Connect with us

Crypto

Trader Kripto Dibayangi Masalah Kesehatan Mental, Ini Cara Cegahnya

Published

on

Ilustrasi investasi dan trading aset kripto diklaim bikin problem kesehatan mental.

Investasi maupun trading aset kripto memang kerap membawa kecemasan. Apalagi, pergerakan nilai dari kripto ini terbilang volatil dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Kecemasan yang muncul dari investasi maupun trading kripto berpotensi menyebabkan masalah kejiwaan serius. Selain itu, situasi isolasi dan kecemasan terkait pandemi, ditambah pasar kripto yang bergejolak, memperburuk masalah ini.

Menurut laporan Business Insider, beberapa terapis kejiwaan melihat ada peningkatan permintaan klien yang mencari bantuan untuk mengurangi kecanduan membeli dan menjual aset kripto dan masalah kesehatan mental.

Seorang terapis, Peter Klein yang berbasis di London, mengatakan banyak keluhan ada kecemasan dan keputusasaan tingkat tinggi tentang transaksi, terutama ketika pasar kripto yang bergejolak jatuh.

Ilustrasi investasi aset kripto.

Ilustrasi investasi aset kripto.

Baca juga: Kiat Perempuan Memulai Investasi Aset Kripto agar Mandiri Finansial

“Kebanyakan investor hanyalah orang biasa yang menguras seluruh uang tabungan mereka untuk bermain kripto. Mereka termakan realitas nyata yang tak seindah ekspektasi. Klaim investasi kripto bisa bikin orang cepat kaya dan bahagia hanyalah kebohongan belaka,” kata Klein dilansir Business Insider.

Lebih lanjut, Klein menduga para investor dan trader membutuhkan bantuannya karena permintaan yang meningkat dan kurangnya dukungan kesehatan mental di komunitas kripto.

Investor dan Trader Aset Kripto Sulit Cari Dukungan

Kecemasan dan kerapuhan jiwa yang terjadi membuat investor dan trader kripto mencari dukungan. Namun, terlepas dari tekanan hebat yang dialami sejumlah investor kripto, sulit bagi mereka untuk mencari dukungan atau bahkan menceritakan masalah mereka.

Advertisement

Forum-forum atau komunitas aset kripto di situs Reddit dan Twitter malah menganggap remeh masalahnya. Banyak orang yang mengeluarkan kata-kata yang bukan memberi dukung, tapi memandang sebelah mata, masalah yang dihadapi.

Dilansir Vice, ungkapan “Jangan jadi penakut, HODL (Hold on for Dear Life)” merupakan reaksi yang paling sering muncul saat orang berkeluh kesah. Dengan kata lain, jangan gampang menyerah setelah rugi, teruslah bertahan sampai harga naik lagi.

Ungkapan itu pung menjadi meme yang secara teratur beredar saat pasar jatuh, sebagai bagian pernyataan stres dan kerugian sudah menjadi risiko berinvestasi.

Ilustrasi investasi dan trading aset kripto.

Ilustrasi investasi dan trading aset kripto.

Baca juga: Investasi Aset Kripto Bisa Jadi Passive Income untuk Perempuan

Cara Cegah Anxiety saat Investasi dan Trading Aset Kripto

Kata “HODL” sering menjadi ungkapan penyemangat di kalangan pegiat aset kripto. Saat ini ungkapan itu banyak dikeluarkan oleh banyak investor guna menjaga kewarasan mereka selama berinvestasi.

Salah satu mencegah kecemasan yang timbul dari investasi dan trading aset kripto adalah sedini mungkin sebelum memulai pelajari manajemen risiko investasi. Hal ini penting karena investor dituntut memahami proses mengenal risiko apa saja yang terkandung dalam suatu aset investasi dan mengontrolnya dengan cara terbaik.

Tujuan akhirnya agar investor dapat membedakan risiko mana yang dapat dikendalikan dan mana yang tidak dapat dikendalikan, kemudian meminimalkan potensi risiko-risiko tersebut dalam portofolio aset. Manajemen keuangan juga penting dengan memisahkan dana pribadi untuk kebutuhan dan investasi.

Ketahui juga kamu apakah cocok dari investor saja untuk investasi jangka panjang, atau sebagai trader guna mencari keuntungan jangka pendek. Seorang trader dibutuhkan teknis khusus dan banyak pengalaman yang harus dipelajari untuk meraih hasil profit yang maksimal.

Advertisement

Baca juga: 3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Cocok untuk Pemula

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular