Aset Kripto Dapat Bisa Dijadikan Pinjaman Berbunga Tinggi, Lho!

0
590
Pinjaman Bitcoin Indonesia

Melakukan peminjaman di bank konvensional tentunya hal yang lumrah, namun bagaimana jika melakukan pinjaman aset kripto? Tentunya hal yang baru bukan? Kehadiran fitur DeFi (Decentralized Finance) yang dibangun di atas teknologi blockchain membuat siapa saja dapat meminjamkan aset kriptonya. Saat ini proses pinjam meminjam bitcoin ini dikenal sebagai crypto lending

Sebelum membahas keuntungan dan tips melakukan pinjaman aset kripto, ada baiknya mengenali terlebih dahulu perbandingan pinjaman kripto dan bank konvensional. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Perbandingan Pinjaman Bitcoin dan Bank Konvensional di Indonesia

Saat melakukan peminjaman dana di bank konvensional tentunya Anda dihadapkan dengan beragam persyaratan administrasi yang cukup merepotkan. Seperti memberikan dokumen berupa KTP, NPWP, slip gaji, dan juga buku tabungan.

Selain itu, tidak semua orang bisa mendapatkan akses untuk melakukan pinjaman di bank, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melakukan pinjaman di bank. Jika Anda memiliki catatan hutang dengan dengan skor kredit yang buruk, besar kemungkinan pinjaman yang dilakukan tidak akan berhasil.

Proses peminjaman di bank membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama. Sistem keuangan bank konvensional yang bekerja secara sentralisasi atau terpusat, menyebabkan ketidakefisienan dan tingkat pengamanannya kurang. Pasalnya, tidak adanya evolusi teknologi oleh lembaga keuangan dapat meningkatkan resiko transaksi dapat diretas.

Berbanding dengan pinjaman kripto, Anda hanya perlu menyetujui beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Seperti terdaftar dalam platform crypto lending, memberikan aset kripto sebagai jaminan, dan menetapkan jangka waktu pinjaman. Proses pinjaman hanya memerlukan waktu beberapa menit saja, sehingga lebih cepat dibandingkan bank konvensional.

Sistem keuangannya bekerja tanpa otoritas pusat, karena data disimpan di antara berbagai node dalam jaringan, sehingga sangat amat. Selain itu, proses peminjamannya sangat efisien dan transparan kepada seluruh penggunanya. 

Keuntungan Pinjaman Kripto

Pinjaman kripto atau lebih dikenal dengan crypto lending memiliki sejumlah keuntungan, diantaranya sebagai berikut:

  • Mendapat Bunga

Di dalam crypto lending, Anda memiliki potensi besar untuk mendapatkan kembali lebih banyak aset kripto dari jumlah aset yang Anda pinjamkan. Dengan demikian, Anda dapat memiliki penghasilan pasif yang bagus. 

Terlebih lagi, apabila dibanding dengan Anda hanya melakukan HODLing, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan bunga yang tentunya jauh lebih menarik.

  • Mengurangi Dampak Volatilitas Pasar

Memberikan pinjaman aset kripto berupa stablecoin, akan menciptakan solusi baru bagi Anda dan semua pemilik aset kripto. Perlu diketahui mengenai stablecoin, merupakan jenis berupa aset kripto yang dirancang untuk menjaga nilai yang sama dengan mata uang fiat tertentu.

Melalui pemberian pinjaman berupa stablecoin, Anda dapat menumbuhkan aset Anda tanpa risiko variasi yang biasanya Anda miliki dengan aset kripto.

Tips Melakukan Pinjaman Kripto

Berikut tips sebelum  Anda melakukan pinjaman kripto:

  • Menggali Informasi Sedalam-dalamnya

Tentunya sebelum Anda terjun ke dalam crypto lending, langkah paling bijak adalah dengan mencari tahu cara kerjanya dan platform apa yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, hal yang penting lainnya. Anda sangat perlu mencari tahu platform crypto lending yang terpercaya, agar semaksimal mungkin Anda dapat terhindar dari kecurangan ataupun pencurian.

  • Mengetahui Standar yang Dimiliki Platform Crypto Lending

Tentunya untuk melakukan pinjaman Anda akan menjumpai syarat dan ketentuan yang berlaku. Tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami dengan baik. 

Anda juga perlu memastikan kapan  waktunya Anda akan mendapatkan kembali aset kripto Anda, serta seberapa besar bunga yang akan Anda dapatkan dari pinjaman tersebut. 

Anda juga harus menyiapkan strategi maupun rencana cadangan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya seperti peminjam tidak dapat membayar Anda. Sebaiknya anda memastikan dengan benar bahwa platform atau smart contract yang digunakan dapat mengembalikan aset kripto Anda.

Baik melalui jaminan aset maupun asuransi yang sebelumnya telah disiapkan oleh peminjam.

Sangat menarik bukan? Dengan melakukan pinjaman bitcoin yang merupakan aset kripto, Anda berpeluang mendapatkan lebih banyak aset kripto dari jumlah aset yang Anda pinjamkan. Untuk memulai pinjaman aset kripto, Anda perlu platform terpercaya seperti Tokocrypto. 

Tidak perlu khawatir, Tokocrypto terdaftar secara legal dan tersertifikasi ISO 27001. Tunggu apa lagi? Yuk, gabung dan memulai investasi di Tokocrypto!