Connect with us

Crypto

2 Alasan Mengapa Harga Ethereum Masih Betah di Bawah US$ 1.900

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Harga Ethereum (ETH) telah dikunci dalam kisaran perdagangan yang ketat mulai dari US$ 1.800 hingga US$ 1.900 sejak 21 Juli. Kurangnya volatilitas yang luar biasa ini telah menanamkan rasa ketidakpastian dan skeptisisme di kalangan investor.

ETH tidak mampu bangkit meskipun perkembangan positif baru-baru ini, termasuk peluncuran stablecoin berbasis Ethereum PayPal dan lonjakan permintaan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) berbasis Ethereum.

Masuknya PayPal ke dunia kripto dapat menandakan langkah besar menuju adopsi arus utama untuk Ethereum. Namun, langkah ini juga menimbulkan kekhawatiran tentang sentralisasi dan potensi hilangnya kendali atas aset pribadi.

Pada saat yang sama, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat baru-baru ini menyaksikan lonjakan aplikasi untuk ETF Ethereum, yang mencerminkan tren perusahaan manajemen aset besar yang ingin membangun ETF spot Bitcoin (BTC).

Penurunan Deposit DApp

Dilaporkan Cointelegraph, jaringan Ethereum mengalami masalah karena biaya gas yang tinggi, yang merupakan biaya transaksi, termasuk yang dilakukan dengan kontrak pintar. Selama dua bulan terakhir, biaya transaksi rata-rata lebih dari US$ 4, yang membatasi permintaan untuk aplikasi terdesentralisasi (DApps).

Total deposit aplikasi jaringan Ethereum di ETH. Sumber: DefiLlama.
Total deposit aplikasi jaringan Ethereum di ETH. Sumber: DefiLlama.

Baca juga: Pasar Kripto dan Bitcoin Masih Flat saat Data Inflasi AS Rilis, Kenapa?

Telah terjadi penurunan nyata dalam total nilai terkunci (TVL) deposito di jaringan Ethereum. Penurunan ini menandai level TVL terendah yang diamati selama tiga tahun terakhir, seperti dilansir DefiLlama.

Meskipun mungkin ada beberapa pergeseran dalam tren ini selama seminggu terakhir, skenario saat ini masih mencerminkan penurunan substansial dalam deposit Ether, khususnya sekitar 12,9 juta, berbeda dengan 14,75 juta yang tercatat tiga bulan lalu.

Advertisement

Untuk memastikan apakah penurunan TVL Ethereum berkorelasi dengan penurunan basis penggunanya, investor harus memantau pemanfaatan DApps. Penting untuk diperhatikan bahwa DApps tertentu, seperti platform game dan marketplace, tidak memerlukan deposit yang besar.

Metrik Derivatif Seimbang

Ether quarterly futures sangat populer di kalangan whale dan meja arbitrase. Namun, kontrak bulan tetap ini biasanya diperdagangkan dengan sedikit premi ke pasar spot, menunjukkan bahwa penjual meminta lebih banyak uang untuk menunda penyelesaian. Akibatnya, kontrak berjangka ETH di pasar yang sehat harus diperdagangkan dengan premi tahunan 5 hingga 10% — situasi yang dikenal sebagai contango, yang tidak unik untuk pasar kripto.

Premi tahunan Ether berjangka 3 bulan. Sumber: Laevitas.
Premi tahunan Ether berjangka 3 bulan. Sumber: Laevitas.

Baca juga: PayPal Meluncurkan Stablecoin PYUSD untuk Pembayaran dan Transfer

Berdasarkan premi berjangka, juga disebut sebagai indikator basis, trader profesional di pasar Ether tetap tidak dapat mengadopsi sikap bullish sejak 16 Juli. Level 5% saat ini berada di ambang batas netral-ke-bearish, menunjukkan keadaan ekuilibrium dalam permintaan antara posisi panjang dan pendek dengan leverage.

Pembukaan jaringan Base Coinbase pada 9 Agustus dapat berkontribusi pada tantangan harga Ethereum untuk melampaui angka US$ 1.900. Beberapa tim pengembangan dalam ekosistem telah mengumumkan penawaran mereka untuk jaringan Base, yang saat ini menggabungkan versi pertukaran Uniswap yang terdesentralisasi.

Sementara prospek bullish Ether didorong oleh potensi persetujuan ETF dan basis pengguna substansial yang difasilitasi oleh stablecoin PayPal, jaringan menemukan dirinya dihadapkan pada persaingan dari platform kontrak pintar yang ada dan penantang dengan sumber daya yang banyak. Skenario seperti itu memperkenalkan unsur ketidakpastian seputar ketahanan level dukungan harga Ethereum US$ 1.800.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Advertisement

Popular