Mengenal Mata Uang Baru BIDR dan Mekanismenya

0
226
Mengenal Mata Uang Baru

Seiring dengan perkembangan dalam dunia kripto, kini tidak hanya koin dan token saja yang semakin bertambah jumlahnya, namun kehadiran inovasi cemerlang berupa stablecoin juga ikut membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas finansial. Salah satu stablecoin yang dimunculkan akhir Juni 2020 adalah mata uang baru BIDR.

Mengenal Stablecoin

Stablecoin merupakan aset kripto yang nilainya ditetapkan pada harga aset fisik lain dengan harga cukup stabil seperti mata uang fiat (dollar, euro, atau rupiah) dan harga komoditas seperti emas. Tujuan dari diciptakannya stablecoin ini adalah sebagian besar untuk melindungi harga terhadap kenaikan volatilitas yang tinggi pada pasar mata uang kripto.

Stablecoin juga mata uang bersifat global dengan volatilitas yang rendah, sehingga pengguna dapat menggunakan aset kripto ini untuk pembayaran. Keuntungan lainnya adalah stablecoin menyajikan transaksi dengan kecepatan tinggi dengan harga yang lebih hemat di kantong dan cocok untuk digunakan setiap hari.

Konsep Mata Uang Baru BIDR

Pada akhir Juni 2020, perusahaan blockchain global bernama Binance dan Tokocrypto meluncurkan Binance Indonesian Rupiah (BIDR). BIDR merupakan stablecoin Binance Chain BEP-2 yang memungkinkan aktivitas transfer koin di blockchain menjadi cepat dan murah. 

BIDR memang dirancang untuk menjadi hybrid antara fiat dan aset kripto, dengan tujuan memberi pengguna fleksibilitas untuk bertransaksi BIDR dalam kripto (baik dari dan ke bursa atau wallet lain) dan dalam bentuk fiat (dari dan ke rekening bank) berdasarkan preferensi pribadi.

Nilai BIDR dan Mekanisme

Nilai BIDR berpatokan dengan mata uang rupiah (IDR). Saat ini BIDR tersedia untuk pembelian langsung dan penukaran dengan nilai 1 BIDR setara 1 rupiah. Anda bisa memperoleh BIDR secara instan ketika mendepositokan rupiah ke fiat channel di Tokocrypto. 

BIDR juga dapat di-transfer ke dalam platform Binance dan diperdagangkan di sana. Selain memiliki nilai 1:1 dengan IDR, BIDR kini dapat diperdagangkan dengan aset kripto seperti Bitcoin Cash (BTC), Ethereum (ETH), Binance USD (BUSD), USD Tether (USDT), Binance Coin (BNB) dan sebagainya.

Harapan Coin BIDR Kedepannya

Pang Xue Kai, selaku Founder dan CEO Tokocrypto mengatakan bahwa peluncuran BIDR ini merupakan momen yang membanggakan sekaligus membahagiakan bagi Tokocrypto, karena dapat bekerjasama dengan Binance dalam bentuk dukungan proyek BIDR agar Indonesia memiliki terobosan baru dan perkembangan dalam dunia kripto.

Selain itu, Changpeng Zhao, selaku Founder dan CEO Binance juga mengatakan perkembangan stablecoin Binance pertama berbasis rupiah telah menjadi hasil kolaborasi yang erat antara Binance dan Tokocrypto.

Dengan kehadiran BIDR di pertengahan 2020, Binance dan Tokocrypto berharap hal tersebut akan membuka lebih banyak layanan keuangan untuk ekosistem blockchain yang lebih besar di Indonesia.

Peluncuran BIDR Sesuai dengan Visi Tokocrypto

Peluncuran BIDR sebagai awal perjalanan untuk membuka layanan keuangan berbasis blockchain ini sesuai dengan tujuan awal didirikannya Tokocrypto, yaitu untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mendapatkan pengetahuan dan informasi yang lebih luas dan terpercaya mengenai industri kripto.

Kemudian Tokocrypto juga akan terus berupaya memberikan kemudahan masyarakat untuk mengakses ke teknologi dan ekosistem blochain agar mendapat manfaat yang ada di dalamnya.

Wah, menarik, kan konsep mata uang baru BIDR ini? Jika Anda tertarik untuk mempelajari dan membelinya, trading di Tokocrypto saja! 

Temukan berbagai macam artikel khusus pemula maupun berita terkini di website News Tokocrypto dan media sosial kami @Tokocrypto. 

Salam to the Moon!