Cara Menukarkan Bitcoin ke Rupiah di Tokocrypto

0
69
cara menukarkan bitcoin

Mata uang kripto atau Cryptocurrency semakin hari semakin dikenal dan diminati oleh berbagai kalangan, khususnya para penggiat investasi. Salah satu mata uang kripto yang saat ini terkenal adalah bitcoin. Ketenaran mata uang digital  ini dikarenakan nilainya yang terus menerus naik, sehingga para trader/investor melihat peluang besar pada mata uang kripto ini. Sempat mengalami kesusahan dalam mengkonversikannya menjadi mata uang lain, saat ini berbagai cara menukarkan bitcoin bisa di temukan di berbagai negara khususnya Indonesia.

Tren Mata Uang Kripto

Era perdagangan global, masyarakat membutuhkan tempat untuk penukaran yang lebih cepat, aman, transparan dan yang penting terpercaya, hal ini dijawab oleh teknologi mata uang kripto (blockchain). Teknologi blockchain kedepannya akan bisa dipercaya untuk menggantikan sistem teknologi perbankan yang membutuhkan sumberdaya, menggunakan biaya yang besar, menggunakan waktu yang lama dan rentan terjadi kesalahan dalam mencatat semua transaksi keuangan dunia. 

Tren pengguna internet yang meningkat di seluruh dunia juga menjadi momen naiknya nilai mata uang kripto. Sebab, perkembangan digitalisasi juga akan mendorong masyarakat melakukan transaksi jual-beli digital lintas negara. Salah satu contohnya adalah bisnis e-commerce.

Jenis-jenis Mata Uang Kripto

Selain bitcoin, mata uang kripto pun ada banyak jenisnya, terdapat 200 jenis mata uang kripto yang terdaftar pada coinmarketcap yang merupakan sebuah situs pemantau kapitalisasi pasar kripto global. Namun, hanya beberapa mata uang kripto yang bisa menguasai pasar, diantaranya ada bitcoin, binance coin (BNB) dan Ethereum.

  • Bitcoin

Bitcoin pertama kali hadir dan diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada bulan Januari 2009 dengan meluncurkan  kode open source perangkat lunak Bitcoin. Sifat bitcoin sebagai mata uang kripto dengan Hash Rate (tingkat kompleksitas algoritma kriptografi) yang canggih membuat kepercayaan masyarakat meningkat untuk bermain bitcoin. Dengan kompleksitas algoritma tersebut sistem bitcoin terjamin dari resiko pemalsuan. Selain itu, jumlah bitcoin juga  sudah ditentukan sebanyak 21 juta.

  • Ethereum

Ethereum pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 2013 dalam sebuah whitepaper oleh seorang penambang bitcoin bernama Vitalik Buterin. Whitepaper merupakan dokumen yang berisikan penjelasan sebuah masalah yang ingin diselesaikan oleh suatu project, solusi untuk masalah tersebut serta penjelasan detail projectnya. selain itu dalam whitepaper juga menjelaskan cara pembuatannya dan interaksinya dengan pengguna.

Buterin, memandang  bitcoin belum berkembang penggunanya sehingga ia membuat mata uang kripto yang bisa disesuaikan. Penyesuaian ini merupakan fitur smart contact yang dapat digunakan untuk menentukan secara otomatis kapan pembayaran/transaksi dilakukan.

  • Binance Coin

Binance coin sendiri terlahir dari Binance yang merupakan pedagang dari aset kripto terbesar berdasarkan volume perdagangan, dengan pengguna dari lebih dari 180 negara dan wilayah. Binance Coin (BNB) masuk pada jajaran 10 kripto terbesar pertama kali dalam sejarah kripto pada 9 Februari 2019, setelah mencetak kenaikan sebesar 6 persen dalam satu hari.

Ketiga aset kripto diatas masih terus bekermbang di era digital seperti pada saat ini. Kepercayaan masyarakat akan mata uang kripto sebagai aset investasi, menjadi pemicu lonjakan harga yang tinggi. Anda dapat menemukan investasi ketiga mata uang kripto tersebut di Tokocyrpto. Selain dapat berinvestasi anda juga dapat menukarkan aset kripto anda ke dalam bentuk rupiah di Tokocrypto sebagai penyedia layanan exchange.

Menukarkan Aset di Aplikasi Tokocypto

Sebelum memutuskan untuk melakukan penarikan, sebaiknya anda terlebih dahulu melihat kondisi market. Jika trennya naik sebaiknya tunda terlebih dahulu untuk mengambil dana anda. Namun ketika trennya sedang turun ataupun ada keperluan mendesak untuk mengalokasikan dana anda untuk hal lain, sebaiknya anda menariknya.

Proses penarikan di Tokocrypto sebenarnya cukup sederhana, 

  1. langkah yang pertama pada halaman depan (dashboard) pilih kolom dompet di pojok kanan atas lalu klik penarikan. 
  2. Setelah pada halaman penarikan, klik tombol fiat untuk penarikan ke dalam rupiah. Lalu, pada penarikan fiat pilih tambah rekening dan lengkapi data bank yang ingin dituju. 
  3. Setelah terisi semua, klik tombol selanjutnya dan klik rekening bank tujuan tersebut. Pastikan kembali rekening sudah sesuai nama anda.
  4. Selanjutnya masukan nominal penarikan dengan minimum penarikan Rp.500.000
  5. Klik tombol kirim untuk meminta penarikan.

Uang anda akan diproses secepat mungkin dengan estimasi diterima paling lambat 1 x 24 jam pada hari kerja. Namun akan lebih lama sedikit ketika anda menariknya di hari libur karena semua transaksi akan melalui proses kliring terlebih dahulu. Jika anda mengalami kendala pada proses penarikan, silahkan hubungi customer support kami melalui email [email protected]

Gimana? Mudah bukan untuk cara menukarkan bitcoin di Tokocyrpto. Tunggu apa lagi yuk mulai investasi aset kripto kamu di Tokocypto