Connect with us

Blockchain

Mengenal eNaira, Mata Uang Digital Nigeria yang Hebohkan Dunia

Published

on

Nigeria jadi negara Afrika pertama yang meluncurkan mata uang digital.

Nigeria menjadi negara Afrika pertama yang meluncurkan mata uang digital, eNaira. Bank Sentral Nigeria telah bergabung dengan daftar pasar negara berkembang yang bertaruh pada cryptocurrency untuk mengurangi biaya transaksi dan mempromosikan partisipasi dalam sistem keuangan formal. 

“Nigeria telah menjadi negara pertama di Afrika dan salah satu yang pertama di dunia yang memperkenalkan mata uang digital kepada warganya,” kata Presiden Muhammadu Buhari dalam pidato di televisi pada pemutaran perdana di ibukota, Abuja. 

“Adopsi mata uang digital bank sentral dan teknologi dasarnya, yang dikenal sebagai blockchain, dapat meningkatkan produk domestik bruto Nigeria sebesar $29 miliar selama 10 tahun ke depan.”

eNaira dan Kritik Kegunaannya

International Monetary Fund (IMF) memperkirakan bahwa PDB ekonomi terbesar Afrika akan tumbuh menjadi $480 miliar pada tahun 2021, karena menimbulkan ancaman bagi sistem keuangan. 

Gubernur Bank Sentral Nigeria, Godwin Emefiele, mengatakan sejak peluncurannya, eNaira telah menerima lebih dari 2,5 juta kunjungan setiap hari, dengan 33 bank terintegrasi pada platform, 500 juta Naira ($ 1,2 juta) diterbitkan untuk publik dan lebih dari 2.000 pelanggan terintegrasi.

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari (tengah) dan Gubernur Bank Sentral, Godwin Emefiele (kanan) saat meluncurkan mata uang digital, eNaira.

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari (tengah) dan Gubernur Bank Sentral, Godwin Emefiele (kanan) saat meluncurkan mata uang digital, eNaira. Foto: Sunday Aghaeze/Nigeria State House via AP

Baca Juga Apa yang Membuat CEO Apple Tertarik pada Cryptocurrency?

Tetapi, para ahli dan pengguna eNaira itu mengatakan fakta bahwa ada lebih banyak pertanyaan daripada jawaban mengenai mata uang digital itu. Sejumlah besar kekhawatiran atas konsistensi aturan Bank Sentral menyebabkan pemerintah menghadapi jalan yang sulit untuk membuat eNaira sukses.

Populasi muda Nigeria yang paham teknologi bersemangat mengadopsi mata uang digital. Penggunaan mata uang kripto telah berkembang dengan cepat, meskipun ada larangan untuk bank dan lembaga keuangan di Negeria yang berurusan atau memfasilitasi transaksi cryptocurrency di dalamnya.

Advertisement

eNaira yang Tak Sama dengan Bitcoin

Central Bank Digital Currency (CBDC) adalah mata uang digital tak sama seperti cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum yang memiliki nilai sebagian karena tidak terikat dengan mata uang fiat. eNaira akan sama dengan Naira fisik, yang telah mengalami penurunan nilai 5,6% akibat inflasi pada tahun 2021 lalu, meskipun ada upaya stabilisasi moneter bank sentral. 

“eNaira dan Naira fisik memiliki nilai yang sama dan kami akan selalu menukar 1 Naira dengan 1 eNira,” kata Emefiel.

Menurut bank sentral, mata uang digital diharapkan untuk meningkatkan perdagangan lintas batas dan integrasi keuangan, membuat transaksi lebih efisien dan meningkatkan kebijakan moneter.

“Dikombinasikan dengan transformasi digital, CBDC dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan efisiensi kebijakan moneter,” kata Buhari.

Ilustrasi cryptocurrency.

Ilustrasi cryptocurrency.

Mata Uang Digital Dorong Pemasukan Pajak

Mata uang digital juga dapat membantu meningkatkan basis pajak negara dengan memindahkan lebih banyak orang dan bisnis dari sektor informal ke sektor formal. Mata uang digital resmi didukung dan dikendalikan oleh bank sentral, tidak seperti mata uang kripto Bitcoin.

Nigeria berada di peringkat ketujuh dalam Global Crypto Adoption Index 2021 yang disusun oleh firma riset Chainalysis. Bank Sentral Nigeria memilih Bitt Inc pada Agustus 2021 lalu sebagai mitra teknologi untuk membantu menciptakan mata uang digital.

Baca Juga IMF Merekomendasikan CBDC dan Standar Crypto Global untuk Stabilitas Keuangan

Nigeria bergabung dengan Bank Sentral Bahama dan Karibia Timur untuk menjadi salah satu yurisdiksi pertama di dunia yang mendistribusikan mata uang digital nasional.

Advertisement

Awal tahun ini, China meluncurkan versi percontohan Yuan digital. Di Afrika, negara-negara dari Ghana hingga Afrika Selatan sedang menguji mata uang fiat dalam bentuk digital untuk memungkinkan transaksi uang yang lebih cepat dan lebih murah tanpa kehilangan kendali atas sistem moneter.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular