Connect with us

Blockchain

Kiat Perempuan Memulai Investasi Aset Kripto agar Mandiri Finansial

Published

on

Ilustrasi perempuan mandiri finansial dengan investasi aset kripto.

Investasi merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mencapai kesejahteraan keuangan. Tak sedikit yang menyebutkan kalau perempuan terbilang handal terkait urusan pengelolaan keuangan, namun jika bicara soal investasi, terlebih aset kripto sering terdengar adalah peran laki-laki.

Menurut laporan yang dirilis situs pembanding produk keuangan, Finder, pada Desember 2021, tercatat sekitar 51% laki-laki di Indonesia memiliki aset kripto dibandingkan dengan 49% perempuan. Sebenarnya angka ini telah meningkat dari survei sebelumnya pada Oktober 2021, tingkat kepemilikan kripto pada laki-laki capai 58% dan perempuan 42%.

Hasil survei Finder juga sejalan dengan pertumbuhan investor aset kripto di Tokocrypto. Pada akhir Desember 2021, terdapat sekitar 30% investor perempuan dibanding laki-laki yang mencapai kisaran 70%. Angka ini juga membukti investor perempuan mengalami tingkat pertumbuhan yang signifikan.

VP Corporate Communication Tokocrypto, Rieka Handayani, mengatakan partisipasi perempuan di investasi aset kripto, tak dimungkiri masih tergolong rendah dibandingkan laki-laki. Faktanya, perempuan punya kemampuan yang handal dalam pengelolaan keuangan dan sekaligus bisa #SiapLebih jago berinvestasi.

“Dalam hal pengelolaan keuangan, perempuan terhitung mahir melakukannya. Bahkan, seringkali, perempuan mendapatkan julukan ‘Menteri Keuangan’ dalam sebuah keluarga. Kemampuan berinvestasi juga bisa menjadi cara untuk menjadi perempuan yang independen dan mandiri secara finansial. Perempuan bisa menjadi penyelamat keuangan sebuah keluarga atau bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri,” kata Rieka.

Ilustrasi perempuan pandai investasi.

Ilustrasi perempuan pandai investasi.

Baca juga: Investasi Aset Kripto Bisa Jadi Passive Income untuk Perempuan

Untuk memulai investasi, perempuan bisa melirik instrumen aset kripto. Alasannya instrumen ini menjadi pilihan investasi dengan anggaran yang tidak terlalu besar serta mudah di akses. Investasi aset kripto memiliki tingkat risiko yang rendah sampai yang paling tinggi, investor tinggal menyesuaikan dengan profil risiko masing-masing.

4 Hal yang Harus Perempuan Ketahui Sebelum Mulai Investasi Aset Kripto

Perempuan saat ini memiliki potensi penghasilan yang luar biasa. Salah satu sumber pendapatan bisa melalui investasi aset kripto. Oleh karena itu penting bagi perempuan untuk memulai investasi dan baiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.

Advertisement

1. Mulai sedini mungkin

Aset kripto merupakan instrumen investasi yang masih tergolong baru. Maka, dari itu peluang untuk mendapatkan profit yang lebih baik bisa diraih dengan mulai investasi sedini mungkin.

Bagi perempuan yang ingin memulai investasi, tidak harus memikirkan batas gaji atau menunggu punya karir yang mapan dan sudah menikah. Investasi merupakan rencana jangka panjang, yang hasilnya baru dapat dinikmati dalam jangka waktu tertentu. Jadi memulainya lebih dini dapat menjadi langkah yang tepat.

2. Tentukan tujuan investasi

Perempuan sering kali ragu dalam memulai investasi, karena kurangnya rasa percaya diri. Namun ini bisa dihindari dengan menentukan tujuan atau goal yang jelas. 

Investor harus paham untuk apa melakukan investasi, apa saja tujuan yang ingin dicapai. Jika tujuan sudah terinci dengan jelas, maka kepercayaan diri untuk berinvestasi pun lebih matang. Seperti, menabung biaya pendidikan anak, atau mungkin untuk dana.

Ilustrasi FOMO di investasi aset kripto.

Ilustrasi FOMO di investasi aset kripto.

Baca juga: Dunia Blockchain, Kripto dan NFT Bisa Jadi Tempat Ramah Perempuan

3. Selalu belajar

Seperti diketahui aset kripto adalah salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko yang tinggi, namun imbal hasil yang baik (high risk, high return). Maka dari itu, untuk memulai investasi, investor perempuan harus paham terlebih dahulu faktor risikonya dan cara menghindari kerugian.

Jenis aset kripto yang dipilih bisa disesuaikan dengan karakter investor apakah seorang high-risk, medium-risk atau low-risk. Jika kita kurang berani untuk mengambil risiko rugi, bisa memilih aset kripto dengan kapitalisasi besar atau stablecoin yang cenderung tidak terlalu volatil.

4. Gunakan platform yang tepat

Investor perempuan bisa memilih berbagai platform investasi aset kripto yang resmi terdaftar di Bappebti, salah satunya Tokocrypto. Dengan memilih platform exchange atau pedagang aset kripto yang tepat, bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Tokocrypto juga memiliki berbagai inisiatif untuk sarana edukasi untuk para investor pemula.

Advertisement

“Aset kripto bisa jadi pilihan investasi yang cocok bagi perempuan, karena tak memerlukan anggaran yang terlalu besar untuk memulai serta mudah di akses. Investasi aset kripto di Tokocrypto bisa dimulai dari modal Rp 50.000. Trading fee paling murah yaitu 0,1 persen. Serta, biaya tarikan dana atau withdraw tidak lebih dari Rp 5.500,” jelas Rieka.

Ilustrasi perempuan pandai investasi aset kripto.

Ilustrasi perempuan pandai investasi aset kripto.

Baca juga: Pekerja Lepas di Argentina Bisa Digaji Bitcoin dan Ethereum

Guna meningkatkan partisipasi perempuan di investasi aset kripto dan dalam rangka momen International Women’s Day 2022, Tokocrypto menyelenggarakan program Perempuan #SiapLebih dengan berbagai keuntungan. Para investor kripto perempuan bisa mengikuti Trading Competition dengan total hadiah lebih dari Rp 100.000.000 selama periode mulai 1 Maret 2022 10.00 WIB hingga 15 Maret 2022 23.59 WIB.

Selain itu, selaras dengan semangat women support women, bagi investor perempuan yang baru bergabung menjadi nasabah Tokocrypto dan telah menyelesaikan proses Know Your Customer (KYC) bisa mendapatkan aset kripto gratis berupa, token TKO. Periode program ini berlaku mulai 1-31 Maret 2022.

Semua program Perempuan #SiapLebih dari Tokocrypto selengkapnya bisa simak di sini. Download aplikasi Tokocrypto di Google Play Store dan Apple Store Apps.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular