Connect with us

Market News

Simak Keuntungan Punya Usaha Sampingan beserta Rekomendasinya!

Published

on

illustrasi usaha sampingan

Saat ini, side job atau usaha sampingan menjadi salah satu yang banyak dicari orang. Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena tuntutan biaya kehidupan sehari-hari yang semakin mahal dan menuntut kita untuk mencari sumber dana yang lain. Selain itu, usaha sampingan juga sering dijadikan ‘pelarian’ oleh mereka yang memiliki keahlian di satu bidang tertentu, tetapi tidak bisa disalurkan dalam pekerjaan utamanya. 

Namun, sebenarnya apa sih usaha sampingan, lalu apa keuntungannya, dan apa saja pekerjaan yang sedang populer dicari orang? Yuk, baca artikel ini selengkapnya!

Mengenal Usaha Sampingan

Usaha sampingan merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang di luar pekerjaan utama yang dimilikinya. Misalnya, seseorang bekerja sebagai pegawai kantoran. Kemudian, setelah pekerjaan tersebut selesai, ia pun melaksanakan pekerjaan lain. Nah, pekerjaan ini biasanya bersifat lebih ringan dan tidak memakan banyak waktu seperti pekerjaan utamanya, sebab porsi yang dibebankan juga berbeda. 

Sistem yang digunakan oleh pekerjaan sampingan biasanya berupa part-time atau paruh waktu juga freelance atau lepas. Jika part-time harus dilakukan dalam jangka waktu tertentu, freelance sifatnya lebih bebas mengikuti kemampuan si pekerja, selama tetap mematuhi deadline.

Lalu, bagaimana sih cara memilih usaha sampingan?

Biasanya, seseorang memilih suatu pekerjaan sebagai usaha sampingan karena sesuai dengan hobi dan keahlian yang dimilikinya, tetapi tidak bisa disalurkan melalui pekerjaan utama. Misalnya, seseorang tersebut berbakat di bidang editing, ilustrasi, hingga membuat musik, tetapi pekerjaan utamanya tidak mencakup tugas tersebut.

Jadi, banyak orang memutuskan untuk memiliki usaha sampingan untuk menyalurkan bakat yang dimilikinya. Meski begitu, tidak sedikit pula yang memiliki pekerjaan sampingan karena dapat dijadikan sumber pendapatan tambahan. Lumayan, kan, selain dari pekerjaan utama, pekerjaan sampingan juga bisa membuat dompet semakin menghijau.

3 Keuntungan Punya Usaha Sampingan

usaha sampingan yang menguntungkan

Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang akhirnya memilih untuk bekerja sampingan karena hal tersebut membawa banyak keuntungan bagi mereka. Berikut di antaranya:

Passive income

Yep, seperti yang telah dibahas di atas, usaha sampingan bisa memberikan Anda passive income. Kini, sumber pendapatan Anda tidak hanya berasal dari pekerjaan utama yang Anda jalankan, tetapi juga dari pekerjaan-pekerjaan yang Anda lakukan secara sampingan. Anda pun dapat mengalokasikan pendapatan ke pos lain, seperti menabung dan investasi.

Baca juga: Inilah Tips Sebelum Memulai Investasi bagi Anak Muda

Berkat hal tersebut, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan lebih cepat. Sebagai contoh, Anda memiliki kemampuan menulis yang baik dan memiliki pekerjaan sampingan sebagai penulis blog. Dengan demikian, tiap kali sejumlah tulisan Anda submit dan disetujui, Anda akan langsung mendapatkan pembayaran. Tidak perlu menunggu selama satu bulan seperti yang terjadi pada pekerjaan utama Anda.

Jam kerja lebih fleksibel

Keuntungan lainnya adalah dalam hal jam kerja. Jika pekerjaan utama mengharuskan Anda bekerja di kantor selama 8 jam setiap harinya, berbeda dengan usaha sampingan. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sampingan Anda sesuka hati, selama masih sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Bahkan, Anda pun bisa menyelesaikannya di akhir pekan.

Akan tetapi, hal ini tidak terlalu berlaku bagi pekerjaan sampingan yang bersifat part-time. Sebab, biasanya jam kerja part-time sudah ditentukan jangka waktunya, misalnya 4 jam bekerja pada hari Sabtu dan Minggu. Walaupun begitu, tetap saja jam kerjanya bisa disesuaikan dengan pekerjaan utama Anda.

Menambah relasi dan pengalaman

Terakhir, tentunya dengan memiliki usaha sampingan akan secara otomatis menambah relasi juga pengalaman. Pekerjaan sampingan pasti mengharuskan Anda berinteraksi dengan klien dan pihak lain yang baru Anda kenal. Dari sana, Anda akan menjalin hubungan profesional dan akan lebih banyak orang yang mengetahui kemampuan Anda.

Selain relasi, pengalaman yang Anda miliki pun akan bertambah. Hal ini tak kalah penting, sebab pengalaman bisa Anda jadikan track record untuk melamar ke pekerjaan yang selanjutnya. Baik itu pekerjaan utama, ataupun pekerjaan sampingan yang lain. Alhasil, semakin banyak pula nilai tambah yang Anda punya.

Rekomendasi Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan Hanya dari Rumah

rekomendasi usaha sampingan yang menguntungkan

Sekarang, mungkin Anda bertanya-tanya apa saja sih pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba? Jangan khawatir, kami sudah merangkum tiga pekerjaan yang populer dan bisa dilakukan secara remote alias dari mana saja, yaitu:

Dropshipper

Salah satu rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba adalah dropshipper. Cara kerja dropshipper memang 11:12 dengan reseller, tetapi mereka yang bekerja sebagai dropshipper hanya ditugaskan untuk mempromosikan produk dari suatu bisnis. Sehingga, para dropshipper tidak perlu melakukan kegiatan transaksi dengan pembeli.

Saat mereka berhasil mempromosikan produk dan membuat calon pelanggan tertarik, komunikasi akan dilanjutkan ke supplier. Setelah supplier mengkonfirmasi dan terjadi transaksi pembelian, produk akan dikirimkan langsung ke pelanggan oleh supplier dengan mencantumkan nama dropshipper sebagai penjual.

Freelance digital marketing

Tak kalah populer, pekerjaan sampingan selanjutnya adalah freelance digital marketing. Pekerjaan ini masih terus dicari karena saat ini hampir semua kegiatan marketing dilakukan secara online. Komponen digital marketing pun beragam, sehingga banyak orang yang bisa mencoba peruntungan di bidang tersebut.

Mulai dari penulis artikel, graphic designer, atau bahkan strategic planner yang menyusun strategi marketing suatu brand atau produk. Tentunya, semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong aktivitas pemasaran brand, sehingga brand bisa lebih dikenal luas dan menciptakan pembelian. 

Investasi aset kripto

Ide usaha sampingan yang juga sedang menarik perhatian banyak orang adalah dengan berinvestasi aset kripto. Investasi aset kripto memang sedang booming terutama di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, investasi yang dilakukan dengan benar sudah terbukti bisa membawa keuntungan. Selain itu, karena seluruh kegiatan dilakukan secara digital, para investor bisa melakukannya dari mana saja.

Meski bisa dijadikan alternatif untuk usaha sampingan, perlu diingat untuk tetap menggunakan uang dingin sebagai modal awal, ya. Maksudnya, modal tersebut harus terdiri dari dana yang memang sengaja disisihkan untuk berinvestasi dan bukan untuk operasional. Hal ini agar Anda bisa lebih tenang apabila dihadapkan dengan risiko investasi.

Nah, untuk memulai investasi aset kripto juga tidak sulit. Ada tiga hal utama yang harus dipersiapkan oleh pemula sebelum berinvestasi. Pertama adalah dana investasi, yang berasal dari uang dingin. Kedua yaitu aset kripto yang akan diinvestasikan, di mana bisa diketahui melalui riset pasar. Ketiga atau yang terakhir yaitu exchange kripto yang akan dipilih untuk jual-beli.

Sama seperti memilih aset kripto mana yang potensial dan bisa membawa keberuntungan, dalam memilih exchange kripto juga diperlukan perhatian khusus. Sebab, exchange yang digunakan harus terpercaya dan resmi terdaftar di Bappebti, seperti Tokocrypto. Lalu, setelah registrasi dan menyelesaikan KYC, barulah bisa mulai investasi aset kripto.

Baca juga: Ikuti 3 Tips Ini untuk Dapatkan Manfaat Investasi Kripto!

Ternyata, salah satu usaha sampingan yang sedang diminati adalah investasi aset kripto, ya. Meski dianggap menguntungkan, investor juga tetap harus selalu menggunakan strategi agar investasi terus berjalan dengan lancar dan tentunya bawa cuan, ya. Tunggu apa lagi? Segera selesaikan KYC Anda dan mulai investasi aset kripto di Tokocrypto! Kunjungi Tokonews dan gabung di Komunitas Tokocrypto untuk informasi dan tips and trick terlengkap seputar aset kripto.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Market

Melihat Proyeksi Market Aset Kripto di Akhir Tahun 2022

Published

on

Ilustrasi candlesticks di investasi aset kripto.

Sepanjang November lalu, market kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung turun tajam. Lalu, bagaimana dengan proyeksi market kripto bulan Desember?

Belum reda masalah dari Terra Luna dan Three Arrow Capital, pasar kripto di bulan ini harus menghadapi masalah yang lebih besar.  Bursa kripto FTX yang sempat memiliki valuasi senilai US$ 32 miliar harus bangkrut karena krisis likuidasi.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan akhir tahun ini mungkin bisa menjadi awal dari masa pemulihan, namun harus disikapi dengan kehati-hatian. Kehancuran FTX ini pun menyebabkan pasar kripto harus menderita dan menyebabkan investor khawatir dan panik.

“Bulan Desember ini mungkin akan menjadi masa pemulihan dari keterpurukan market yang hancur pada November lalu berkaitan dengan runtuhnya FTX. Selain itu, kita mesti optimis dengan proyeksi kebijakan The Fed yang bakal melunak untuk tidak terlalu agresif menaikkan suku bunga acuan di bulan ini,” kata Afid.

Kebijakan The Fed

Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.
Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.

Baca juga: Brasil Rilis Aturan Legalkan Kripto Sebagai Metode Pembayaran

Diketahui, Ketua The Fed, Jerome Powell, telah mengisyaratkan potensi penurunan kenaikan suku bunga di bulan Desember. Pertemuan FOMC sendiri akan dilaksanakan pada 13-14 Desember. Melunaknya sikap The Fed bisa menggenjot market kripto dan memberikan harapan kepada investor.

“Bila suku bunga jangka pendek akan meningkat sebesar 50 basis poin ke kisaran target 4,25 hingga 4,50%. Bisa membuat nilai Bitcoin sedikit meningkat dan kemungkinan akan bertahan hingga akhir Desember. Perlu dicatat bahwa pertemuan FOMC sering memicu volatilitas di pasar krpto,” jelas Afid.

Dengan volatilitas yang merendah dari imbas FTX serta potensi pelambatan dalam kenaikan suku bunga The Fed, Bitcoin dan Ethereum kemungkinan akan mengalami bullish di bulan Desember.

Reli Sinterklas

Ilustrasi investasi aset kripto
Ilustrasi investasi aset kripto.

Baca juga: Telegram Berencana Bikin Exchange dan Wallet Kripto Terdesentralisasi

Afid juga berharap akan ada fenomena “Reli Sinterklas.” Reli Sinterklas adalah fenomena di mana pasar saham reli pada hari-hari menjelang Natal. Oleh karena itu, investor percaya bahwa Desember adalah bulan keberuntungan bagi saham yang juga dapat membantu Bitcoin dan pasar kripto untuk menguat.

“Investor percaya bahwa reli Sinterklas di pasar saham akan mengalir ke pasar kripto membuat harga Bitcoin melonjak pada bulan Desember,” jelas Afid.

Di sisi lain, efek reli Sinterklas diklaim sudah tidak relevan lagi. Pada tahun 2021, Bitcoin mencapai level tertinggi sepanjang masa sebesar US$ 69.044 pada bulan November, tetapi harganya turun pada bulan Desember.

Rawan Taking Profit

Pasar kripto bernasib baik hingga November 2021, tetapi turun pada bulan Desember tanpa efek reli Sinterklas. Hal ini yang membuat analis sulit melihat proyeksi market kripto pada akhir tahun 2022 ini.

Market kripto juga rawan dari aksi taking profit yang masif dilakukan oleh investor di bulan Desember ini. Biasanya, investor akan lebih membutuhkan uang tunai, daripada berinvestasi di musim liburan akhir tahun.

“Harga kripto di bulan Desember bisa jadi sideways, karena investor sedang dalam mood untuk musim liburan dan biasanya taking profit, sehingga beristirahat pada aktivitas pasar,” pungkas Afid.

Continue Reading

Market

NGOBRAS Spesial: Prediksi Market Kripto dan NFT di Akhir Tahun 2022

Published

on

NGOBRAS Spesial: Bahas Prediksi Market Kripto dan NFT di Akhir Tahun 2022.

Tidak terasa tahun 2022 telah memasuki babak akhir. Di Desember ini, diharapkan menjadi bulan yang baik untuk market kripto dan NFT pulih dan menguntungkan bagi investor.

Untuk membahas lengkap mengenai prediksi market kripto di akhir tahun 2022 ini, NGOBRAS hadir dengan video edisi spesial. Kali ini, bukan hanya Trader Tokocrypto, Afid Sugiono dan Adriansah dari TokoScholar saja yang membahas soal market, tetapi kedatangan bintang tamu Dennis Adhiswara.

Baca juga: NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Dogecoin dan MobileCoin

Mereka bertiga akan kupas tuntas prediksi market kripto dan token-token apa saja yang menjadi watchlist pekan ini dan diskusi soal masa depan NFT. Tapi, sekali lagi ini bukan rekomendasi atau financial advice. Perlu riset mendalam tentang token atau koin yang disampaikan dalam video NGOBRAS edisi spesial ini.

Penasaran? Yuk simak video lengkapnya di bawah ini.

Continue Reading

Market

NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Dogecoin dan MobileCoin

Published

on

NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Dogecoin dan MobileCoin Pekan Ini.

Dari banyaknya aset kripto potensi bullish pekan ini, ada nama Dogecoin (DOGE) dan MobileCoin (MOB). Keduanya memiliki sentimen positif yang digadang-gadang bisa mendorong harganya meroket.

Kabar potensi Dogecoin dan MobileCoin dikaitkan dengan karena rencana Elon Musk untuk merilis Twitter 2.0. DOGE dan MOB dikaitkan akan masuk dalam ekosistem terbaru dari Twitter tersebut.

Untuk membahas selengkapnya mengenai Dogecoin dan MobileCoin yang potensi bullish pekan ini bisa simak video terbaru dari NGOBRAS Season 2: Episode 7. Selain itu, Trader Tokocrypto, Afid Sugiono dan Adriansah dari TokoScholar juga akan membagikan watchlist token/koin lainnya yang bisa menjadi pegangan investor maupun trader untuk mendapatkan cuan.

5 Prediksi Dogecoin (DOGE) di Tahun 2022
Ilustrasi aset kripto Dogecoin.

Baca juga: Perusahaan Kripto BlockFi Ajukan Bangkrut Imbas FTX Runtuh

Namun, sekali lagi ini bukan rekomendasi atau financial advice. Perlu riset mendalam tentang token atau koin yang disampaikan dalam video NGOBRAS Season 2.

Afid dan Rian juga bahas berita ter-update lainnya seputar dunia kripto dan blockchain. Perlu diketahui, kabar-kabar ini bisa menjadi sentimen pendorong dari pergerakan market kripto selama sepekan belakang.

Penasaran? Yuk simak video lengkapnya di bawah ini.

Continue Reading

Popular