Connect with us

Market Analysis

Maksimalkan Profit Dengan Strategi Swing Trading!

Published

on

Pajak Aset Kripto

Dalam dunia trading, para trader pemula maupun handal dianjurkan untuk menggunakan strategi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhannya masing-masing. Ini dikarenakan, trader dapat memaksimalkan profit melalui pemakaian strategi. Salah satu strategi yang bisa dicoba adalah strategi swing trading. Yuk, simak selengkapnya!

Apa Itu Strategi Swing Trade?

Berbeda dengan strategi scalping yang dikhususkan untuk menyelami pasar dalam hitungan menit serta strategi day trading yang digunakan untuk jangka waktu kurang lebih 1 hari, maka swing trading berbanding terbalik dengan scalping dan day trading.

Swing trade adalah strategi untuk memeroleh profit yang cocok digunakan dalam trading dengan jangka waktu hitungan hari atau minggu. Dalam praktiknya, swing trade lebih sering menggunakan analisis teknikal. Namun, analisis fundamental dan pola harga juga dijadikan sebagai acuan untuk melakukan trading.

Mekanisme Swing Trading

Mekanisme yang digunakan dalam strategi ini adalah swing trader sangat mengandalkan trend dan menjadikan trend tersebut sebagai acuan dalam menggunakan swing trading. Melalui trend itulah, swing trader mampu melihat ke arah mana harga akan bergerak dan tahu apa yang harus mereka lakukan.

Dengan strategi ini, trader bisa langsung membeli saat posisi swing low dan jual saat posisi swing high. Maka dari itu, aktivitas buy dan sell dapat berlangsung disaat titik-titik pembalikan harga pada suatu pasar.

Kelebihan Swing Trading

Seperti yang telah disebutkan di atas, swing trading lebih cocok digunakan untuk trading dengan jangka waktu harian atau mingguan. 

Oleh karena itu, kelebihan utama swing trading adalah strategi ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jadwal padat sehingga tidak sempat untuk memerhatikan pergerakan pasar secara terus menerus.

Advertisement

Cara Meminimalisir Risiko Swing Trading

Ada kelebihan, ada pula risiko. Walaupun strategi ini sedikit longgar dibandingkan strategi scalping, Anda harus melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk meminimalisir risiko dari swing trading:

  • Perhatikan Trend Harga

Pergerakan harga suatu instrumen cenderung mengikuti trend. Untuk meminimalisir risiko, Anda harus mampu menganalisis trend apa yang sedang terjadi pada instrumen yang dipilih.

Perlu menjadi catatan, trend harga yang menurun ditandai dengan membentuknya puncak yang semakin rendah. Hal ini juga berlaku untuk trend harga naik, yaitu saat membentuk puncak yang semakin tinggi.

  • Gunakan Stop Loss

Teknik dasar Stop Loss ini bisa banget untuk diaplikasikan ketika Anda sedang menggunakan strategi swing trading, lho!

Stop loss sendiri merupakan upaya menjual suatu instrumen pada harga tertentu dengan tujuan untuk meminimalisir kerugian. Biasanya, Stop Loss digunakan saat awal transaksi sebagai antisipasi jika harga bergerak ke arah yang tidak diinginkan.

  • Jangan Lupakan Analisis Fundamental

Sering mendengar istilah analisis fundamental? Analisis tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan apa yang harus dilakukan saat menggunakan swing trading dari sisi eksternal.

Beberapa hal yang tergolong dalam analisis fundamental adalah siklus bisnis, suku bunga, pergerakan inflasi, kebijakan pemerintah baik luar negeri maupun dalam negeri, dan lain-lain.

Gunakan Swing Trading di Trading Hari Raya bersama Tokocrypto!

Kalau Anda sedang berinvestasi aset kripto, Anda juga bisa menggunakan strategi swing trading ini untuk memaksimalkan profit, lho! Salah satu aset kripto yang baru saja rilis adalah TKO. Antusiasme para trader yang tinggi dan profesionalitas Tokocrypto serta Binance dalam pengembangannya menjadikan TKO memiliki potensi di masa depan!

Untuk menyambut Hari Raya, Tokocrypto sedang mengadakan THR (Trading Hari Raya) TKO, nih! THR TKO merupakan kompetisi trading dengan hadiah utama 1 mobil Tesla, 2 Yamaha NMAX, 2 Honda Scoopy, sepeda Dahon Limited Edition, serta berbagai hadiah lainnya dengan total hadiah lebih dari Rp7 miliar!

Tunggu apa lagi? Yuk, maksimalkan trading TKO Anda dengan swing trading dan menangkan hadiahnya! Salam to the Moon!

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular