Connect with us

Market News

4 Jenis Investasi yang Harus Dicoba Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun

Published

on

Bila dulu investasi dikenal sebagai kegiatan yang diperuntukkan bagi orang-orang yang sudah matang dari segi keuangan, maka stereotip tersebut harus Anda buang jauh-jauh. Justru, ada baiknya Anda sudah mulai berinvestasi sebelum memasuki usia 30 tahun, dan lebih baik lagi bila Anda memulai investasi setelah Anda mendapatkan gaji pertama.

Anak muda seperti Anda sudah selayaknya memahami seluk-beluk berinvestasi dan mulai berinvestasi sedini mungkin. Faktor keuangan di masa depan tentu menjadi pertimbangan utamanya, dan selain itu, investasi juga harus dilakukan demi membendung inflasi yang akan berefek pada nilai uang Anda.

Bila Anda sudah memantapkan diri untuk mulai berinvestasi namun masih bingung memilih instrumen investasi apa yang tepat untuk Anda saat ini, dari segi kesiapan mental dan dana.

Berikut 4 jenis investasi yang direkomendasikan untuk Anda coba sebelum memasuki usia 30 tahun.

1. Reksa Dana

jenis investasi - reksa dana

Reksa dana bisa dimulai dengan nominal yang rendah, dan saat ini sudah banyak platform yang memungkinkan Anda untuk membeli produk reksa dana dengan mudah.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membaca Prospektus dan memercayakan Manajer Investasi (MI) yang sudah ahli untuk mengelola dana investasi Anda.

Ada banyak jenis reksa dana yang bisa Anda coba, tetapi untuk Anda yang terhitung masih baru dalam dunia investasi, cobalah reksa dana pasar uang maupun reksa dana campuran.

Advertisement

Yang pasti, lakukan perhitungan yang memadai terkait keuntungan dan risiko yang ada di masing-masing jenis.

2. Saham

bermain saham

Saham sudah sangat populer sebagai salah satu instrumen investasi. Banyak orang yang bahkan meninggalkan pekerjaan tetapnya untuk berinvestasi saham.

Dengan investasi saham, itu sama artinya dengan Anda membeli sebagian porsi dari perusahaan terbuka dan memiliki kepemilikan modal di dalamnya. 

Saham terkenal sebagai investasi yang high risk, high return. Analisis fundamental saham harus dipelajari terlebih dahulu, juga analisis teknikal lainnya. Keuntungan tahunan saham bisa mencapai 35%.

3. Emas

investasi emas - koinworks

Bagi Anda yang tidak doyan repot dengan analisis ini – itu namun tetap mengacu pada investasi jangka panjang, maka investasi emas bisa menjadi andalan.

Investasi emas bisa jadi sangat menguntungkan, namun Anda mungkin harus rutin menyisihkan pendapatan bulanan untuk membeli emas karena memang harganya yang mahal.

Harga emas sendiri cenderung fluktuatif namun dalam jangka panjang, investasi emas tetap menjadi jenis investasi yang aman sekaligus menguntungkan. Anda bisa menabung emas di bank emas dan meraup keuntungan darinya.

Advertisement

4. Cryptocurrency

Investasi sebelum usia 30 selanjutnya yang perlu kita coba adalah investasi di cryptocurrency. Mungkin tahun lalu belum banyak yang mengenal cryptocurrency atau mata uang digital. Namun berkat kenaikan salah satu coin yang fantastis di akhir 2017, kini crypto mulai dilirik dan diperhitungkan.

Kegiatan yang penuh tantangan dan beresiko tinggi ini mungkin cocok bagi para millennial yang berharap mendapat keuntungan tinggi dan tidak khawatir dengan resiko.

Didorong dengan naiknya nilai tukar Bitcoin hingga 15 kali lipat, akhirnya cukup banyak koin digital alternatif lain ikut terdongkrak, termasuk kehadiran ratusan alternatif koin baru yang menawarkan iming-imging keuntugan investasi luar biasa besar.

Teknologi dibelakang mata uang digital dan kemungkinan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari memang sangat menarik. Namun dibalik tawaran-tawaran menggiurkan tersebut, tersembunyi resiko yang tidak kalah besar.

Kerugian karena nilai tukar yang sangat fluktuatif hingga penipuan yang akhirnya membuat seluruh asset investasi kita hilang sudah menjadi hal ‘biasa’ di dunia crypto. Bahkan, di beberapa negara, uang digital ini telah dilarang dan dianggap memiliki resiko yang tidak dapat diukur.

Pastikan juga bahwa Anda mendiversifikasikan dana investasi Anda ke beragam jenis investasi yang direkomendasikan di atas. 

Anda juga bisa berinvestasi pada satu jenis investasi yang cocok untuk Anda dengan dominasi nominal yang lebih besar sembari berinvestasi juga ke jenis investasi lainnya. Selamat berinvestasi!

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular