Yuk, Kenalan dengan Kelebihan-kelebihan dari NFT Art

0
517
apa saja kelebihan kelebihan nft art?

Teknologi NFT membawa angin segar di dunia cryptocurrency, khususnya bagi para seniman dan kolektor karya seni di seluruh dunia. Beragam karya seni digital diperjualbelikan dalam bentuk token, yang biasa disebut dengan NFT Art. Di Indonesia sendiri, NFT Art sudah sangat digemari oleh para seniman digital. Kira-kira, apa kelebihan NFT Art sehingga bisa menjadi sangat populer? Simak artikel ini untuk informasi selengkapnya!

Ketenaran NFT Art

Secara singkat, NFT Art merupakan karya seni digital yang diterbitkan dalam bentuk token kripto, dapat diakses dan diperjualbelikan di Blockchain. Perbedaan dengan aset kripto lain adalah NFT Art tidak memiliki nilai tukar, sehingga kepemilikannya hanya dapat dimiliki oleh satu pengguna saja.

Beberapa waktu belakangan, NFT Art menjadi sangat populer di kalangan seniman digital juga kolektor karya seni. Ternyata, tingginya popularitas NFT Art ini diawali dengan fenomena CEO Twitter, Jack Dorsey, yang berhasil menjual tweet pertamanya dalam bentuk NFT seharga hampir Rp 36 miliar.

Selain CEO Twitter, terdapat pula seniman digital Mike Winkelmann yang dikenal dengan alias Beeple, baru-baru ini menjual karya seni digitalnya dalam bentuk NFT. Karya seni milik Beeple sukses terjual seharga Rp 994,7 miliar.

Meme yang populer di internet sepanjang hampir satu dekade, “Nyan Cat”, juga dijadikan sebagai NFT Art oleh para penciptanya. Meme yang berupa animasi pixel dari seekor kucing berbadan kue yang meninggalkan jejak pelangi ini laku terjual seharga Rp 8,1 miliar.

Fenomena tersebut akhirnya mendorong semakin banyak seniman digital Indonesia untuk menjual karya seni miliknya berupa NFT Art di beragam forum jual-beli berbasis luar negeri. Biasanya, NFT Art dijual atau berpindah kepemilikan melalui proses lelang di berbagai platform lelang online

Keberadaan NFT Art yang mulai marak di dunia kesenian digital ini memberikan pengaruh baik terhadap seniman, dikarenakan kesadaran akan pergerakan dan nilai seni yang dimilikinya akan meningkat. Di sisi lain, NFT Art juga berpotensi menciptakan peran galeri dan museum terkesan sebagai pasar seni yang tradisional. 

Setelah mengalami pertumbuhan besar-besaran, NFT Art sempat mengalami penurunan. Penurunan pada harga serta volume penjualan NFT Art ini menandakan adanya pergerakan dari nilai seni ke arah yang lebih masuk akal, tidak semerta-merta melihat kelangkaan dan kepopuleran dari seniman maupun karya seni itu sendiri. 

Tingkat harga dari NFT Art terus tumbuh jika dibandingkan dengan harga pada tahun-tahun sebelumnya. Melihat semakin maraknya masyarakat yang terjun ke dunia aset kripto dan NFT Art, maka tidak menutup kemungkinan bahwa NFT Art akan terus bertumbuh dan bertahan sebagai alternatif dari galeri serta museum konvensional.

Kelebihan NFT Art Bagi Seniman

Bagi seniman, khususnya seniman digital, menerbitkan karya seni digitalnya menjadi token yang berupa NFT Art merupakan alternatif yang baik untuk dilakukan. Apalagi bagi seniman-seniman yang baru merintis karir di dunia seni. Berikut kelebihan NFT Art yang dapat dirasakan oleh para seniman, yaitu

1. Autentikasi Karya Seni

Para seniman yang menjual karya seni digital miliknya dalam bentuk NFT dapat sekaligus menciptakan batasan untuk menghindari pemalsuan maupun duplikasi karya seni serupa. Sehingga orisinalitas suatu karya seni tersebut akan terjamin dan terdaftar di Blockchain, ibarat sertifikat keaslian.

Hal ini terjadi pada NFT Art yang dilengkapi oleh kode unik, sehingga bersifat collectible atau dapat dikoleksi. Kode unik ini berguna untuk melacak penerbit token, pemilik awal, dan pemilik akhir untuk suatu NFT Art tersebut. Melalui kode unik ini, penggunaan pihak ketiga menjadi berkurang sehingga memungkinkan seniman untuk memiliki royaltinya.

2. Kesempatan yang Sama

Kehadiran NFT Art membuka pintu kesempatan bagi para seniman pendatang baru yang sebelumnya kesulitan untuk masuk ke pameran seni konvensional. Hal tersebut terjadi karena proses menjadikan suatu karya seni digital menjadi NFT Art sangat mudah dan singkat. Proses tersebut dikenal dengan sebutan minting. Dengan demikian, para seniman kini memiliki kesempatan yang sama dalam berunjuk karya.

3. Jangkauan Audiens Meluas

NFT Art dapat menjangkau audiens yang lebih luas hanya dengan melalui proses yang cepat. Karya seni digital milik para seniman tersedia secara virtual dan dapat dengan mudah diakses oleh berbagai kalangan audiens di seluruh dunia tanpa mengenal perbedaan waktu.

Mengapa Orang-orang Harus Beli NFT Art?

NFT Art dapat menjadi alternatif bagi para penggemar dan kolektor karya seni, terutama yang gemar mencari karya-karya seni yang unik dan langka. Para seniman yang menerbitkan NFT Art juga tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Berikut alasan mengapa orang-orang harus beli NFT Art, yaitu

1. Orisinalitas

Setiap karya seni digital yang beredar dalam bentuk NFT Art sudah terjamin keasliannya, ditandai dengan kepemilikan kode unik. NFT Art memberikan kesan eksklusif bagi para pembelinya, karena karya seni digital yang tersedia di pasar NFT Art ditautkan langsung oleh seniman atau pembuat karya asli. Dengan demikian, karya seni tidak dapat diduplikasi ataupun dimiliki oleh lebih dari satu orang dan hanya dimiliki oleh pembelinya saja.

2. Karya yang Beragam

Para penikmat karya seni digital yang membeli NFT Art akan sangat dimanjakan dengan koleksi karya seni yang sangat beragam. Mereka dapat dengan mudah menemukan dan memilih karya seni yang unik dari berbagai seniman digital, karena katalog tersebut terbuka bagi siapa saja. Jika karya seni yang terdapat pada galeri atau museum masih cenderung konvensional, maka NFT Art dapat menjadi alternatif dengan karya seni digital yang berbeda, khususnya bagi para kolektor.

3. Tidak Mengenal Jarak

Dengan membeli NFT Art, pembeli atau kolektor karya seni tidak perlu pusing memikirkan jarak serta biaya pengiriman yang biasanya sangat menguras kocek. Koleksi NFT Art terbitan seniman digital dari seluruh belahan dunia dapat dengan mudah diakses dan dibeli oleh berbagai kalangan, karena penjualan dan penyimpanannya dilakukan secara digital.

4. Kemungkinan Konversi ke Benda

Selain memperoleh kode unik yang mencirikan orisinalitas serta keunikan dari karya seni yang dimiliki, beberapa NFT yang dibeli oleh kolektor pun dapat  dikonversi ke benda fisik. Salah satunya jika anda membeli NFT di platform NFT Marketplace TokoMall dari Tokocrypto yang akan launching sebentar lagi.

Setelah melihat kelebihan NFT Art, para kolektor karya seni yang sedang mencari karya-karya unik, dapat langsung terjun ke cryptocurrency NFT Art yang sedang booming, nih. Selain itu, para seniman digital juga dapat bersiap untuk listing karya seni terbaiknya di marketplace NFT Tokocrypto yaitu TokoMall yang akan segera rilis di bulan Agustus 2021. 

Dan bagi Anda yang melakukan pre-registrasi, berkesempatan mendapatkan total hadiah TKO senilai $7.000, serta 30 Merchandize NFT persembahan dari Banyan Core, MaximallFootwear dan Nevertoolavish. Yuk, lakukan pre-registrasi TokoMall sekarang dengan mengikut stepnya di sini!

Salam To The Moon!