Walaupun Terdampak Covid-19, Industri Penerbangan Tetap Gandeng Blockchain

0
19
penerbangan gandeng blockchain

Perusahaan terbesar di industri penerbangan Rusia, S7 Airlines akan mulai menjual tiket pesawat miliknya lewat blockchain yang dikembangkan oleh Sberbank, bagian dari bank raksasa milik Rusia. Proyek bersama ini memungkinkan agen penjualan tiket pesawat dengan akun di Sberbank melakukan penyelesaian pemesanan atau pembelian tiket melalui smart contract dengan menggunakan token.

Bila menggunakan sistem yang lama, agen penjual tiket harus menggunakan jaminan bank dan uang muka untuk mendaftarkan tiket pesawat, dan proses penyelesaian sendiri masih menggunakan surat, rekonsiliasi dan transfer uang yang bisa memakan waktu 10 hari.

Baca Juga: Cara Blockchain Menumpas Korupsi Agar Menciptakan Pemerintah yang Bersih

Namun, dengan blockchain yang dikembangkan oleh Sberbank. Proses rumit tersebut akan disederhanakan dan memberikan kecepatan transaksi hingga 20 detik.

Uang yang berasal dari akun perantara yang diberikan token dan ditransfer ke S7 sesuai dengan perintah yang ditentukan dalam smart contract. Token tersebut akan ditautkan kepada akun pelanggan sebenarnya, dan Sberbank bertugas sebagai penjamin kesepakatan.

Pembelian tiket pesawat S7 baru ini akan terapkan pada September 2020 dan menargetkan klien dari korporat karena masih dalam tahap pengembangan. Pengembangan blockchain antara S7 dan Sberbank sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, sebagai perusahaan maskapai terbesar di Rusia, S7 melakukan pembelian platform pertama di dunia untuk penjualan tiket pesawat lewat platform blockchain, saat itu bekerja sama dengan Alfa Bank pada 2017. Pada Juli 2019, total transaksi yang telah dilakukan lewat platform blockchain tersebut sudah memproses lebih dari $1 juta pembayaran.

Kemungkinan besar token nanti yang akan digunakan bisa berasal dari stablecoin yang sedang dipertimbangkan untuk diluncurkan oleh Sberbank dipatok 1:1 dengan mata uang Rusia. Jenis token ini layaknya seperti USDT dan IDRT. Sebab, hingga saat ini Sberbank masih belum mengutarakan jenis token seperti apa yang nantinya akan digunakan.

Di mana, sistem baru pembelian tiket blockchain ini akan menjadi token virtual pertama yang digunakan untuk pembayaran dan settlement di Rusia, dan menghilangkan proses transaksi yang cukup lama hingga 10 hari dalam pembelian tiket di industri penerbangan dengan melibatkan para agen penjualan tiket.

Baca Juga: MIT Bantu Fed Rancang CBDC untuk Penggunaan Massal