Tiga Informasi Fundamental Dunia Crypto yang Bakal Membalikan Keadaan Pasar

0
14886
fundamental crypto

Pekan ini adalah tonggak resistensi dari pasar mata uang kripto secara global. Setelah pekan kemarin, pasar kripto berdarah-darah akibat dipengaruhi oleh sejumlah sentimen dan situasi teknikal yang mengubah arah psikologis para trader ataupun investor.

Berdasarkan data coinmarketcap, di pekan terakhir bulan April 2021 ini secara grafik volume pasar mata uang kripto global sedang berada dalam tren bullish. Dalam 24 jam terakhir (26-27 April), volume pasar naik 8,55%. Hingga saat ini total volume pasar mata uang kripto berada di angka US$2,01 triliun.

Sejumlah koin bervolume besar pun tampak terkonsolidasi. Tiga koin bervolume besar saat ini, Bitcoin (BTC), Ether (ETH), dan Binance Coin (BNB), rata-rata mengalami peningkatan 6-8% dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga:Tenang, Volume Pasar Crypto Masih Bullish Kok

Di tengah konsolidasi pasar, terdapat sejumlah sentimen atau berita baik yang sepertinya akan berdampak positif bagi pergerakan dan kepercayaan pasar. Berikut Tiga informasi yang menurut portalkripto.com bakal mempengaruhi pergerakan pasar ke tren bullish selanjutnya.

Pemerintah Turki Mempertimbangkan Membuat Regulasi Khusus Kripto

Sebelumnya, Bank Sentral Turki mengumumkan akan membuat regulasi yang melarang mata uang kripto sebagai alat pembayaran di negaranya. Namun, beberapa hari setelahnya kebijakan tersebut seolah ditarik kembali.

Bank Sentral Turki malah akan menyiapkan regulasi untuk mendukung ekosistem cryptocurrency. hal ini pun bertepatan dengan insiden salah satu exchange kripto di Turki yang diduga membawa kabur uang para nasabahnya.

Berita tentang larangan tersebut memicu aksi jual Bitcoin, yang berdampak pada penurunan harganya. Karena, sebagian orang khawatir negara lain dapat mengikuti jejak Turki.

Komisi Sekuritas dan Exchange (SEC) AS Punya Ketua Baru yang Paham Cryptocurrency

Senat (DPR) Amerika Serikat telah memutuskan menunjuk Gary Gensler sebagai ketua Securities and Exchange Commission (SEC) AS. Penunjukan Gary sebagai pemimpin komisi yang saat ini sangat berpengaruh bagi pasar mata uang kripto di AS ini dinilai merupakan kabar baik bagi pasar.

Gensler merupakan mantan ketua Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka (CFTC) AS ini dinilai sebagai pejabat yang sudah cukup akrab dengan dunia cryptocurrency. Ia dinilai sangat paham dengan ekosistem blockchain dan cryptocurrency secara holistik.

Dari sejumlah pernyataannya pun, Gensler kerap menitikberatkan inovasi dalam setiap pendekatan kebijakan. Termasuk cryptocurrency yang menurutnya adalah sebuah inovasi dalam dunia keuangan.

Baca Juga: Berikut Cara Memahami Pola Cup dan Handle

JPMorgan Chase Menyiapkan Layanan Investasi Cryptocurrency

Perusahaan layanan perbankan dan investasi terkemuka JPMorgan Chase tengah bersiap menyediakan layanan investasi menggunakan mata uang kripto.

Kabar ini bisa saja sangat mempengaruhi kekuatan pasar mata uang kripto. JPMorgan sebagai salah satu bank dan institusi keuangan yang sangat berpengaruh di AS ini bisa jadi mendorong sejumlah bank besar untuk mengikuti langkahnya.

Apabila hal tersebut terjadi, adopsi massal cryptocurrency tidak akan lama lagi. JPMorgan sebelumnya dikenal sebagai penentang garis keras cryptocurrency. Namun, di tahun 2020, sedikit demi sedikit JPMorgan mulai menerima inovasi baru dalam dunia keuangan ini.

sumber.