Connect with us

Academy

Apa itu Mining Pool dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Published

on

Ilustrasi mining aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Ketika kamu mulai memasuki dunia kripto, pasti akan menemukan istilah mining pool. Bagi seorang investor atau trader pemula, istilah ini mungkin masih terasa asing di telinga. Padahal, istilah ini nantinya akan bersahabat baik dengan mereka. Namun, hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi pada pemula. 

Untuk bisa menjalankan investasi kripto dengan baik, maka penting bagi kamu mengenal mining pool, meskipun pada akhirnya akan memilih solo mining dan menanggung risikonya sendirian.

Tidak usah merasa bingung, jika belum mengenal apa itu mining pool, karena di sini akan kami bahas secara lengkap.

Apa itu Mining Pool?

Mining pool merupakan sebuah kelompok yang terdiri atas penambang cryptocurrency yang akan menggabungkan sumber daya komputasi melalui jaringan secara bersama-sama. Miners atau penampang ini akan menyumbangkan kekuatan mereka dalam upaya menemukan blok baru. 

Ilustrasi mining pool cryptocurrency.

Ilustrasi mining pool cryptocurrency.

Baca juga: Tokocrypto Market Signal 2 Februari 2022: Apa Saja Kripto yang Bullish Minggu Ini?

Jika upaya para miners ini berhasil, mereka akan mendapatkan hadiah atau rewards berupa token kripto yang merupakan hasil penambangan. Hasil tersebut kemudian akan dibagikan kepada individu yang turut berkontribusi sesuai dengan proporsinya.

Cara Kerja Mining Pool

Setelah prosedur penambangan cryptocurrency ini berhasil diselesaikan oleh miners, mereka akan mendapatkan hadiah yang biasanya berbentuk token kripto yang serupa. Maksudnya adalah jika mereka menambang Bitcoin, mereka akan mendapatkan BTC juga.

Dalam sebuah mining pool, biasanya ada sebuah kesepakatan yang dibuat oleh penambang. Persyaratan tersebut yang akan menentukan porsi pembagian hasil tambang. Selain itu hasil tambang juga akan dibagi berdasarkan produksi bukti kerja yang sah.

Advertisement

Dengan begitu, siapa saja yang ingin mendapatkan keuntungan dari penambangan kripto ini maka mereka memiliki dua pilihan, yaitu menambangnya sendiri atau solo mining atau memilih bergabung dengan mining pool untuk bisa meningkatkan hasil hashing.

Kelebihan dan Kekurangan Mining Pool

Mining pool memiliki kelebihan tersendiri, di mana beban kerja yang ditanggung akan menjadi lebih ringan karena dibantu oleh kelompok. Sehingga tingkat kesulitan dari hardware atau software yang ada bisa dipangkas bersama.

Mining pool merupakan gabungan dari beberapa penambang, maka kemungkinan untuk bisa menemukan blok baru akan semakin besar. Sehingga kemungkinan untuk mencapai keberhasilan lebih dekat dan bisa segera mendapatkan keuntungan.

Ilustrasi penambang kripto

Ilustrasi penambang kripto.

Baca juga: Tips Aman Investasi Aset Kripto yang Bisa Kamu Ikuti

Di balik kelebihan tentunya pasti ada kekurangan. Hasil keuntungan mining pool yang didapatkan akan dibagi-bagi berdasarkan persyaratan yang telah ditentukan. Sehingga kemungkinan cuan yang didapatkan akan lebih rendah dibanding solo mining.

Metode Pembagian Mining Pool

Ada banyak sistem pembagian yang berbeda mining pool dalam cryptocurrency. Namun, ada dua protokol yang paling umum digunakan untuk bagi hasil penambangan tersebut diantaranya sebagai berikut:

Pay-Per-Share

Sistem yang satu ini beroperasi dengan membagi hasil pada penambang berdasarkan kontribusinya. Kumpulan akan mendapatkan pembayaran instan dan tidak bergantung pada kapan blok ditemukan.

Seorang penambang yang ikut berkontribusi dalam mining pool dan menggunakan sistem bersama bisa ikut bertukar kripto dan mendapatkan pembayaran proporsional kapan saja.

Advertisement

Peer-to-Peer

Sistem peer-to-peer memiliki tujuan untuk mencegah adanya struktur kumpulan terpusat. Dengan begitu, mereka dapat mengintegrasikan blockchain terpisah yang berkaitan dengan kelompok itu sendiri, kemudian dirancang untuk mencegah kecurangan dan kegagalan akibat masalah sentral.

Itulah pembahasan lengkap mengenai mining pool, mulai dari pengertian, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya, hingga sistem pembagian hasilnya. Semoga bermanfaat!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular