Perbedaan Bitcoin dan Altcoin, Mana yang Lebih Aman?

0
86
Perbedaan Bitcoin dan Altcoin

Setelah kemunculan bitcoin pada Januari 2009 oleh seseorang atau sekelompok dengan nama samaran Satoshi Nakamoto, bitcoin menjadi cryptocurrency pertama yang diciptakan dan sampai sekarang masih beredar secara digital dengan teknologi blockchain-nya.

Namun, tahukah Anda sampai pada pertengahan Agustus 2020, terdapat lebih dari 6,000 jenis cryptocurrency? Sebuah angka yang cukup besar bagi perkembangan dunia mata uang digital sejak awal kemunculannya. Lantas, apa perbedaan bitcoin dan altcoin? Mari kita bahas satu persatu.

Mengenal Altcoin

Altcoin yang terbentuk dari dua kata “Alternative Coin” merupakan cryptocurrency atau aset kripto selain bitcoin. Aset kripto apapun yang hadir setelah bitcoin maka termasuk ke dalam altcoin. Altcoin diciptakan dengan beberapa tujuan yang hampir sama dengan bitcoin. Salah satunya adalah Anda dapat menggunakan altcoin sebagai alat pembayaran di berbagai platform.

Selain itu, sebagian besar dari altcoin juga berfungsi sebagai alat pembayaran dengan sistem peer-to-peer yang terdesentralisasi (disimpan di banyak tempat), mempunyai mekanisme kecepatan transaksi yang lebih cepat, dan lebih banyak privasi pada pengguna dibandingkan aset kripto yang lain. 

Perbedaan Bitcoin dan Altcoin

Seperti yang disebutkan sebelumnya, altcoin merupakan aset kripto yang hadir setelah bitcoin. Adapun altcoin yang paling banyak diperbincangkan adalah Ethereum, XRP, Litecoin, Bitcoin Cash, dan sebagainya.

Untuk melihat perbedaan bitcoin dan altcoin, mari kita bahas secara sederhana satu persatu:

  • Litecoin

Diciptakan oleh Charlie Lee, litecoin merupakan versi lebih sederhana dari bitcoin. Perbedaan antara bitcoin dengan litecoin ada beberapa macam, yaitu litecoin memiliki persediaan koin sebanyak 84 juta dibandingkan bitcoin yang memiliki persediaan sebanyak 21 juta. Kemudian dari segi proses penghasilan blok, litecoin mampu menghasilkan blok dalam waktu 2,5 menit. Empat kali lebih cepat dari bitcoin yang memerlukan waktu 10 menit.

Aset Kripto Mana yang Lebih Aman?

Seperti yang kita tahu, altcoin diciptakan menggunakan formula dan mekanisme yang mirip dengan bitcoin. Perbedaan yang dimiliki masing-masing altcoin adalah ciri khas dan bentuk dari penyempurnaannya. Lantas, sebenarnya aset kripto mana yang lebih aman? Bitcoin atau altcoin?

Seluruh aset kripto di build berdasarkan teknologi blockchain yang secara sederhana menerapkan sistem peer to peer yang terdesentralisasi di mana memiliki tingkat keamanan tinggi. Apabila seseorang ingin membobol bitcoin misalnya, ia berarti harus membobol setidaknya lebih dari 1 juta komputer user yang bekerja sebagai miners (server)

Setelah mengetahui perbedaan bitcoin dan altcoin, jika Anda ingin memulai berinvestasi aset kripto, investasi di TokoCrypto saja karena telah terdaftar secara resmi di Indonesia!

Segera kunjungi TokoCrypto di www.tokocrypto.com atau di media sosial kami @Tokocrypto.