Connect with us

Crypto

15 Fakta Menarik Tentang Kripto

Published

on

Beberapa hal menarik tentang kripto di dunia

Dengan meningkatnya minat terhadap cryptocurrency, orang-orang belajar cara membeli cryptocurrency dan mencari cara mudah untuk membeli Bitcoin. Tidak mengherankan bahwa beberapa calon investor berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja aset digital. Tetapi dengan crypto, terkadang kebenaran bisa lebih aneh daripada fiksi.

Berikut ini adalah 15 fakta menarik tentang Crypto. Ingin tahu apa saja faktanya ? Yuk simak dan baca hingga selesai. 

1. Transaksi bitcoin komersial pertama adalah untuk pizza

Pada 22 Mei 2010, seorang pria di Florida membayar 10.000 bitcoin untuk dua pizza. Transaksi ini pada umumnya diakui sebagai transaksi bitcoin komersial pertama.

Pada saat itu, 10.000 bitcoin bernilai sekitar $40, membuat satu bitcoin “bernilai” sedikit kurang dari setengah sen. Hari ini, jika anda memiliki bitcoin sebanyak itu, nilainya akan lebih dari $350 juta.

2. Ada lebih dari 7.300 cryptocurrency yang ada

Pada November 2021, ada lebih dari 7.300 cryptocurrency yang beredar. Ada begitu banyak koin yang tersedia karena relatif mudah untuk membuat koin dan memasarkannya di beberapa ekosistem. Tetapi, pada November 2021, 20 koin teratas menyumbang sekitar 86% dari pasar cryptocurrency.

3. Jumlah total bitcoin terbatas

Ketika protokol untuk Bitcoin ditetapkan, batasnya ditetapkan pada 21 juta. Akibatnya, pada titik tertentu, tidak ada lagi bitcoin yang dapat ditambang.

Saat anda membantu menyelesaikan transaksi di blockchain Bitcoin, anda dikatakan menambang, dan anda dapat menerima hadiah dalam bentuk bitcoin. Hadiahnya dibagi dua setiap 210.000 blok, yang telah berhasil menjadi sekitar setiap empat tahun. Pada November 2021, beberapa perkiraan menyebutkan jumlah total Bitcoin yang beredar hampir 19 juta. Hal menyisakan beberapa juta Bitcoin yang belum dirilis, yang merupakan bagian bahwa penambangan tetap menjadi aktivitas yang populer.

Advertisement

4. Seorang pria menggali tempat sampah untuk mendapatkan kembali dompet digitalnya

Pada tahun 2013, James Howells, yang tinggal di Wales, membuang hard drive dengan 7.500 bitcoin di dalamnya. Ketika dia menyadari betapa nilai Bitcoin telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir, dia pergi mencari drive. Sekarang, dia mencoba meminta dewan kota setempat untuk mengizinkannya menggali tempat pembuangan sampah dalam upaya menemukan drive. Dia mengaku menawarkan sebagian dari hasil jika kota mengizinkannya untuk menggali tempat pembuangan sampah.

5. Beberapa kripto, seperti Ethereum, memiliki lebih banyak kegunaan daripada sebagai koin

Beberapa cryptocurrency memiliki kegunaan lebih dari sekadar menjadi koin. Blockchain Ethereum dapat digunakan untuk lebih dari sekadar memproses pembayaran dan mengirim mata uang.

Meskipun anda dapat menggunakan ether, koin asli untuk transaksi, teknologi yang mendasarinya bukan hanya tentang alat tukar. Ethereum juga digunakan untuk penggunaan smart contract dan dapat digunakan untuk manajemen blockchain. Cryptocurrency lain bahkan membuat koin mereka di jaringan Ethereum.

6. Biaya Ethereum disebut sebagai gas

Saat menggunakan blockchain Ethereum untuk menyelesaikan transaksi, anda diharuskan membayar “gas.” Di jaringan Ethereum, gas mewakili upaya komputasi yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi.

Menggunakan jaringan untuk aplikasi atau transaksi, bahkan jika itu mengubah koin lain menjadi ether, berarti anda harus membayar gas. Bergantung pada transaksi dan lalu lintas di blockchain, biaya gas bisa terasa cukup tinggi dalam beberapa kasus.

7. CryptoKitties adalah salah satu game blockchain pertama

Salah satu game blockchain pertama, CryptoKitties menawarkan cara untuk membiakkan kucing digital yang unik. CryptoKitties bukan mata uang, CryptoKitties adalah bagian dari dunia non-fungible token (NFT).

Setiap kucing itu unik dan tidak bisa ditiru. Oleh karena itu, mereka memiliki nilai unik, mirip dengan karya seni dan CryptoKitties dibangun di atas blockchain Ethereum.

Advertisement

8. CryptoKitty paling mahal dijual seharga 600 ETH

Kembali pada tahun 2018, seseorang membayar 600 ETH untuk CryptoKitty Dragon. Pada saat penjualan, 600 ETH bernilai sekitar $170.000. Namun, hari ini, dengan harga satu ether lebih dari $2.700, 600 ETH itu akan setara dengan lebih dari $1,6 juta. Itu salah satu kucing digital yang mahal!

9. NFT bukan mata uang

Meskipun semakin populer dan dianggap sebagai aset digital, NFT bukanlah cryptocurrency. NFT adalah token yang tidak digunakan sebagai alat tukar. Dan NFT tidak dapat diduplikat.

Saat ini, NFT sangat populer sebagai investasi alternatif yang mirip dengan karya seni atau barang koleksi. Faktanya, begitulah cara beberapa orang melihatnya, koleksi digital dan karya seni yang berpotensi tumbuh nilainya. Bahkan ada NFT, seperti yang ditawarkan oleh NBA TopShot, yang beroperasi mirip dengan kartu perdagangan olahraga digital.

10. Dogecoin dimulai sebagai lelucon

Salah satu cryptocurrency terpanas dalam beberapa bulan terakhir adalah Dogecoin. Namun, token ini pertama kali dibuat sebagai lelucon.

Idenya adalah bahwa ada begitu banyak koin di luar sana, yang baru saja diperkenalkan. Jadi pencipta Dogecoin membuat token di dari gambar meme anjing Shiba Inu yang tampak terkejut. Gambar meme ini adalah meme populer pada tahun 2013 ketika Dogecoin diperkenalkan.

Meskipun ada banyak investor di Dogecoin saat ini, harganya tetap fluktuatif.

11. Pencipta Bitcoin tetap anonim

Bitcoin secara luas dikreditkan karena diciptakan oleh “Satoshi Nakamoto.” Namun, ada beberapa berita yang berbicara tentang protokol dirilis melalui rilis kriptografi dan penulis sebenarnya tetap anonim.

Advertisement

Ada banyak spekulasi seputar identitas Satoshi Nakamoto, tetapi tidak ada yang tahu apakah itu satu orang atau sekelompok orang.

12. Elon Musk memiliki banyak daya tarik dalam hal harga cryptocurrency

Satu orang telah berkontribusi pada perubahan besar dalam harga cryptocurrency dalam beberapa bulan terakhir yaitu Elon Musk. Ketika dia men-tweet atau berbicara tentang cryptocurrency, pasar pun mengikutinya atau setidaknya pengikut setianya pun ikut serta.

Musk telah memengaruhi harga Bitcoin dan Dogecoin dan pasar cryptocurrency secara keseluruhan, hanya dari membuat pernyataan tentang koin apa yang akan diterima Tesla untuk pembelian mobil dan membuat komentar di Saturday Night Live.

Terlepas dari kejenakaan Elon Musk, banyak investor masih menemukan diri mereka meneliti bagaimana berinvestasi di Tesla itu sendiri.

13. Beberapa negara melarang cryptocurrency

Tidak setiap negara mengizinkan penggunaan cryptocurrency. Beberapa negara, seperti Turki, tidak mengizinkan pembayaran cryptocurrency, sementara yang lain, seperti Nigeria, melarang pertukaran cryptocurrency. Namun, salah satu larangan paling signifikan baru-baru ini adalah larangan China terhadap lembaga keuangan untuk menyediakan layanan yang terkait dengan transaksi kripto.

Secara praktis tidak mungkin negara untuk benar-benar melarang penggunaan cryptocurrency, meskipun negara dapat mengatur akses ke penyedia layanan dan menutup exchange. Tetapi dengan salah satu negara ekonomi terbesar di dunia keluar melawan cryptocurrency, sulit untuk mengatakan bagaimana keadaan akan berkembang nanti.

14. China dulu menyumbang sekitar 65% dari penambangan cryptocurrency

Pada Mei 2021, China mengusulkan konsekuensi bagi perusahaan telekomunikasi dan lainnya yang menggunakan peralatan mereka untuk pertambangan. Pada Agustus 2021, China sangat efektif dalam menindak, sehingga negara itu dilihat dari tingkat hash global telah jatuh ke angka nol. 

Advertisement

Para peneliti percaya beberapa penambangan rahasia masih terjadi di China, ditutupi oleh penggunaan jaringan pribadi virtual (VPN). Namun tindakan Tiongkok dan penghentian cepat yang terjadi dalam operasi penambangan cryptocurrency Tiongkok menggarisbawahi kerentanan pasar cryptocurrency terhadap keputusan kebijakan oleh negara-negara besar.

15. Harga mata uang kripto sangat fluktuatif

Harga Cryptocurrency diselingi oleh perubahan harga yang besar. Bukan hal yang aneh jika sebuah koin kehilangan 30% hingga 50% dari nilainya dalam semalam dan kemudian memberi keuntungan besar beberapa hari kemudian.

Yuk lakukan investasi aset kripto yang mudah dan aman guna mencapai financial freedom hanya platform terpercaya seperti Tokocrypto. Tokocrypto merupakan sebuah platform pertukaran aset kripto yang memungkinkan Anda untuk membeli, menjual, dan berinvestasi berbagai jenis aset  kripto. Yuk, kunjungi website resmi Tokocrypto dan dapatkan berbagai informasi menarik.

Masih bingung dengan investasi/trading kripto? Gabung dengan Group Telegram Tokocrypto! Anda juga bisa mengunjungi Instagram dan Twitter resmi Tokocrypto untuk dapatkan informasi promo menarik!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular