Ethereum Capai Harga Tertinggi Baru, Begini Pergerakan Selanjutnya

0
1143
eth mencapai ath

Ethereum terlihat naik capai harga tertinggi barunya di atas $2.500 atau Rp36,5 Juta pertama kali dalam sejarah.

Apresiasi ini terjadi setelah Berlin Hardfork dari Ethereum yang membuat adanya perbaikan beberapa permasalahan blockchain Ethereum sebelumnya.

Diprediksi bahwa apresiasi ini belum selesai akibat masih memiliki potensi untuk naik lebih tinggi dari harga tertingginya saat ini, dalam beberapa pekan ke depan.

Ethereum Capai Harga Tertinggi Baru

Apresiasi ini terjadi setelah Berlin Hardfork resmi dijalankan pada Blockchain Ethereum, yang nampaknya membawa sentimen positif.

Hal tersebut disebabkan adanya implementasi Ethereum Improvement Proposal (EIP) baru dalam hardfork yang dilaksanakan tersebut.

Terdapat empat EIP yang diimplementasikan pada hardfork terbaru dari Blockchain Ethereum yaitu EIP 2565, 2929, 2718, dan 2930.

Secara keseluruhan, EIP tersebut berfungsi untuk mengimplementasikan pembaruan sistem kinerja yang lebih cepat, lebih efisien, dan juga lebih rendah dalam biaya transaksi.

Baca Juga: Karena Mereka, DOGE Terbang Ke Peringkat 8 Kapitalisasi Pasar

Diprediksi bahwa implementasi empat EIP tersebut telah membawa persepsi positif terhadap Ethereum yang membuat harganya naik.

Selain itu, dorongan positif datang dari Rothschild Investment Corp., yang membeli lebih dari 250.000 lembar kepemilikan “Reksadana“ ETH Grayscale (ETHE).

Perusahaan yang mengelola sekitar Rp256,67 Triliun dana kelolaan ini telah memiliki ETHE yang membuat sentimen positif baru.

Dengan pembelian ini, maka terdapat pembelian baru ETH oleh Grayscale untuk memenuhi pemesanan ETHE oleh Rothschild Investment Corp.

Sehingga, selain memberi dorongan positif dari segi persepsi, nampaknya pembelian tersebut juga berhasil mendorong harganya naik cukup signifikan.

Masih Memiliki Ruang Gerak Lebih Tinggi

Dua sentimen positif tersebut nampaknya adalah penyebab utama mengapa Ethereum mencapai harga tertinggi barunya saat ini.

Namun, diprediksi bahwa apresiasi belum selesai akibat adanya potensi berlanjutnya apresiasi dalam beberapa pekan ke depan.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya London Hardfork yang dikabarkan akan terjadi pada 31 Juli 2021.

Hardfork tersebut akan mengimplementasikan EIP 1559 yang telah ditunggu mayoritas pendukung Ethereum akibat memberikan pengembangan kualitas baru secara menyeluruh.

Oleh karena itu, saat ini kemungkinan apresiasi belum selesai walau akan dipenuhi oleh beberapa koreksi agar apresiasi terjadi secara normal.

Baca Juga: Bertambah Lagi Perusahaan yang Akan Adopsi Mata Uang Kripto

Dari sisi teknikal, mengingat umumnya sebuah crypto mengalami koreksi setelah mencapai harga tertinggi barunya, kemungkinan Ethereum akan bergerak turun.

Koreksi ini adalah akibat dari tekanan jual beberapa pihak yang mencari keuntungan, sehingga diprediksi akan terjadi secara singkat.

Grafik 4 Jam ETHUSD

Diprediksi bahwa koreksi akan menuju sekitar $2.400 atau Rp35 Juta hingga $2.200 atau Rp33,5 Juta sebelum mulai naik kembali.

Batas pengaman apresiasi Ethereum kemungkinan besar berada di $2.200 atau Rp32 Juta.

Jika batas tersebut ditembus, kemungkinan potensi apresiasi jangka pendek akan menjadi lebih kecil.

Namun, dalam jangka panjang, bersama potensi implementasi EIP 1559 London Hardfork, kemungkinan pergerakan masih akan naik setelah koreksi.

Target apresiasi dalam jangka panjang berada di sekitar $4.000 atau Rp58,5 Juta yang berada di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

Namun sebelum membeli Ethereum, ada baiknya analisis pribadi dilakukan terlebih dahulu akibat risiko ditanggung investor atau trader masing-masing.

Artikel ini hanya merupakan analisis pribadi dan bukan saran resmi untuk trading atau investasi.

Disclaimer

Perdagangan Digital Asset (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi, ketahui dan kelola risiko Anda dalam melakukan perdagangan Digital Asset. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Digital Asset, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Digital Asset merupakan keputusan independen oleh pengguna.

sumber.