Investasi Modal Kecil untuk Pemula di 2021

0
2966
Investasi Modal Kecil untuk Pemula di 2021
Cryptocurrency Bitcoin and virtual financial currency market exchange

Di luar sana masih banyak asumsi bahwa untuk berinvestasi membutuhkan modal yang besar. Padahal ada beberapa jenis investasi yang bisa dimulai dengan modal kecil untuk pemula. Lantas, apa saja investasi modal kecil bagi pemula di 2021? Yuk, kita bahas!

Hal yang Harus Diperhatikan Investor Pemula

Sebelum memasuki dunia investasi, diperlukan persiapan dan pemahaman yang matang. Di antaranya ada 3 hal yang harus diperhatikan untuk para investor pemula, yaitu:

 

  • Gunakan Uang Dingin

 

Menggunakan uang dingin untuk berinvestasi adalah satu hal yang wajib diketahui calon investor. Uang dingin sendiri adalah uang yang tidak akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau tidak digunakan dalam waktu dekat.

Mengapa harus menggunakan uang dingin?

Perlu diketahui bahwasannya investasi dengan modal kecil sekalipun memiliki risiko kerugian. Ketika suatu saat terjadi kerugian dan Anda menggunakan uang dingin, maka hal tersebut tidak akan mengganggu kondisi finansial utama Anda.

  • Edukasi Diri 

 

 

Banyak investor yang ingin meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dan memilih investasi secara asal tanpa pertimbangan yang matang. Padahal investasi sendiri membutuhkan pemahaman matang, serta waktu dan proses yang tidak sebentar, lho!

Selain itu pemahaman mengenai analisis fundamental dan teknikal juga bisa dipelajari agar bisa memilih instrumen investasi dengan rasional.

 

  • Jangan Mudah Terpengaruh

 

Pernah melihat postingan sosial media orang-orang yang sahamnya sedang subur dan Anda tergiur untuk membelinya? Eits, sebaiknya tahan dulu, ya! Karena dalam berinvestasi, Anda tidak boleh menelan informasi mentah-mentah. Anda harus bisa memutuskannya dengan pertimbangan yang matang dan membutuhkan analisis lebih lanjut. 

Pilihan Investasi Modal Kecil di 2021

Berikut beberapa pilihan investasi modal kecil yang bisa Anda coba di 2021 ini:

 

  • Emas 

 

Salah satu cara berinvestasi emas adalah dengan membeli emas batangan kemudian menyimpannya sebagai aset. Ukurannya pun beragam, ada 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, hingga 1000 gram. Dari segi harga, harga termurah emas batangan untuk ukuran 0,5 gram berada di Rp 512,000 (13/04/2021).

Jika Anda berinvestasi dengan emas, maka keuntungan yang didapat berasal dari harga emas yang cenderung mengalami kenaikan secara konsisten setiap tahunnya. 

 

  • Reksa Dana 

 

Reksa dana memang dikenal sebagai instrumen investasi yang ramah untuk para investor pemula, karena bisa dimulai dengan modal Rp 100,000! 

Kok bisa? Emang gimana cara kerjanya?

Reksa dana sendiri adalah wadah untuk menghimpun dana investor yang nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke berbagai instrumen, seperti saham, obligasi, pasar uang, dan lain-lain.

Selain itu reksa dana termasuk investasi dengan risiko rendah, sehingga cocok untuk para investor pemula.

 

  • Aset Kripto

 

Siapa bilang untuk berinvestasi dengan aset kripto membutuhkan modal besar? Sebagai contoh, bitcoin per 13 April 2021 berada di harga Rp 900 juta untuk setiap 1 kepingnya, akan tetapi bitcoin bisa dibeli dalam pecahan kecil yang disebut dengan Satoshi. 

1 Satoshi sama dengan 0.00000001 BTC. Bila dikonversikan ke dalam rupiah, maka 1 Satoshi sekitar Rp 9,131 saja! Jadi, para investor pemula sekalipun bisa banget mulai berinvestasi dengan bitcoin. Terpenting, jangan lupa untuk mengedukasi diri sebelum memulai investasi, ya!

Deposit Hanya Rp. 50,000 di Tokocrypto!

Yes, hanya dengan minimum deposit Rp. 50,000 saja, Anda bisa mulai berinvestasi berbagai aset kripto termasuk BTC di Tokocrypto! Selain itu, Tokocrypto juga menerima deposit dari transfer bank dan tidak dikenakan biaya alias gratis, jadi cocok banget untuk investor pemula!

Toko Token (TKO)

Selain investasi modal kecil dengan bitcoin, ada salah satu koin yang baru saja diluncurkan awal April 2021 kemarin, yaitu TKO. TKO adalah proyek aset kripto lokal pertama di Indonesia yang menghadirkan model token hybrid unik dengan utilitas Centralized Finance (CeFi) dan Decentralized Finance (DeFi).

Kehadiran TKO disambut meriah oleh para investor dan trader yang ditunjukkan melalui kolom komentar instagram TKO. Dengan semangat dan kerja keras antara Tokocrypto dan Binance yang memastikan TKO didukung oleh ahli finansial dan blockchain, mereka percaya TKO akan meroket suatu hari nanti.

Antusiasme masyarakat dalam menyambut TKO juga terlihat dari peningkatan harga TKO yang melesat hingga 3000% saat listing pertama kali di Tokocrypto. Saat ini TKO sendiri berada di level harga Rp 33,918.43 pada Selasa (13/04) pukul 16.12. 

Gimana? Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang TKO? Simak informasi terbaru kami di instagram TKO dan dapatkan TKO sekarang!, ya! Salam to the Moon!