Wow, Ternyata Inilah Penyebab NFT Semakin Booming!

0
678
inilah penyebab kenapa nft booming

Dianggap sebagai metode yang praktis untuk membeli serta menjual karya seni digital merupakan salah satu penyebab NFT booming. Ditambah dengan maraknya beberapa karya seni yang terjual dengan harga yang fantastis serta dengan jumlah yang sangat terbatas membuat NFT semakin ramai diperbincangkan di berbagai kalangan masyarakat.

Sebelum membahas hal yang menyebabkan NFT menjadi populer dan masa depan NFT. Alangkah baiknya untuk mengetahui kepopuleran NFT terlebih dahulu. Yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

Kepopuleran NFT di Tahun 2021

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh The Block pada Maret 2021, volume pencarian ‘NFT’ di Google mencapai titik tertinggi sepanjang masa karena jumlah pengguna platform yang mendekati 400 ribu. Pada bulan Mei lalu, NFT kembali menggemparkan dunia. Sebuah karya seni piksel digital terjual seharga 1,7 juta USD, jika dikonversi menjadi rupiah jumlahnya kurang lebih seharga 25 miliar. 

Piksel digital tersebut diberi nama “The Pixel”. Karya seni tersebut hanya terdiri dari satu piksel digital berbentuk persegi. Piksel sendiri dikenal sebagai satuan terkecil dalam gambar digital. Karya seni The Pixel ini merupakan karya dari “Pak” dengan username Twitter @muratpak.

Eric Young, selaku pembeli karya seni yang juga merupakan kolektor barang seni NFT. Membeli karya seni milik “Pak” untuk mengindikasikan bagaimana dirinya ingin dikenang. 

Hal yang Menyebabkan NFT menjadi Semakin Populer

Sebelumnya, NFT pernah berjaya melalui Crypto Kitties pada tahun 2017 lalu. Namun, tahun 2021 adalah awal baru dari NFT yang kelak menjadi sektor bisnis yang besar. Pada tahun 2018 nilai NFT mencapai US $40,96 juta, kemudian menjadi US $338,04 juta pada tahun 2020.

Hal-hal yang menyebabkan NFT menjadi semakin populer di berbagai kalangan masyarakat, yaitu:

 

  • NFT sebagai Tempat Pelelangan Baru 

 

Di tengah pandemi seperti ini, sangat tidak memungkinkan bagi seniman untuk melakukan pelelangan karya di museum. Umumnya seniman mengandalkan galeri untuk menjual karya seninya, namun kehadiran NFT membuat seniman dapat menjualnya langsung ke konsumen, sehingga pelelangan karya seni tetap dapat dilakukan di tengah pandemi.

 

  • Kehadiran Selebritas

 

Kehadiran selebritis yang melek dengan NFT seperti Mike Shinoda, Lindsay Lohan, hingga kekasih Elon Musk, Grimes yang turut meramaikan acara lelang karya dengan NFT. Membuat animo masyarakat terhadap NFT menjadi semakin ramai.

 

  • Keberhasilan Penjualan Karya Beeple

 

NFT menjadi semakin populer setelah karya dari Beeple yang berjudul Everydays: The First 5000 Day yang dilelang selama dua minggu hingga akhirnya terjual dengan harga 69,3 juta USD pada bulan Maret lalu. Hal tersebut membuat publik terkejut, sehingga Beeple jadi buah bibir dan seni kripto jadi lebih populer lagi setelah itu.

 

  • Kehadiran NFT dalam Sektor Game

 

Belakangan ini, kehadiran game NFT banyak menarik perhatian dari  anak muda. Sebab, pemain tidak hanya menamatkan permainan, namun juga mendapatkan keuntungan melalui reward yang didapatkan dari game tersebut. Hal tersebut menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan gamers.

Kepopuleran NFT juga semakin tinggi setelah New York Stock Exchange pada bulan April lalu menerbitkan enam NFT sebagai penanda melantainya enam perusahaan di bursa saham terbesar dunia tersebut. Enam perusahaan tersebut, yaitu Spotify, Snowflake, Unity, DoorDash, Roblox, dan Coupang,

Masa Depan NFT

Konsep NFT sendiri, memungkinkan untuk melahirkan jenis transaksi baru di masa depan. Di mana pengguna tidak memiliki batasan pada pertukaran moneter, namun dapat menikmati pertukaran aset baik dalam bentuk digital maupun fisik. Secara sederhana, NFT dapat melahirkan generasi perdagangan baru, yaitu perdagangan terdesentralisasi atau D-Commerce.

Menggunakan NFT untuk menghilangkan perantara e-commerce, konsumen dapat menikmati era baru perdagangan peer-to-peer. Hal tersebut merupakan inovasi revolusioner yang dapat diaktifkan oleh NFT yang akan mengembalikan kekuasaan ke tangan konsumen.

Jadi, apakah Anda berminat untuk membeli NFT? sebagai sarana untuk investasi Anda. Atau justru Anda lebih memilih untuk investasi lain? memulai investasi dengan modal yang kecil untuk mendapatkan keuntungan. Anda dapat mulai investasi di Tokocrypto dengan nominal Rp 50.000, lho! Yuk, mulai investasi di Tokocrypto!