Connect with us

NFT

NFT Solana Resmi Terdaftar di OpenSea

Published

on

NFT Solana Resmi Terdaftar di OpenSea

NFT berbasis Solana kini resmi terdaftar di OpenSea. Dukungan tersebut menandakan blockchain Solana telah tersedia untuk diperdagangkan di NFT marketplace terkemuka dalam sektor tersebut.

OpenSea sendiri, terutama koleksi yang berbasis di blockchain Ethereum, telah mendominasi ruang perdagangan NFT. Dengan tambahan Solana, OpenSea kini mengakomodasi koleksi dari ekosistem NFT terbesar kedua di luar Ethereum.

Menurut laporan market terbaru, dukungan Solana telah ditambahkan dalam versi beta dengan cakupan koleksi terbatas.

OpenSea mengatakan bahwa saat ini mereka mendukung 165 koleksi, namun jika investor mencari market berdasarkan chain, ini menunjukkan lebih dari 865.000 total NFT yang dicetak di Solana.

Baca juga: Kenalan dengan Anak 12 Tahun Raup Cuan Rp 14 Triliun dari NFT

OpenSea Mendukung NFT Solana

Dalam market, sudah banyak koleksi NFT Solana yang memiliki popularitas tinggi. Sebut saja Solana Monkey Business, DeGods, Degenerate Ape Academy, Aurory, dan Shadowy Super Coder.

Blockchain Solana juga menawarkan biaya transaksi yang jauh lebih rendah daripada Ethereum, dengan mekanisme jaringan yang hemat energi namun dapat menangani sejumlah besar transaksi sekaligus.

Baca juga: Starbucks Dikonfirmasi Bergabung dengan Bisnis Metaverse

Oleh karena itu, kedatangan Solana di OpenSea memang sudah lama dinanti. 

Sebelumnya, NFT berbasis Solana telah ditayangkan secara langsung di OpenSea sebelum pengumuman resmi diungkapkan, tetapi hilang hanya dalam beberapa jam. 

Usut punya usut, ketiadaan itu bertepatan dengan masalah jaringan Solana yang membuat banyak orang di media sosial berspekulasi bahwa OpenSea telah menarik kembali peluncurannya sebagai akibat dari kemacetan jaringan. Namun, OpenSea tidak mengatakan apapun secara resmi terkait hal itu. 

Sementara sebagai NFT marketplace terkemuka, OpenSea saat ini secara teratur menangani volume perdagangan bernilai miliaran dolar AS setiap bulan.

Sumber

NFT

Crypto.com Gandeng Coca-Cola Rilis NFT Piala Dunia FIFA 2022

Published

on

Crypto.com Gandeng Coca-Cola Rilis NFT Piala Dunia FIFA 2022.

Coca-Cola dan Crypto.com merilis koleksi NFT ‘Piece of Magic’ unik yang terinspirasi oleh Piala Dunia FIFA 2022. Menyusul berita tersebut, token kripto CRO yang berkaitan dengan Crypto.com melonjak tinggi.

Koleksi NFT hasil kolaborasi ini akan menghadirkan 10.000 item yang menampilkan potongan-potongan sejarah pertandingan yang berlangsung di Qatar. Karya digital ini dibuat oleh GMUNK, seniman NFT terkemuka yang telah bekerja di ruang digital selama lebih dari 20 tahun termasuk menjadi jenius kreatif di balik tampilan sci-fi film Hollywood Tron: Legacy and Oblivion.

GMUNK melakukan pembuata desain dengan melacak pergerakan pemain dalam game dalam pertandingan dan menuangkannya menjadi sebuah karya artistik.

Kolaborasi Seni dan Olahraga

Menggabungkan seni digital dan sepak bola, inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Coca-Cola dan Crypto.com untuk terus menghadirkan momen ajaib bagi para penggemar selama Piala Dunia dalam bentuk NFT.

Ilustrasi Piala Dunia 2022.
Ilustrasi Piala Dunia 2022.

Baca juga: Bos BI: Belanja hingga Beli Rumah di Metaverse Bisa Pakai Rupiah Digital

NFT akan tersedia untuk penggemar sepak bola secara global setelah mereka mendaftar untuk akun platform NFT Crypto.com. Yang harus dilakukan oleh semua penggemar yang memenuhi syarat adalah mendaftar di halaman Fanzone Coca-Cola dan mengklik spanduk NFT untuk mendapat kesempatan memiliki Coca-Cola ‘Piece of Magic’ bentuk memorabilia terbaru yang akan hidup selamanya di blockchain.

FIFA World Cup General Manager at The Coca-Cola Company, Nazli Berberoglu, mengatakan Piala Dunia FIFA di Qatar adalah tentang menghidupkan momen ajaib di dalam dan di luar lapangan untuk jutaan penggemar

“Kolaborasi luar biasa dengan GMUNK ini akan menampilkan 10.000 ‘Pieces of Magic’ yang menakjubkan dan unik dalam bentuk NFT yang tersedia untuk dimiliki penggemar selamanya,” kata Berberoglu dalam keterangan resminya.

“Piala Dunia FIFA tahun ini akan menjadi yang pertama memanfaatkan teknologi Web3,” kata Steven Kalifowitz, Chief Marketing Officer di Crypto.com.

“Merupakan suatu kehormatan untuk bermitra dengan Coca-Cola dan GMUNK untuk mengabadikan pertandingan bersejarah ini yang akan selamanya terekam di blockchain. Bersama-sama kita menciptakan bentuk memorabilia yang benar-benar baru.”

Continue Reading

NFT

Porsche Optimis Masuk Dunia Web3 Rilis Koleksi NFT Pertama

Published

on

Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.

Pabrikan mobil sport, Porsche mulai bergerak untuk secara resmi masuk ke industri blockchain dan meluncurkan rencana awal untuk masa depannya di dunia web3. Sebagai langkah pertama, Porsche dikabarkan akan merilis koleksi NFT pertamanya.

Proyek web3 pertama yang direncanakan Porsche adalah koleksi NFT 7.500 bagian berdasarkan model Porsche 911 klasik. NFT dijadwalkan akan dirilis pada Januari 2023, dan Hamburg designer serta artis 3D, Patrick Vogel akan membuat setiap bagian dari koleksi tersebut.

Setelah melakukan pembelian, pemegang akan membantu membentuk desain NFT masing-masing. Secara khusus, individu akan dapat memilih “route” atau kategori untuk NFT mereka — Performance, Lifestyle, atau Heritage.

Utilitas Porsche NFT

Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.
Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.

Baca juga: World Blockchain Summit Bangkok 2022 Digelar Desember Mendatang

Setiap route mewujudkan aspek tertentu dari identitas merek premium Porsche dan akan memengaruhi keseluruhan desain dan karakter NFT. Selama beberapa bulan berikutnya, Vogel akan bekerja dengan masukan pengguna ini yang berasal dari penjualan awal untuk menyiapkan setiap NFT sebagai aset 3D khusus di Unreal Engine 5.

Selain membantu membentuk estetika NFT mereka, pemilik juga akan mendapatkan akses eksklusif ke pengalaman di dunia maya dan nyata. Namun, koleksi NFT ini hanyalah awal dari rencana Web3 Porsche.

“Kami telah membuat komitmen untuk jangka panjang, dan tim Web3 kami juga memiliki kebebasan untuk mengembangkan inovasi dalam dimensi ini,” kata Lutz Meschke, Porsche’s Deputy Chairman dan anggota dewan eksekutif untuk keuangan dan TI.

Porsche, Web3 dan Blockchain

Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.
Ilustrasi NFT Porsche. Foto: Porsche.

Baca juga: Raja Kripto Hong Kong Tiantian Kullander Meninggal Dunia

Porsche juga bekerja untuk mengintegrasikan teknologi blockchain ke dalam proses yang ada (dan yang akan datang). Secara khusus, perusahaan mencatat bahwa tim manajemen inovasi melihat janji dalam memindahkan pengalaman pembelian dan rantai pasokan ke Web3. Masalah kendaraan dan keberlanjutan juga sedang dieksplorasi.

Deniz Keskin, Direktur Manajemen Merek dan Kemitraan Porsche, mencatat bahwa Web3 menawarkan cara bagi perusahaan untuk memberikan pengalaman digital baru kepada konsumennya. Terlebih lagi, NFT dan teknologi Web3 lainnya memperluas proses kreatif, memungkinkan merek untuk berkreasi bersama dengan pelanggan mereka dan memberikan lebih banyak pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

“Bertualang ke area baru selalu menjadi semangat merek kami,” kata Keskin.

“Kami sangat senang memasuki Web3 dengan koleksi NFT pertama kami. Tujuan kami adalah perluasan merek kami ke lingkungan yang sepenuhnya digital. Dan idealnya, untuk bertemu teman baru di sepanjang jalan.”

Continue Reading

NFT

Mattel Luncurkan Marketplace NFT dan Koleksi NFT Hot Wheels

Published

on

Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.

Mattel telah meluncurkan marketplace NFT sendiri menjadi bagian dari Mattel Creations. NFT Hot Wheels Garage, menjadi koleksi pertama Mattel Digital Collectibles yang akan diluncurkan pada 15 Desember mendatang.

Mattel Creations Digital Collectibles Marketplace dibangun di atas blockchain Flow, jaringan yang cepat, terdesentralisasi, dan ramah lingkungan yang dirancang untuk mendukung aplikasi terdesentralisasi skala konsumen yang melayani audiens arus utama.

Dikembangkan oleh tim yang sama di belakang mobil die-cast Hot Wheels, Series 4 dari NFT Hot Wheels Garage adalah cara terbaru bagi para penggemar untuk mengumpulkan karya seni digital yang berharga dan langka dari IP Mattel yang ikonik dan menampilkan beberapa desain mobil paling populer dalam format digital.

Mobil Koleksi NFT Hot Wheels

Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.
Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.

Baca juga: Justin Bieber Beli NFT Bored Ape Rp 20 M, Berapa Harga Sekarang?

Karya seni Series 4 terdiri dari 60 mobil dari McLaren, Chevrolet, Honda, Aston Martin, Oldsmobile, Pagani, dan Cadillac, serta banyak Hot Wheels original. Dijual dalam kemasan dengan harga masing-masing US$ 25, pelanggan dapat membeli hingga delapan paket per transaksi. Setiap paket mencakup tujuh item NFT Hot Wheels dari tiga kategori: empat item Basic, dua item Epic, dan satu item Rare.

Kolektor yang cukup beruntung untuk menerima koleksi digital Premium atau Treasure Hunt (Pagani Huayra, ’82 Cadillac Seville, ’69 COPO Corvette, Chevy Silverado Off Road, atau McLaren F1 GTR) akan dapat menukarnya dengan replika die-cast fisik. Mobil die-cast kelas premium ini termasuk di antara beberapa kendaraan Hot Wheels paling langka.

Fokus Bisnis Digital

Mattel tidak akan mengharuskan pengguna memiliki aset kripto untuk melakukan pembelian dan akan mengintegrasikan platform perdagangan peer-to-peer yang akan memungkinkan kolektor untuk memperdagangkan koleksi digital mereka di awal tahun 2023.

Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.
Mattel luncurkan koleksi NFT Hot Wheels perluas bisnis digital. Foto: Mattel.

Baca juga: Bappebti Terbitkan Regulasi Baru Lindungi Investor Kripto di Indonesia

“Dengan meluncurkan marketplace sendiri, kami dapat menerjemahkan IP Mattel yang ikonik ke dalam seni digital, terlibat langsung dengan pelanggan kami dan memberikan pengalaman pengguna yang terbaik di kelasnya,” kata Ron Friedman, Wakil Presiden di Mattel Future Lab.

“Ini adalah evolusi terbaru dari upaya digital kami, dan kami berharap dapat segera membagikan lebih banyak tetes yang terinspirasi oleh beberapa merek Mattel favorit dunia.”

Mattel adalah perusahaan mainan pertama yang meluncurkan NFT dan terus berkembang dalam koleksi digitalnya. Rilisan Hot Wheels NFT Garage sebelumnya langsung terjual habis, begitu pula koleksi koleksi digital Barbie bekerja sama dengan rumah mode, Balmain.

Continue Reading

Popular