Apa itu Yearn Finance? Panduan untuk Pemula!

0
72
yearn finance

Yearn Finance merupakan sebuah platform aggregator yield yang berbasis jaringan blockchain Ethereum. Protokol ini dibuat oleh Andre Cronje sebagai solusi dalam mengoptimalkan return atau interest dari mata uang crypto yang dimiliki oleh penggunanya.

Yearn Finance sendiri masuk ke dalam protokol Decentralized Finance (DeFi) yang menawarkan kegiatan yield farming. Sebagai aggregator, Yearn Finance ini juga menggunakan protokol DeFi lain seperti Curve, Compound, Aave, dan dYDX untuk mengoptimalkan peminjaman token.

Sebelum Yearn Finance diciptakan, seorang pengguna harus secara manual memeriksa, melihat hasil, dan memasukan mata uang crypto mereka ke dalam protokol-protokol tersebut. Namun, hal itu dibuat mudah dengan Yearn Finance ini.

Sederhananya, protokol ini merupakan jembatan canggih yang mengalihkan likuiditas ke berbagai sektor protokol DeFi untuk pada akhirnya mendapatkan keuntungan terbaik yang dapat dihasilkan.

Baca Juga: Whales Pindahkan Aset Setara $300 Juta Saat Pasar Rebound

Lantas, apa yang membuatnya bisa terhubung ke berbagai protokol? Andre Cronje membuat semacam token yang dapat menjembatani token dari protokol ke protokol disebut yToken.

Bagaimana yToken Bekerja?

Ketika seorang pengguna menyimpan token melalui Yearn Finance, token tersebut akan dikonversikan menjadi yToken, seperti yUSDC, yUSDT, dan yDAI. Dari yToken ini penggunanya akan mendapatkan hasil dari biaya pinjaman dan juga biaya tradingpada protokol yang ia pilih. Proses ini membuat Yearn Finance dapat menghasilkan return tahunan dengan interest yang besar kepada penggunanya.

Selain dari yToken, Yearn Finance juga menghasilkan uang untuk penggunanya dari beberapa hal lainnya, seperti COMP dari Compound, CRV dari Curve.finance, yCRV trading fee, likuiditas, biaya ySwap, bonus likuiditas yLiquidate, dan biaya lainnya.

Banyak dari para analis yang memuji, Yearn Finance ini, mengingat platform ini dapat memberikan suku bunga pinjaman terbaik.

Tidak sampai situ, Yearn Finance sendiri mendukung stablecoin seperti DAI, USDC, USDT, TUSD, sUSD, dan banyak token/koin lainnya untuk dipindah alihkan ke dalam platform seperti Compound, Aave, dYdX, dan Curve. Ini tergantung kepada pengguna platform tersebut memilih pools yang menawarkan hasil lebih tinggi.

Di luar itu, Yearn Finance sendiri memiliki token tata kelola protokolnya yang berbeda dari yTokens tersebut.

Apa itu Token YFI?

Token YFI merupakan token ERC-20 yang mengatur ekosistem yearn.finance ini. Token ini didistribusikan kepada penyedia likuiditas (LP) yang memasok yToken tertentu. Tujuan token ini bukan digunakan sebagai alat tukar di dalam protokol, tetapi sebagai hak suara ketika protokol melakukan konsensus.

Token YFI ini bisa didapatkan dari menggunakan protokol Yearn Finance ataupun membelinya dari bursa pertukaran mata uang crypto global maupun lokal. Lantaran supply token yang hanya berjumlah 30.000 token dengan satu tokennya berfungsi sebagai satu suara di dalam protokol, harga token YFI ini berhasil melampaui nilai Bitcoin sebagai mata uang crypto yang memiliki harga tertinggi saat ini.

Total Value Locked di dalam Yearn Finance juga terus meningkat. Pasalnya, Yearn Finance terus berinovasi dan membuat banyak layanan pada protokolnya.

Layanan Protokol Yearn Finance

1. Earn

Earn ini merupakan salah satu layanan di dalam protokol Yearn Finance. Penggunanya hanya perlu mendepositkan mata uang crypto yang mereka miliki untuk nantinya secara otomatis mendapatkan return berupa bunga.

2. Zap

Zap ini merupakan layanan untuk membantu penggunanya menghemat biaya gas yang diperlukan agar lebih leluasa memindahkan mata uang crypto-nya ke berbagai protokol.

3. Vaults

Vaults ini salah satu layanan yang memudahkan penggunanya untuk mencari strategi terbaik dalam memaksimalkan keuntungan yang dari deposito yang dilakukan penggunanya sekaligus mengurangi risiko yang ada.

4. Yinsure.Finance

Layanan ini merupakan layanan asuransi dari Yearn Finance dengan dasar Nexus Mutual. Seperti namanya, sistem ini jika dianalogikan secara sederhana bisa diartikan sebagai sistem asuransi dalam protokol Yearn Finance. Sistem ini akan mengurangi risiko jatuhnya nilai dari pools yang “mencurigakan” dan tetap mendapatkan bayaran dari hal tersebut.

5. StableCredit

Layanan ini layanan terbaru dari Yearn Finance. StableCredit sendiri nantinya akan menggabungkan stablecoin debt yang sudah ditokenisasi, pinjaman, dan Auto Market Maker Single-Side. Langkah ini dilakukan untuk membuat protokol pinjaman yang sepenuhnya terdesentralisasi.


Dari awal pembangunan Yearn Finance, Andre Cronje tidak berfokus pada nilai token YFI saja. Justru Andre Cronje memiliki cita-cita agar Yearn Finance ini dapat diadopsi lebih luas lagi dan mempermudah penggunannya dalam mengelola aset crypto mereka.

Di luar harga token YFI yang terus mengalami kenaikan, pengembang Yearn Finance justru fokus pada inovasi dan pengadopsian terhadap layanan Yearn Finance itu sendiri. Hal ini membuat YFI digadang-gadang sebagai protokol DeFi paling inovatif dari protokol DeFi lainnya.

Baca Juga: Pelajari Strategi Day Trading Agar Lebih Untung

artikel ini dapat dibaca kembali disini.