Blockchain

Serba-Serbi Metamask Wallet, dari Biaya hingga Keunggulan

Published

on

Layaknya bertransaksi di dunia nyata, kita juga membutuhkan dompet untuk transaksi aset kripto. Bedanya, dompet ini berbentuk digital. Nah, nantinya dompet atau wallet ini dibutuhkan untuk mengelola, menerima, maupun transfer di setiap transaksi yang ada. Salah satu dompet digital yang umum digunakan adalah Metamask wallet.

Yuk, simak lebih lengkapnya mengenai dompet digital ini!

Apa itu Metamask Wallet?

Metamask wallet adalah salah satu dompet digital yang banyak digunakan oleh pengguna kripto. Melansir dari BlockchainMedia.id, Indonesia sendiri menduduki peringkat ke-9 sebagai pengguna Metamask wallet terbanyak di dunia.

Jadi, sebenarnya apa itu Metamask wallet?

Metamask wallet adalah dompet digital berbasis web yang bisa digunakan di Chrome, Firefox, dan Brave. Dompet ini dikembangkan oleh Aaron Davis dan Dan Finlay di bawah naungan perusahaan Amerika Serikat bernama ConsenSys. Seperti yang sudah disinggung di awal, dompet digital memang dirancang untuk mengelola, menerima, dan mentransfer uang digital, nah, untuk Metamask sendiri khusus dirancang untuk mata uang digital Ethereum dan ERC-20.

Dompet ini berfungsi sebagai ekstensi browser, yang artinya dompet ini bekerja layaknya jembatan yang menghubungkan browser normal dengan blockchain Ethereum sehingga pengguna dapat melakukan transaksi token Ethereum tanpa mengunduh seluruh blockchain terlebih dahulu.

Lalu, apakah ada biaya yang dibutuhkan ketika mengunduh Metamask wallet?

Tenang, Anda tak perlu mengeluarkan biaya ketika mengunduhnya. Ya, Anda dapat mengunduh ekstensi browser ini secara gratis.

Keunggulan Metamask Wallet

1. Kemudahan integrasi blockchain Ethereum

Paling utama, sesuai dengan tujuan dari penciptanya, Metamask menghadirkan kemudahan ketika berintegrasi dengan blockchain Ethereum. Jadi, Anda bisa mempunyai berbagai macam token yang berbasis ERC-20.

2. User interface mudah

Selain itu, Metamask juga memiliki interface (layar muka) yang mudah untuk dipahami dan digunakan oleh para penggunanya. Makanya dompet ini sangat cocok untuk Anda pemula. Dompet ini pun juga didukung dengan 18 bahasa negara yang berbeda untuk memudahkan para penggunanya yang tersebar di seluruh dunia.

3. Cadangan akun

Tak kalah penting, Metamask memiliki pengaturan Hierarchical Deterministic Settings, yang dimana ini berfungsi membantu pengguna dalam membuat cadangan akun mereka. Caranya, Metamask menghadirkan daftar kata atau yang disebut seed phrase. Nah, daftar kata inilah nanti yang digunakan ketika Anda mengatur ulang informasi akun tersebut.

Baca Juga: Hot Wallet dan Cold Wallet, Mana yang Lebih Aman?

Kekurangan Metamask Wallet

1. Rawan terkena hack

Yup, Metamask adalah salah satu contoh dari hot wallet, yaitu wallet aset kripto yang terkoneksi dengan jaringan internet. Nah, salah satu kekurangan dari sifat hot wallet ini adalah memiliki risiko untuk terkena hack, begitupun pada Metamask.

2. Berisiko pada pengumpulan data pribadi

Metamask memang tidak memiliki akses untuk semua data pribadi penggunanya secara online, namun salah satu browser seperti Google Chrome tetap memiliki akses kepada semua aktivitas digital yang pengguna lakukan. Hal ini tentu memiliki pengaruh karena Metamask menyediakan extension melalui Google Chrome.

Cara Pasang Extension

Nah, sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara memasang extension Metamask di browser Anda:

1. Unduh Metamask

Langkah pertama adalah unduh ekstensi browser Metamask di browser pilihan Anda. Misalnya jika Anda ingin mengunduhnya di Chrome, silahkan cari Metamask dan klik “Add to Chrome”. Dan, ya, Metamask Anda sudah berhasil terunduh.

2. Buat Wallet

Selanjutnya, pilih menu “Create a Wallet untuk membuat wallet Anda.

Nantinya Anda akan diminta untuk membuat kata sandi dengan minimal 8 karakter pada kolom “Password”.

Setelah password dibuat, nantinya akan muncul 12 frasa kata yang harus Anda ingat untuk kemudian dituliskan kembali. Pastikan Anda menyalin dan menyimpan 12 kata ini di tempat lain. Nah, 12 kata ini sangat penting, lho, jika suatu saat Anda lupa dengan sandinya. Selanjutnya, pastikan 12 frasa tadi sudah benar urutannya dan klik “Confirm”. Terakhir, dompet digital Anda sudah siap digunakan.

Anda juga bisa melihat cara daftar Metamask melalui video di bawah ini:

Itulah penjelasan mengenai dompet digital, Metamask wallet. Satu yang tak kalah penting lainnya adalah, pastikan Anda berinvestasi di exchange yang aman dan terdaftar di BAPPEBTI. Tokocrypto hadir sebagai platform exchange untuk Anda belajar, beli, jual dan investasi aset kripto yang aman. Unduh aplikasinya di smartphone Anda dan selesaikan KYCnya sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version