dan semakin banyak digunakan untuk pengiriman uang dan sarana tabungan di wilayah berkembang.

Perusahaan fintech PayPal baru-baru ini mengeluarkan stablecoinnya sendiri yang disebut PYUSD di blockchain Ethereum.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular