Dilansir dari BeinCrypto, harga Bitcoin mulai stagnan setelah musim panas yang sangat fluktuatif. Jika prediksi jangka pendek baru mengenai harganya benar, pada kuartal keempat mungkin membawa periode penurunan atau bearish baru.

Seluruh pelaku industri kripto sangat senang awal tahun ini ketika harga Bitcoin dan harga sebagian besar koin dan token lainnya mulai menguat terus atau reli, yang membawa mereka kembali ke ketinggian yang pernah terjadi pada 2017. Namun, sekarang harga mulai terlihat penurunan lagi.

Berdasarkan grafik, diperkirakan harga BTC akan segera mulai bergerak turun, dengan potensi turun sebesar 38%, yang akan membawanya ke kisaran harga US$7.000. Dengan kata lain, harga BTC kemungkinan akan menunjukkan penurunan signifikan lainnya sebelum kembali naik. Namun, ini mungkin bukan hal yang buruk. Secara historis, penurunan besar sering menyebabkan lonjakan besar yang memungkinkan harga menembus level resistensi lama dan naik lebih tinggi dari sebelumnya, yang bisa menjadi skenario yang sedang diputar.

Juga perlu ditunjukkan bahwa ini bukan kepastian, hanya kemungkinan (probabilitas). Meski begitu, Bitcoin memiliki sejarah panjang menunjukkan peristiwa tertentu, hanya untuk melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda. Di awal 2019, banyak analis yakin bahwa harga BTC akan turun di bawah US$3.000, dan bahkan mungkin menembus di bawah US$2.000 sebelum memulai lonjakan ke pemulihan.

Sekarang, Bitcoin tidak melakukan hal semacam itu. Sebaliknya, bitcoin melonjak hingga hampir mencapai US$14.000 antara Maret dan Juni tahun ini. Setelah itu, ia mengalami beberapa penurunan yang membawa harganya ke level resistansi yang mendekati $10.000.

Karakteristik lain dari Bitcoin, menurut sejarahnya, adalah kecenderungannya untuk mengalami lonjakan besar ketika tahun mulai berakhir. Namun, dengan harganya yang saat ini agak macet antara US$10.000 dan US$10.500, BTC membutuhkan sesuatu untuk menggoyang sedikit. Skenario yang paling mungkin adalah persis yang diusulkan para analis, yaitu Bitcoin mengalami penurunan serius menjadi sekitar US$6.500, dan kemudian gelombang besar lainnya ketika tahun mulai mendekati akhir.

Sekali lagi, tidak ada kepastian dalam hal harga atau perilaku BTC. Namun, ada beberapa indikasi bahwa sesuatu seperti ini akan turun. Pedagang dan investor harus siap jika itu terjadi.

Advertisement

Sumber: beincrypto.com/bitcoin-may-be-entering-new-bearish-period-before-the-next-rally