Bitcoin News

Yuk Kenali Bitcoin Wallet Addres beserta Jenis-jenisnya

Published

on

Bitcoin adalah sebuah mata uang digital, mata uang virtual atau aset kripto. Bitcoin tidak hanya semata-mata untuk investasi saja, lho. Bitcoin menjadi aset yang paling populer dibandingkan mata uang di cryptocurrency lainnya karena memiliki banyak kelebihan. Salah satunya Anda bisa mengirim dan menerima uang dalam bentuk BTC. Nah, untuk menerima atau mengirimkan Bitcoin, Anda membutuhkan sebuah wallet atau dompet yang bisa menyimpannya sebelum digunakan. Dalam setiap wallet terdapat sebuah alamat atau bitcoin wallet address

Apa itu Bitcoin Wallet Address?

Bitcoin Wallet Address adalah sebuah alamat yang mudahnya dapat kita samakan dengan rekening bank, alamat ini berisi format alfanumerik yang selalu dimulai dengan 1,3 atau bc1 dengan panjang 26-35 karakter. Untuk setiap dompet Bitcoin akan memiliki alamat yang unik.

Jenis Bitcoin Wallet 

Jika Anda ingin menjadi pengguna Bitcoin, sebelumnya Anda harus  membuat Bitcoin wallet yang memungkinkan Anda untuk mengatur, mengirim, menerima, menyimpan dan mengamankan Bitcoin sebelum digunakan. Bitcoin wallet sendiri terdapat beberapa jenis, yaitu: 

Jenis wallet ini dapat digunakan di ponsel dan mudah diakses, Anda dapat mengunduhnya di App Store baik di iOS maupun android. Tetapi penyedia layanan wallet ini akan ikut memiliki kunci wallet Anda. Sehingga wallet dengan jenis ini tidak membuat Bitcoin Anda sepenuhnya aman karena memiliki risiko peretasan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, kalau Anda ingin menggunakan wallet seluler pastikan Anda memilih penyedia layanan dengan reputasi serta keamanan yang baik. Hal ini untuk menghindari risiko kehilangan aset kripto Anda. 

Hampir sama dengan wallet seluler, jenis wallet ini mudah diakses dan digunakan. Web wallet memungkinkan Anda dapat melakukan transaksi Bitcoin langsung melalui browser web yang terhubung ke pasar, bursa, serta berbagai penyedia layanan online.

Menggunakan web wallet tetap berisiko karena jika seseorang mengetahui detail pribadi Anda seperti nomor telepon, alamat email, dan tanggal lahir karena bisa disalahgunakan untuk meretas akun dan mencuri seluruh aset yang Anda miliki. 

Untuk itu, Anda harus berhati-hati dan segera memberitahu operator atau penyedia layanan untuk segera memberikan peringatan jika ada sesuatu yang janggal pada akun Anda. Hal yang terpenting adalah pastikan data Anda tidak dibagikan ke orang lain.

  • Desktop Wallet 

Desktop wallet adalah program lunak yang dapat di-instal di komputer Anda. Wallet jenis ini lebih aman dibandingkan wallet seluler dan web wallet. Namun pada wallet ini peretas masih dapat mencuri Bitcoin Anda. Untuk itu, pertimbangkan untuk menggunakan wallet yang mengenkripsi key privat pribadi Anda dan pemulihan akun untuk mengamankan aset yang Anda miliki.

Jenis Bitcoin wallet ini seperti hard drive eksternal yang merupakan perangkat fisik yang dapat Anda pasang ke komputer. Jenis wallet ini adalah cara paling aman untuk menyimpan Bitcoin. Karena pada wallet ini paparan dana Anda ke internet dibatasi. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, agar perangkat ini bisa berfungsi dengan baik dan aman, pastikan menaruhnya di tempat yang aman.

Itulah penjelasan mengenai Bitcoin wallet address dan jenis-jenis Bitcoin wallet. Anda bisa lho membuat Bitcoin wallet di Tokocrypto! Nah, jenis hardware wallet dan web wallet yang ada di Tokocrypto merupakan wallet yang paling aman, lho! Dengan menggunakan teknologi Binance Cloud yang sudah teruji sebagai platform exchange dengan rating cybersecurity tertinggi di Indonesia, hal ini menjamin keamanan dalam penyimpanan pada wallet  Anda.  Yuk, mulai investasi Bitcoin di Tokocrypto!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version