Sistem Pemungutan Suara Berbasis Blockchain di AS

0
32
Pemungutan-suara-berbasis-blockhain

Terdapat upaya yang sedang dilakukan dalam meluncurkan aplikasi pemungutan suara berbasis blockchain tepat waktu untuk Pemilihan Umum Presiden di Amerika pada November 2020 nanti.

Aplikasi pemungutan suara ini sedang dikembangkan oleh WinterGreen Research dan Government Blockchain Association atau GBA dalam penggunaan teknologi berbasis blockchain dalam “mendeteksi penipuan”.

Covid-19 Akan Mendorong Pengadopsian Sistem Ini

Seperti dilansir Cointelegraph, Susan Eustis, selaku Presiden WinterGreen Research mengatakan dia berharap Covid-19 ini akan mempercepat adopsi penggunaan sistem ini di masyarakat luas:

“Kami mengantisipasi aplikasi pemungutan suara digital akan diluncurkan segera, seperti halnya pasar telemedicine yang dikalahkan oleh pemberi layanan virtual dari Cisco WebEx dan Zoom. Pada peristiwa tersebut, dokter beralih dari melakukan 200 siaran televisi per tahun menjadi 36.000 per minggu dalam sebulan terakhir. Kekuatan pendorong pasar tersebut sama berdampaknya pada pemungutan suara seperti halnya dampak pemberian layanan kesehatan.”

Di lain sisi, implementasi aplikasi semacam itu harus disetujui oleh masing-masing negara bagian. Eustis telah melakukan diskusi dengan beberapa pejabat tingkat negara bagian dan merasa optimis tentang penerapan sistem tersebut tepat pada waktunya dalam rangka pemungutan suara Presiden AS di bulan November nanti.

Baca juga: Blockchain Mampu Menghilangkan Kecurangan dalam Kejuaraan Dunia Catur

Pelatihan Khusus untuk Pengadopsian Sistem Ini

WinterGreen Research juga telah menyiapkan secara khusus pelatihan untuk para petugas resmi pada pemilihan nanti. Eustis mencatat:

“Tim Riset WinterGreen sudah bersiap memulai pelatian petugas pada pemilihan nanti di tingkat lokal dalam beberapa minggu ke depan. Pemungutan suara virtual adalah cara terbaik dari setiap solusi yang direkomendasikan dalam mengatur social distancing dan mengurangi penyebaran Covid-19.”

Menurut Eustis, mereka sedang dalam tahap mengeksplorasi beberapa blockchain pribadi untuk aplikasi mereka dan pengembangan tersebut akan segera diumumkan. GBA juga bekerja pada standar blockchain untuk aplikasi, sementara WinterGreen Research akan melatih petugas pemilihan jika aplikasi tersebut benar-benar diadopsi.

Jika pandemi Covid-19 terus berlanjut di bulan November nanti, pemerintah mungkin akan terpaksa meningkatkan proses pemilihan menjadi “standar dan harapan abad ke-21”.

Sumber