Don Tapscott: Blockchain Kian Dominasi Industri Penting

0
40
Blockchain Kian Dominasi Industri Penting

Don Tapscott, penulis buku Blockchain Revolution mengatakan bahwa kendati teknologi blockchain masih baru (bermula dari Bitcoin), ia kian mendominasi sejumlah sektor industri penting.

Hal itu disampaikannya dalam sebuah webinar belum lama ini. Kepala Blockchain Research Institute itu menegaskan bahwa teknologi blockchain membuat “gelombang” di industri layanan keuangan, kesehatan dan juga sektor minyak dan gas.

“Industri yang pertama dipikirkan orang adalah industri layanan keuangan. Ini adalah industri triliunan dolar dan aset mulai didigitalisasi. Ada beragam bagian industri ini yang sudah didominasi oleh blockchain,” jelas Tapscott.

Beberapa perusahaan berpendapat blockchain bukan hal besar, tetapi menurut Tapscott pendapat itu keliru. Blockchain justru mendominasi beberapa industri penting.

Menitikberatkan pada industri layanan keuangan, ia berkata keuangan perdagangan mulai pindah ke blockchain. Tapscott juga menyoroti mekanisme pendanaan berbasis blockchain yang sedang naik daun.

“Berdasarkan kajian kami, modal ventura akan terdisrupsi dalam sepuluh tahun mendatang. Tetapi modal ventura sudah terdisrupsi dua tahun lalu. Ada peristiwa pembuatan token digital berbasis blockchain (aset kripto) yang telah menggalang dana miliaran dolar. Hal ini memberikan kemampuan menarik dana bagi publik di luar struktur keuangan tradisional,” tambah Tapscott.

Kesehatan adalah industri lain yang sedang dirombak oleh blockchain. Tapscott memastikan bahwa itu adalah industri yang besar juga dan bisa menjadi penerapan yang bagus bagi blockchain, sebab semua orang peduli tentang kesehatan.

Teknologi blockchain bisa dipakai untuk memerangi pandemi, seperti merekam riwayat medis pasien. Sistem blockchain memberikan izin kepada peneliti untuk menggunakan data pasien dengan syarat tertentu, di mana pasien tetap mengendalikan data mereka.

“Konsorsium minyak dan gas berbasis blockchain, yang mewakili semua perusahaan migas besar di dunia Barat, bergabung ke Blockchain Research Institute. Salah seorang CEO mengatakan kepada saya ia meyakini blockchain siap untuk dipakai massal,” tambah Tapscott.

Ini adalah perancangan ulang salah satu industri paling penting di ekonomi dunia, pungkas Tapscott. [decrypt.co/ed]