Connect with us

Crypto

Pahami Apa Itu Karya Seni Mozaik dan Perannya dalam Dunia NFT

Published

on

karya seni mozaik

Karya seni mozaik merupakan jenis karya rupa yang memanfaatkan berbagai jenis bahan dalam pembuatannya. Mozaik sangat unik karena merangkai beberapa benda berbeda hingga menjadi suatu kesatuan yang indah. Biasanya, mozaik menggunakan potongan kertas atau kaca untuk membentuk sebuah karya seni. Namun, dalam perkembangannya, mozaik pun hadir dalam format digital.

Mozaik berformat digital ini bahkan terus berkembang hingga akhirnya merambah ke dunia non-fungible token (NFT). Sebelum melihat seperti apa geliat karya seni mozaik dalam dunia NFT, yuk kenalan dengan karya seni mozaik terlebih dulu!

Mengenal karya seni mozaik

Mengenal karya seni mozaik

Karya seni mozaik pada dasarnya adalah suatu proses kreatif untuk menyatukan beberapa benda yang berbeda, baik dari segi bahan, tekstur, warna, maupun pola hingga menjadi objek baru yang bernilai seni.

Seni mozaik sendiri memiliki sejarah panjang. Mozaik tertua pernah tercatat ditemukan pada peradaban Mesopotamia, sekitar 3.000 tahun sebelum masehi. Pada zaman dahulu, mozaik bahkan dianggap sebagai karya seni tinggi karena fungsinya sebagai ornamen dekorasi untuk kuil pemujaan atau tempat ibadah seperti gereja dan masjid.  

Untuk bisa menciptakan mozaik yang indah dan bernilai seni tinggi tentu tidak mudah. Diperlukan ketelitian tinggi terhadap detail bahan yang digunakan. Proses mozaik akan semakin sulit lagi jika Anda menggunakan bahan yang sulit untuk diubah bentuknya seperti keramik atau batu granit.

Perkembangan mozaik

Dalam perkembangannya, karya seni mozaik juga hadir dalam format digital dan juga photomosaic (photographic mosaic). Inovasi tersebut muncul saat Joseph Francis menciptakan sebuah poster bertajuk Live from Bell Labs. Poster tersebut menampilkan potret seorang perempuan yang dibentuk dari beberapa foto berukuran kecil.

Live from Bell Labs - Karya seni Mozaik

Jika potret tersebut diperbesar, maka akan tampak beberapa foto yang ukurannya lebih kecil. Rangkaian foto-foto tersebut bisa membentuk sebuah objek baru karena disusun berdasarkan warna yang sesuai. Misalnya, untuk membentuk wajah manusia, maka dipilihlah beberapa foto dengan warna dasar coklat.

Baca juga: Lakukan Strategi Berikut Sebelum Mulai Minting NFT!

Karya seni mozaik dalam NFT

Mozaik digital kembali populer saat NFT ramai dibicarakan publik. Beberapa digital artist yang berkecimpung di dunia NFT memang menawarkan karya seni berupa mozaik digital. Popularitas mozaik di dunia NFT mencapai puncaknya saat Everydays: the First 5000 Days, sebuah karya seni mozaik dari Beeple, terjual dengan harga fantastis sekitar USD 69 juta pada Maret 2021 lalu.

Karya seni mozaik dalam NFT

Everydays: the First 5000 Days sendiri merupakan sebuah mozaik yang mulai dirancang Mike Winkelmann (sosok di balik Beeple) sejak tahun 2013. Karya seni tersebut telah terhubung dengan NFT yang bertindak sebagai “sertifikat autentikasi digital” dan dikelola oleh teknologi blockchain.

Uniknya, karya mozaik tersebut tidak memiliki identifikasi fisik apa pun. Keseluruhan karya beserta sertifikasinya hadir dalam bentuk digital melalui NFT. Meski begitu, mozaik digital tersebut berhasil terjual melalui rumah lelang terkenal dunia, Christie’s.

Seperti yang telah disebutkan, seluruh aspek penjualan Everydays: the First 5000 Days milik Beeple hadir dalam format digital, bahkan dalam proses transaksi penjualannya. Perwakilan dari rumah lelang Christie’s menyebutkan bahwa karya mozaik tersebut bisa dibeli dengan aset kripto, tepatnya Ethereum.

Opsi tersebut ditawarkan karena Christie’s melihat peluang pada transaksi menggunakan aset kripto. Belakangan ini, pasar kripto memang sedang bagus dan para kolektor tidak ragu mengeluarkan dana lebih untuk mendapatkan karya seni NFT. Hasilnya, Everydays: the First 5000 Days berhasil terjual dengan nilai yang amat fantastis.

Peluang mozaik dalam NFT di masa depan

Karya seni Mozaik dalam NFT di masa depanKesuksesan Beeple dalam menjual Everydays: the First 5000 Days dengan harga yang sangat tinggi membuka kesempatan bagi para seniman karya seni mozaik untuk ikut serta mengadopsi NFT. Melihat pada saat itu, Christie’s sebagai rumah lelang seni konvensional dengan sengaja membuka penerimaan pembayaran dalam bentuk aset kripto. Terlebih, tidak ada batasan aliran seni dalam NFT. Anda bisa berkreasi sebebas mungkin, bahkan menggabungkan mozaik dengan jenis karya seni lainnya pun tidak menjadi masalah. 

Selama karya seni yang Anda terbitkan adalah orisinil dan memiliki nilai keunikan tersendiri, juga dibantu dengan promosi di berbagai komunitas NFT, dijamin NFT Anda pasti akan menemukan kolektornya tersendiri.

Ingin mulai memamerkan karya seni mozaik Anda dalam bentuk NFT? TokoMall siap memberi dukungan terbaik untuk Anda. Sebagai salah satu pelopor NFT marketplace di Indonesia, TokoMall memungkinkan pengguna untuk mengoleksi, merilis, dan memamerkan NFT.

Dengan mengusung konsep yang memungkinkan dunia digital untuk bertemu dengan realita, TokoMall menyediakan platform bagi Anda para Official Merchant (Kreator) untuk bisa mendapatkan exposure karya seni yang lebih luas. Yuk, daftarkan diri Anda dan tunjukkan kreasi karya seni mozaik bersama TokoMall sekarang juga!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular