Connect with us

Blockchain

Cara Agar Tetap Cuan Pada Saat Market Bearish

Published

on

Cara Cuan Ketika Bearish Market

Ketika berbicara tentang investasi, kemampuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tren pasar sangatlah penting. Apalagi dengan mengetahui berbagai tips dan cara cuan di saat kondisi market bearish sangatlah membantu investor untuk memilih keputusan yang tepat.

Pergerakan pasar selalu dalam satu arah, naik maupun turun. Dalam hal investasi aset kripto biasanya tren digambarkan sebagai bull market dan bear market. Secara sederhana, bull market mengacu pada kondisi ketika pasar sedang naik. Sebaliknya, bear trend mengacu pada kondisi ketika pasar sedang menurun. Biasanya bull market terjadi ketika harga naik 20% atau lebih sedangkan bear market dianggap sebagai penurunan harga 20% dari harga tertinggi terakhir. 

Bear market sering terjadi sebelum atau sesudah kondisi ekonomi bergerak ke dalam resesi. Banyak yang sering mengilustrasikan market bearish sebagai situasi yang buruk namun tentu saja hal ini tidak dapat dihindari. Pada 21 Juni 2021, Ethereum (ETH), cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar turun 12,5% hanya dalam 24 jam dan hampir 24% selama seminggu. Bahkan Dogecoin yang dimulai sebagai koin lelucon tetapi akhirnya tumbuh menjadi salah satu mata uang kripto favorit yang sering diperbincangkan pun mengalami penurunan, kehilangan 33% nilainya hanya dalam 24 jam pada 21 Juni 2021. Kondisi umum pasar kripto tentu saja bukan lelucon tetapi kondisi ini dapat dikatakan sebagai kondisi bear market

Baca Juga: Tips Cuan Investasi Kripto Kala Market Bearish dan Kekhawatiran Stablecoin

Penurunan harga Bitcoin yang terjadi baru-baru ini bukanlah bear market pertama yang dihadapi pasar aset kripto. Sebelumnya, pasar kripto sudah melewati “musim dingin” yang lebih keras sebelumnya:

  • Pada tahun 2018, Bitcoin naik dari $20.000 ke level terendah $3.000.
  • Pada bulan Maret 2020, selama kehancuran akibat pandemi secara keseluruhan di pasar global, Bitcoin turun dari $9.000 menjadi $4.500 dalam hitungan hari.

Di situasi yang fluktuatif ini, adakah cara yang bisa dilakukan oleh investor untuk menghadapi market bearish agar tetap cuan?

4 Cara Cuan Di Market Bearish

Fokus pada Jangka Panjang

Sulit untuk memprediksi kondisi pasar ketika dalam kondisi market bearish. Sebaiknya jangan berinvestasi ketika hanya ingin fokus untuk menjadi kaya dalam setahun. Fokuslah pada pendekatan jangka panjang untuk berinvestasi dan asumsikan bahwa setiap aset yang dibeli saat ini akan terus dipegang selama beberapa tahun kedepan. 

Serok ketika harga sedang turun

Hal yang paling sering dilakukan dalam perdagangan aset kripto adalah mengambil keuntungan dari harga rendah sebagai titik masuk yang baik di bearish market. Harapannya adalah investor tetap dapat bisa mendapatkan keuntungan ketika harga kembali pulih. Namun, tetap pelajari teknikal analisis nya ya!

Advertisement

Cari tau metode lain untuk mendapatkan keuntungan dari aset kripto, TKO LOCK bisa jadi opsi!

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari aset kripto selain jual-beli aset kripto. Salah satunya dengan mengikuti program TKO Lock dengan mengunci TKO kamu dalam periode tertentu untuk memperoleh keuntungan. TKO Lock dapat anda gunakan sebagai alternatif untuk mengembangkan portofolio anda, sambil menunggu pasar kembali pulih. Selengkapnya baca disini

Berinvestasi di Stablecoin

Sebagian besar investor aset kripto masih mengukur keuntungan mereka berdasarkan nilai fiat, baik melalui dollar maupun mata uang lokal mereka. Pada kondisi pasar bearish kamu bisa mengkonsolidasikan beberapa portofolio aset kripto kamu ke dalam bentuk stablecoin untuk keluar dari potensi kerugian. 

Baca Juga: Atur Strategi Investasi saat Market Aset Kripto Bearish

Meskipun pasar bearish mungkin menakutkan bagi investor, namun kondisi ini juga memiliki beberapa sisi positif karena kondisi ini memberikan beberapa pengalaman tentang bagaimana menghadapi pasar bearish. Bagi yang baru ingin memulai investasi di aset kripto, kondisi ini dapat dijadikan sebagai titik awal memulai investasi karena aset kripto cenderung berada di harga yang lebih rendah dari biasanya. 

Terlepas dari sentimen pasar yang berlaku, baik di pasar bearish atau bullish, banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi harga aset kripto. Pasar aset kripto secara historis sangat fluktuatif. Lakukan riset Anda sendiri sebelum mulai berinvestasi aset kripto dan pastikan berinvestasi pada instrumen yang sesuai dengan gaya investasimu. 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular