Inilah Kesalahpahaman Terhadap Seni Crypto yang Sering Terjadi

0
443
Yuk simak penjelasan lengkap tentang seni crypto nft

Siapa yang menyangka jika selama pandemi berlangsung, aset kripto terus naik daun. Seperti kegilaan semua orang terhadap koin ataupun token sudah tidak terbendung lagi. Tidak terkecuali pada NFT. Aset kripto yang digadang-gadangkan sebagai seni crypto ini mampu menarik berbagai pihak di dunia seni, mulai dari musisi, seniman, bahkan Michael Jordan!

Namun, masih banyak kesalahpahaman yang terjadi di tengah hype-nya NFT ini. Untuk itu, mari simak penjelasan lengkapnya mengenai NFT!

Kepopuleran NFT Selama Pandemi

NFT atau kepanjangan dari non-fungible token merupakan aset kripto yang memiliki keunikan karena tidak bisa dipertukarkan dengan aset lainnya. Kenapa bisa dibilang seperti itu? Pada mata uang kripto lainnya bisa dipertukarkan. Misalnya jika Anda menukarkan selembar uang kertas pecahan Rp100.000 dengan dua lembar pecahan Rp50.000 nilainya akan tetap sama, begitu juga pada mata uang kripto. Sedangkan pada NFT, setiap token berbeda, karena tidak adanya perhitungan yang pasti untuk menentukan nilai dari suatu NFT.  

Dilansir dari artikel “The History of Non-Fungible Tokens (NFTs) yang ditulis oleh pengamat NFT, Andrew Steinwold yang menuliskan NFT bermula dari Colored Coins pada tahun 2012. Colored Coins ini sendiri merupakan teknologi dalam blockchain. Nah teknologi ini berfungsi untuk mengautentikasi aset tertentu seperti kupon, saham, token akses, atau benda koleksi digital.

Butuh beberapa tahun untuk NFT berkembang. Tahun 2017 merupakan awal dari kegilaan NFT. Sebuah perusahaan asal Vancouver, Axiom Zen, meluncurkan CryptoKitties dalam blockchain ethereum. CryptoKitties merupakan permainan perdagangan digital yang berbasis blockchain. Dimana di dalamnya memungkinkan pemain untuk mengadopsi, mengembangbiakkan, dan memperdagangkan kucing. Bahkan transaksi yang ada dalam perdagangan tersebut mampu menyentuh $6.7juta hanya dalam hitungan hari! 

Pandemi yang berlangsung sampai saat ini secara tidak langsung membawa kelesuan bagi para pekerja seni. Bagaimana tidak? Karena adanya pembatasan pertemuan orang-orang di ruang publik, banyak dari seniman yang tidak bisa melakukan pameran ataupun menjual-belikan secara langsung hasil-hasil karya mereka. 

Yups, NFT seakan membawa angin segar bagi para seniman. Dengan NFT terdapat kemungkinan bagi seniman untuk mendapatkan komisi dari karya mereka dan juga dapat meningkatkan nilai karya mereka. Seniman asli akan menerima komisi untuk setiap penjualan ulang pada karya mereka. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak seniman mendapatkan keuntungan selama pandemi. 

Kesalahpahaman Tentang NFT

Seiring dengan kepopuleran NFT, ternyata masih ada kesalahpahaman yang masih membayangi NFT sendiri. Mungkin Anda pun pernah bertanya, “Apakah NFT ini hanya para kreator besar saja yang bisa menjajakkan karyanya?” Jawabannya, tidak. Nyatanya tidak ada batasan kreator seperti apa saja yang hanya bisa menjual karya mereka. Beberapa kreator yang baru memulai pun dapat menjual karya mereka. Tapi satu hal yang tetap harus diingat, untuk memasuki dunia NFT ini persiapan karya yang matang tetap dibutuhkan, agar karya yang dihasilkan pun bisa bernilai.

Kesalahpahaman tentang NFT selanjutnya adalah “Apakah orang yang membeli karya di NFT hanya bisa dilakukan oleh kolektor besar saja?” Jawabannya, tidak. Jadi jika Anda tertarik untuk memulai menjadi kolektor, Anda pun bisa membelinya.  

Tokocrypto Luncurkan Marketplace NFT

Sebagai salah satu exchange aset kripto terpercaya di Indonesia, Tokocrypto akan meluncurkan marketplace NFT untuk memudahkan perdagangan bagi para seniman dan kolektor. Di marketplace ini, Anda dapat menukarkan sejumlah TKO untuk mendapatkan NFT yang Anda minati. Nantinya NFT yang Anda miliki dapat ditukarkan dalam bentuk merchandise fisik atau bisa juga ditawarkan kembali ke calon kolektor lain. Gimana? Menarik banget kan? Tunggu peluncurannya, ya!

Kunjungi Tokocrypto news untuk mengetahui berita seputar NFT atau seni crypto lainnya. Dan jangan lupa untuk ikuti media sosial Tokocrypto di Instagram maupun Twitter agar terus mendapatkan info terbaru seputar NFT dan aset kripto lainnya.