Ingin Investasi Bitcoin Saat Halving? Simak Tips dari Pelaku Pasar Berikut Ini!

0
94
bitcoin-halving-tokocrypto

Bitcoin hingga saat ini masih menjadi kripto dengan  kapitalisasi terbesar, mendekati halving popularitas aset ini juga semakin tinggi.  Dengan adanya halving pelaku pasar juga bersiap untuk melihat pergerakan harga Bitcoin. Lalu bagi pengguna aset kripto apakah ini saat yang tepat untuk melakukan investasi Bitcoin ?

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, Ada baiknya Anda memperhatikan tips-tips investasi Bitcoin di situasi halving yang diberikan oleh para pelaku pasar berikut ini.

Jangan All-in, Masuk Bertahap

Momen halving memang menggiurkan, pasar juga dikabarkan akan ramai karena trader akan memantau pergerakan harga. Jika Anda sudah merasa yakin masuk ke pasar di situasi halving.

Menurut Jeth Soetoyo CEO Rupiah Token dan Pintu menyarankan bagi para trader untuk bersikap waspada dan jangan asal memasukkan semua uang dalam crypto, kalau pun ingin masuk lakukan secara bertahap.

Hal ini bukan tanpa alasan, meski dalam situasi halving para pengguna aset kripto yang ingin melakukan trading tetap harus memperhatikan manajemen risiko yang ada agar trading bisa dilakukan dengan aman dan tenang.

Baca Juga: “Paus” Bitcoin Tidak Berniat Menjual dengan Harga Saat Ini

Salah satu cara manajemen risiko adalah membagi modal trading secara bertahap, istilahnya jika modal pertama gagal Anda masih memiliki modal untuk trading selanjutnya.

Pilih Investasi Menengah dan Jangka Panjang

Kenaikan harga Bitcoin karena halving baru bisa dilihat dalam waktu beberapa bulan atau bahkan tahun tergantung dari kondisi yang ada. Oleh karena itu, momen halving ini bisa dimanfaatkan oleh para trader  atau holder untuk membeli Bitcoin dan menyimpannya lebih dulu kemudian dijual kembali ketika harga naik.

Investasi ke Altcoin

Menurut Vincent Poon Vice President Bithumb Global,  memilih investasi altcoin saat halving bisa jadi pilihan yang tepat. Karena kapitalisasi pasarnya lebih kecil dan mudah dimanipulasi jika ada kabar baik. Walau Bitcoin memang lebih stabil, namun menurut Vincent saat halving pasokannya akan berkurang dan ini bisa menyebabkan BTC mengalami fluktuasi harga yang besar.

Karena itu jika Anda memang belum memiliki teknik analisis yang baik. Ada baiknya saat halving ini menggunakan altcoin untuk berinvestasi sambil melihat arah pergerakan harga Bitcoin selama halving ini.

Baca Juga: Perkembangan Teknologi Penambangan Bitcoin

Convert Keuntungan ke Stablecoin

Apabila Anda sudah mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan momentum ini, menurut Teguh Harmanda, COO Tokocrypto cara yang bisa dilakukan adalah konversikan keuntungan tersebut ke dalam stablecoin agar lebih efektif dan mudah jika Anda ingin trading tanpa harus melakukan withdraw

Tetap Disiplin

Saat trading pastikan Anda tetap disiplin, Douglas Tan Founder Bullwhales yang juga seorang trader mengimbau kepada pengguna kripto bahwa trading atau investasi di situasi halving tetap harus dilakukan dengan disiplin dan hati-hati.

Jangan terburu-buru yang bisa mengakibatkan kerugian dibandingkan keuntungan. Banyak investasi waktu untuk belajar sentimen pasar global terutama Bitcoin. Kemudian, menurut Wicky Zeroski trader profesional trading pun  harus dilakukan dengan membuat range trading plan yang cukup besar antara risiko dan imbalan yang didapat.

Lihat Keadaan Market Global

Menurut CEO TRIV, Gabriel Rey investasi saat halving masih harus menunggu kepastian pasar yang saat ini sangat tidak menentu, dan belum ada kepastian jelas kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.

Namun untuk trader saya sarankan lakukan eksekusi setelah mendapat kepastian pada kondisi pasar. Tapi jika memilih long term investor cara terbaik adalah DCA per harinya dan tidak memperhatikan short-term market, karena dalam 5-10 tahun aset pasti akan naik.

Trading Derivatif BTC

Saat halving menurut Chris Tahir, trader dan pendiri dari Cryptowatch menyarankan untuk melakukan trading dengan trading derivatif BTC. Karena dengan trading derivatif mobilitas lebih mudah untuk jual atau beli, dikarenakan dengan melakukan derivatif, harga turun pun bisa mendapatkan keuntungan. Namun apabila ada prediksi harga akan naik, maka boleh dilakukan transaksinya di pasar fisik (spot).


Itu dia beberapa tips yang diberikan oleh pelaku pasar baik dari exchange atau para trader profesional. Berbagai tips ini bisa Anda gunakan atau dijadikan bahan pertimbangan, namun yang paling penting adalah tetap berhati-hati selama trading meski sedang halving.

Sebaiknya Anda memiliki manajemen risiko yang baik dan tidak serakah serta gegabah jika melihat harga Bitcoin turun, karena perlu diingat biasanya dalam waktu beberapa bulan harga BTC akan meroket naik.

Ini adalah artikel seri terakhir dari Bitcoin Halving, seri sebelumnya bisa Anda lihat di sini

Ingin mengetahui pendapat mereka soal Bitcoin Halving? Anda dapat melihatnya di video berikut ini.