Inilah Beberapa Alasan Penyebab Harga Bitcoin Fluktuatif

0
415
Inilah Beberapa Alasan Penyebab Harga Bitcoin Fluktuatif

Investasi bitcoin kini kian menjadi primadona. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan. Harga bitcoin sendiri terkenal sangat fluktuatif yang berarti harga bitcoin memiliki pergerakan besar (baik naik maupun turun) dalam rentang waktu beberapa hari, jam, dan bahkan menit. Nah, apa sih yang menjadi penyebab harga bitcoin fluktuatif? Simak penjelasannya, yuk!

Alasan Bitcoin Salah Satu Aset Investasi yang Menjanjikan

Walaupun bitcoin memiliki harga yang dapat berubah sewaktu-waktu, hal ini tidak mengurangi minat dari para investor baru. Harganya yang terus meroket membuat banyak orang tertarik untuk melakukan investasi bitcoin. Apalagi saat pandemi, harga Bitcoin di tahun 2020 hingga 2021 memiliki performa yang baik dibandingkan dengan aset investasi lainnya, seperti deposito, saham, ataupun logam mulia.

Alasan Harga Bitcoin Fluktuatif Namun Tetap Cenderung Naik

Sejak awal kemunculannya, harga bitcoin terus mengalami perubahan yang fluktuatif. Misalnya, di tahun-tahun awal kehadirannya yakni di 2010, harga bitcoin hanya menyentuh $0,08 untuk satu koinnya.

Dilansir dari Coinvestasi, pada awal tahun 2011, harga Bitcoin yang awalnya hanya $1 berubah menjadi $10 per koinnya dan untuk tahun 2012 harga Bitcoin masih cenderung tetap. Di tahun 2013, harga Bitcoin benar-benar menunjukan peningkatannya, yakni dimulai dengan harga $13,50 menjadi $220 per Bitcoin-nya, untuk kemudian harganya menjadi turun kembali di kisaran harga $70 di pertengahan April.

Namun seiring berjalannya waktu, kini harga bitcoin tidak lagi mengalami fluktuasi besar seperti yang terjadi pada waktu-waktu sebelumnya. Dilihat dari akhir tahun 2020, pergerakan harga bitcoin walaupun mengalami perubahan harga yang naik-turun namun tetap cenderung naik. Apalagi saat memasuki awal tahun ini, pada tanggal 17 Februari 2021 harga bitcoin menembus level $49.714 atau setara Rp 700,97 juta per koinnya, lho!

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sih yang menjadi penyebab harga bitcoin memiliki kecenderungan naik ketika fluktuatif? Inilah faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pergerakan harga bitcoin:

  • Bitcoin merupakan teknologi yang masih baru

Kehadiran bitcoin masihlah relatif baru karena diciptakan pada tahun 2009. Dalam teknologi baru biasanya akan melalui hype cycle. Awalnya tidak banyak orang yang tahu atau menggunakan teknologinya, kemudian teknologi tersebut  secara perlahan mulai dikenal serta banyak orang yang membicarakannya. Pada keadaan ini, akan banyak opini atau pernyataan yang melebih-lebihkan, sehingga “hype” yang ada akan semakin menggila.

Kemudian hype tersebut akan mereda. Walaupun yang sebenarnya terjadi di baliknya adalah teknologi tersebut terus berkembang dan secara tak sadar menjadi bagian dari kehidupan kita. Kini bitcoin jelaslah sedang berada pada hype cycle, yaitu melalui harganya.

Fluktuasi harga bitcoin semakin mempertegas hype cycle ini. Bitcoin merupakan teknologi yang baru dan juga merupakan investasi baru. Dengan melakukan investasi pada bitcoin hal ini berarti merupakan pengakuan positif terhadap potensi teknologinya.

  • Jumlah bitcoin yang terbatas

Jumlah bitcoin yang ada di dunia hanya sebanyak 21 juta koin. Saat ini jumlah koin yang beredar telah mencapai 18,5 juta koin. Kondisi ini dapat membuat kelangkaan di masa yang akan datang. Inilah yang akan menyebabkan peningkatan harga karena semakin banyak orang yang mencarinya.

  • Harga bitcoin sangat mudah dipengaruhi oleh berita-berita.

Tak jauh berbeda dengan instrumen investasi lainnya seperti, saham, atau mata uang asing, harga bitcoin turut dipengaruhi oleh berita yang beredar. Adapun bahan berita yang dapat mempengaruhi kenaikan harga bitcoin adalah pembahasan seperti berita regulasi maupun tindakan baru dari bank pemerintah, berita peretasan atau pembobolan, atau rumor yang berisikan informasi yang keliru.

Nah itulah penjelasan lengkapnya mengenai penyebab harga bitcoin fluktuatif. Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi bitcoin, pastikan Anda melakukannya di platform yang terpercaya, yaitu Tokocrypto. Yuk kunjungi www.tokocrypto.com untuk melihat harga bitcoin dan dapatkan kemudahan investasi Anda.