Connect with us

Crypto

Yakin Tidak Berminat Investasi Dollar? Mari Simak Caranya!

Published

on

Ilustrasi investasi aset kripto.

Popularitas investasi aset kripto semakin meninggi di kalangan masyarakat Indonesia. Ternyata, penyebab kepopulerannya berasal dari maraknya influencer yang memberikan informasi dan tips dalam berinvestasi mata uang digital, salah satunya adalah Dollar virtual berupa stablecoin. Penasaran apa itu USDT dan perbedaannya dengan Dollar biasa.

Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara investasi Dollar pemula yang sedang digemari ini!

Investasi Dollar Modern? Stablecoin Jawabannya!

Sebagai mata uang yang sangat berpengaruh dalam perekonomian secara global, mata uang dollar menjadi pilihan utama masyarakat dalam berinvestasi. Ada dua cara yang biasanya dilakukan masyarakat untuk memperoleh keuntungan dari investasi dollar, yaitu membeli dollar secara cash dan menyimpan dollar di bank. 

Apa itu USDT?

Saat ini sudah terdapat alternatif yang lebih modern dalam berinvestasi dollar, yaitu berupa stablecoin Tether (USDT). Tether atau USDT ini adalah stablecoin yang nilainya berkiblat pada nilai US Dollar. Karena stablecoin, maka USDT ini tergolong aset digital yang juga berbasis blockchain. Sama seperti aset kripto lainnya, USDT ditukar menggunakan US Dollar, dengan harga yang sudah ditetapkan di angka sekitar 1 dollar, saat ini usd to idr Rp. 14,517.10 (xe.com).

Karena berbasis blockchain, investor dapat dengan mudah menyimpan, mengirim, dan menerima US dollar dalam bentuk token. Selain itu, USDT sendiri bertujuan layaknya aset kripto lainnya, di mana untuk memudahkan para investor dalam bertransaksi global secara peer-to-peer, ditambah dengan harga yang cenderung murah dan keamanannya terjamin.

Perbedaan USDT dan US Dollar Biasa

Sebelum mencari tahu cara kerja dari USDT, kenali dua hal penting yang membedakan USDT dengan US Dollar biasa, yaitu

Advertisement

1. Jenis Mata Uang

USDT merupakan mata uang kripto yang hanya dapat digunakan secara digital untuk membeli koin atau token lainnya, berbeda dengan US Dollar biasa yang di mana berwujud dan dapat langsung digunakan di dunia nyata

2. Regulasi yang Menaungi

Jika US Dollar biasa diatur langsung oleh Federal Reserve di Amerika Serikat, USDT tidak “secara resmi” dikeluarkan oleh pemerintahan layaknya aset kripto lain misalnya Bitcoin dan Ethereum

Cara Investasi Dollar dengan USDT

Jangan khawatir, walaupun terdengar rumit, USDT ini sangat cocok bagi para investor pemula yang ingin nyemplung ke ranah investasi Dollar, ditambah lagi USDT ini bisa dibeli dengan Rupiah. Caranya juga tidak sulit, kurang lebih sama seperti akan berinvestasi aset kripto pada umumnya.

Nah, berikut cara menukar USDT dengan Rupiah, yaitu

1. Buat Wallet Crypto

Tahap ini menjadi hal dasar yang wajib dimiliki para investor pemula. Untuk membuatnya, Anda bisa mendaftarkan diri di exchange yang sudah terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI, contohnya Tokocrypto

Dalam proses ini, dilakukan juga verifikasi agar terhindar dari kejahatan seperti tindak pencucian uang dan lainnya. Untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, proses ini wajib berjalan dengan baik, ya!

2. Deposit Dana ke Wallet Crypto

Selesai verifikasi, Anda bisa langsung mengirimkan sejumlah dana ke akun exchange, dengan jumlah yang sesuai dengan syarat minimal pada exchange yang Anda pilih, jika Tokocrypto maka minimal depositnya adalah sebesar Rp50,000

3. Beli USDT

Dana akan terdeposit dalam berupa BIDR (stablecoin berbasis Rupiah), Anda bisa langsung membeli USDT. Selain itu, Anda juga dapat berbelanja token lain menggunakan USDT yang Anda miliki

Advertisement

Keuntungan Investasi USDT Bagi Pemula

Selain karena lebih praktis berkat bentuknya yang cashless, harga yang cenderung stabil karena berpatok pada US Dollar, USDT juga membawa keuntungan bagi para investornya. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pastikan Anda sebagai calon investor memperhatikan manajemen risiko beserta strategi yang akan dijalan, ya.

Sekarang, sudah tahu cara investasi Dollar pemula, kan? Yuk, langsung praktik dengan berinvestasi USDT di Tokocrypto sekarang!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular