Minat Boomer dan Gen-X Terhadap Bitcoin Melonjak Sejak Pandemi

0
86
Minat-Boomer-dan-Gen-X-Terhadap-Bitcoin-Melonjak-Sejak-Pandemi

Terdapat sebuah data dari Mode Banking di Inggris yang menunjukkan peningkatan minat dari generasi dengan umur 40an ke atas atau yang biasa disebut Boomer dan Gen-X terhadap investasi Bitcoin pada aplikasi perdagangan crypto sejak awal pandemi dan sejak adanya pembatasan sosial.

Mode Banking melaporkan investor-investor dari generasi Baby Boomers (yang lahir pada tahun sekitar 1946-1964) dan Gen-X (yang lahir sekitar tahun 1965-1980) ini menginvestasikan sebagian besar kekayaan mereka ke dalam Bitcoin sejak awal terjadinya pandemi COVID-19.

Dengan data yang diambil dari bulan Februari lalu sebagai garis dasarnya, menunjukkan bahwa investasi dari generasi ini meningkat 2,24 kali pada bulan Maret, 4,49 kali pada bulan April, dan 8,88 kali pada bulan Mei lalu.

Sayangnya, laporan tersebut tidak mengutip nilai dolar apa pun dari jumlah total yang diinvestasikan, sehingga hal ini mempersulit penentuan seberapa signifikan data tersebut diperoleh.

Baca Juga: Generasi Milenial, Generasi Investor Bitcoin

Chief Product Officer Mode, Janis Legler menyatakan:

“Kami percaya temuan ini sangat menarik, dan meskipun demikian alasan di balik ini bisa bermacam-macam, mereka berpotensi mengungkapkan perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya mengenai jalan yang ditempuh para investor saat ini, sebagai hasil dari adanya pandemi global.”

Boomer dan Gen-X Tunjukan Minat pada Bitcoin

Angka-angka dari Mode ini menunjukkan angka investasi dari generasi yang lebih muda, seperti Milenial dan Gen-Z pada aplikasi berjumlah dua kali lipat dari generasi lain bahkan sudah sejak bulan-bulan sebelum terjadinya pandemi.

Baca Juga: Bitcoin, Kenormalan Baru untuk Generasi Z

Lebih lanjut, sebelum adanya pembatasan sosial di Inggris, generasi yang lebih tua hanya menghabiskan 61 persen uang mereka untuk berinvestasi dengan Bitcoin, tetapi selama pandemi mereka tumbuh hingga mencapai rata-rata 107 persen berdasarkan data dari bulan-ke-bulan.

Legler mengatakan peningkatan minat ini sangat penting dalam kesuksesan pasar crypto yang berkelanjutan karena mayoritas kekayaan masih dimiliki oleh Boomers dan Gen-X.

“Kami berharap Milenial akan terus membeli mata uang crypto, tetapi melihat lebih banyak investor yang berpengalaman juga semakin tertarik pada Bitcoin membuat hal ini sangat menjanjikan bagi pertumbuhan industri ini.”

Baca Juga: Tokocrypto dan Binance Gelar Kompetisi Trading Aset Kripto, Total Hadiah 151Juta BIDR

 

Salah satu pendiri Morgan Creek Digital Jason Williams mengemukakan pendapat yang bertentangan dengan sentimen ini dan mengatakan di Twitter pribadinya bahwa generasi yang lebih tua akan dengan cepat memiliki lebih banyak aset digital daripada generasi milenial:

“Boomer dan Generasi-X akan memiliki sejumlah besar #Bitcoin dan mengendalikan lebih banyak aset secara eksponensial daripada milenial, ketika seharusnya yang terjadi sebaliknya.”

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini