10 Prediksi Cryptocurrency di 2021

0
464
prediksi cryptocurrency 2021

Sepanjang tahun 2020 Bitcoin dan aset crypto lain terpantau meraih kenaikan harga yang cukup mengesankan, adopsi crypto pun semakin meningkat dengan banyaknya pemain institusi yang bergabung. Adanya deFi membuat banyak proyek crypto dengan berbagai solusi menarik muncul. Tahun 2020 bisa dibilang salah satu tahun terbaik bagi cryptocurrency. Lalu bagaimana cryptocurency di 2021 nanti?

Baca Juga: Langganan Streaming Spotify Akan Bisa Dibayar Dengan Bitcoin

Berikut ada 10 prediksi cryptocurrency di 2021.

1. Cina Memimpin CBDC

Seperti yang diprediksi tahun lalu, 2020 adalah tahun  untuk mata uang digital bank sentral (CBDC). Dengan 80% bank sentral aktif di CBDC dan tekanan tak terlihat dari Libra yang sekarang disebut sebagai Diem, yang diharapkan segera diluncurkan,  dan diharapkan melihat banyak perkembangan baru di ruang ini.

Semua mata di tahun 2021 akan tertuju pada China karena terus bergerak maju dengan renminbi digitalnya (disebut DC / EP), yang membangun fondasi dalam hal masa depan uang. Dalam fase percontohan terakhirnya, lebih dari 2 miliar RMB bernilai (US$ 300 juta) ditransaksikan melalui 4 juta transaksi menggunakan RMB digital.

2. Lembaga Keuangan Tradisional Lirik Bitcoin

2020 adalah tahun yang luar biasa ketika menyangkut masuknya pemain institusional di ruang crypto. Contohnya seperti JPMorgan dan Standard Chartered. Diperkirakan ini akan meningkat pada tahun 2021 karena banyak bank mulai mempublikasikan paket crypto mereka contohny adalah DBS Singapura.

Baca juga: Bank Terbesar Asia Tenggara, DBS Singapura Luncurkan Bursa Pertukaran Crypto

Meskipun bank investasi adalah pemain paling aktif sejauh ini,  bank swasta juga menarik untuk diperhatikan. Kemungkinan akan ada bank swasta yang berpandangan ke depan untuk beradaptasi dan melihat kripto sebagai tawaran pembeda untuk  menggaet lebih banyak klien.

3. Kejelasan pajak crypto

Menurut “Laporan Crypto Global PWC”, semakin banyak otoritas pajak di seluruh dunia yang menyediakan panduan pajak crypto yang eksplisit.  Hal ini berdampak positif bagi industri karena kejelasan pajak penting untuk memberikan kenyamanan bagi investor institusi.

4. Crypto Unicorn Menjadi Crypto Octopus

Terlepas dari krisis ekonomi, tahun 2020 adalah tahun yang mengesankan untuk M&A crypto. Data menunjukkan nilai total crypto M&A dalam enam bulan pertama  2020 telah melampaui total dari 2019, dengan ukuran kesepakatan rata-rata meningkat dari $19,2 juta menjadi $45,9 juta.

Diprediksi akan ada peningkatan aktivitas M&A crypto  di 2021, terutama dengan crypto unicorn yang semakin menjadi gurita crypto. Persentase aktivitas kesepakatan M&A crypto pun sejauh ini  terus meningkat  dan bergeser dari Amerika, dengan 57% transaksi terjadi di negara-negara Asia-Pasifik, dan di Eropa, Timur Tengah dan Afrika pada paruh pertama tahun ini, naik dari 51% pada 2019 dan 43% pada 2018.

5. Semua Kalangan Makin Mudah Beli Bitcoin

Meningkatnya minat terhadap Bitcoin baik dari kalangan individu dan investor ritel diperkirakan akan terus berlanjut tahun depan, kemudian semakin banyaknya bursa yang menyediakan layanan jual beli Bitcoin dengan deposit yang murah dan cepat pun akan sangat membantu bagi masyarakat untuk mulai beli Bitcoin. Dengan begitu maka tidak mengherankan jika masyarakat akan semakin mudah mendapatkan Bitcoin.

6.  Dana lindung Nilai Tradisional Beralih ke Kripto

Pada tahun 2020, hedge fund yang besar, dari Guggenheim hingga Renaissance Technologies, secara serius mempertimbangkan untuk memasuki ruang cryptocurrency, sementara beberapa manajer hedge fund publik terkemuka, dari Paul Tudor Jones hingga Stanley Druckenmiller, menjadi berita utama dengan membicarakan bitcoin sebagai penyimpan nilai.

Dengan banyaknya pertukaran kripto yang teregulasi dan berfokus pada institusional yang sekarang dengan senang hati melayani dana tersebut, serta solusi pialang utama kripto. Maka dari itu diprediksi akan ada potensi ledakan dalam perdagangan kripto dengan dana lindung nilai tradisional pada tahun 2021.

7. Pertukaran Derivatif Crypto Tumbuh

Prediksi cryptocurrency 2021 lainnya adalah pertukaran derivatif akan menjadi area yang harus diperhatikan. Minat terbuka pada bitcoin berjangka di CME baru-baru ini mencapai rekor tertinggi dan akan menjadi barometer yang baik untuk minat investor di masa mendatang.

8. Industri Crypto Makin Profesional

Banyak pengusaha crypto generasi pertama berasal dari latar belakang teknologi. Tetapi sekarang, banyak perusahaan crypto yang membawa individu dengan latar belakang layanan keuangan institusional untuk menjalankan bisnis mereka, contoh terbaru dari perusahaan crypto seperti BitMEX hingga usaha baru seperti Diem.

Diharapkan tren ini meningkat pada tahun 2021 apalagi dengan pasar Crypto yang  tidak pernah tidur, perusahaan beroperasi 24/7 dan industri berkembang berkali-kali lebih cepat daripada layanan keuangan tradisional, yang berarti para eksekutif yang terjun ke dunia crypto harus beroperasi luar zona nyaman mereka.

9. Peraturan Baru yang Mengarahkan DeFi

Pada tahun 2021, DeFi kemungkinan akan tumbuh lebih jauh. Meskipun kecil kemungkinan ada minat minat investor institusional di sektor ini, kelompok orang yang berdedikasi dari komunitas crypto yang bekerja di bidang yang menarik ini akan terus membuat terobosan.

Baca juga: Apa Itu DeFi ? (Pahami DeFi dalam Waktu 3 Menit!)

10. Stablecoin Punya Peran Lebih Besar dalam Transaksi Lintas Batas

2020 adalah tahun rekor bagi stablecoin. Dengan aset yang tumbuh dari kurang dari $5 miliar di awal tahun menjadi lebih dari $25 miliar pada bulan Desember, momentum ini diharapkan akan berlanjut di tahun 2021. Data menunjukkan penggunaan stablecoin sudah meningkat di koridor tertentu, seperti antara Amerika Latin dan Asia Tenggara misalnya, di mana pedagang menggunakan stablecoin untuk menyelesaikan transaksi, sepenuhnya melewati jalur perbankan tradisional dalam prosesnya. Di tahun 2021, akan menarik untuk melihat apakah tren ini berlanjut.

Itu dia prediksi cryptocurrency di 2021 nanti, sekali lagi ini hanya merupakan prediksi dan bukan merupakan acuan utama. Apakah prediksi cryptocurency 2021 ini tepat? Kita masih harus menunggu waktu untuk menjawabnya.

sumber.