Connect with us

NFT

Kenalan Sama Onde NFT, Cukup Hold NFT-nya Langsung Dapet Passive Income

Published

on

Hold ONDE NFT Sekarang juga

Seiring dengan bertumbuhnya industri NFT secara global maupun nasional, semakin banyak juga proyek-proyek NFT yang bermunculan dan menjadi sorotan dari komunitas. Salah satu yang ditunggu adalah OnDecentralized Finance atau yang disebut Onde NFT.

Onde NFT merupakan sebuah proyek yang menghadirkan inovasi di kancah NFT, dengan menawarkan rewards dalam bentuk kripto kepada seluruh holders atau pemegang koleksi Onde. Inovasi ini membuat seluruh holders berkesempatan untuk mendapat passive income cukup dengan memiliki koleksi Onde NFT.

Lalu, apa sih yang membuat Onde NFT berbeda?

  • Onde NFT mengedepankan kemudahan bagi holders untuk mendapatkan rewards dalam bentuk kripto. Para holders tidak perlu report karena proses rewards tersebut diatur oleh Onde.
  • Onde NFT menawarkan nilai lebih bagi para holders yang fokus bagi keuntungan mereka. Dengan misi untuk menjembatani CeFi dan DeFi bagi pemula, Onde NFT menawarkan item collectibles sekaligus membantu mengatur manajemen aset kripto bagi para holders yang mungkin masih awam atas keduanya.
  • Koleksi NFT memiliki risiko volatilitas yang lebih rendah dibandingkan aset kripto, sehingga nilai investasi yang dimiliki cenderung lebih stabil.
  • Onde NFT pun hadir di BNB Chain dengan tujuan menghadirkan biaya transaksi dan operasional yang lebih terjangkau.

Baca juga: TokoMall Bakal Hadir di Indo NFT Festiverse, Festival NFT Terbesar di Indonesia

Makin penasaran kan? Terlebih lagi infonya rilis pertama ini akan terbatas hanya 1,500 koleksi saja, lho! Onde NFT ini akan dibagi ke beberapa kategori seperti Bronze, Silver, Gold, dan Platinum dimana menawarkan benefit yang berbeda dan kamu bisa mendapatkan rewards aset kripto dengan APY hingga 25%!!

Jika berbicara mengenai utilitas, Onde NFT memiliki deretan utilitas yang akan hadir di ekosistemnya. Fokus saat ini memang pada rewards dalam bentuk aset kripto tapi kedepannya dihadirkan akses ke Game-Fi, Lending & Borrowing, Web2 Connectivity, dan lainnya.

Gimana, udah bikin mau hold Onde NFT belum? Jangan ketinggalan campaign Whitelist (WL) mereka cuma sampai 8 April 2022 aja! Adapun private sales akan dimulai pada 13 – 14 April 2022 dan Public Sales di 15 – 18 April 2022. Yuk langsung intip detail dan join WL nya sekarang di sini!

NFT

Meta Hentikan Fitur NFT di Instagram dan Facebook, Ada Apa?

Published

on

Meta akhirnya rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.

Meta menghentikan fitur non-fungible token (NFT) di platform media sosial Facebook dan Instagram. Perlu diketahui, fitur NFT ini baru hadir kurang dari setahun dan sempat mendapatkan sambutan baik dari para kreator.

Juru bicara Meta, Joshua Gunter, mengatakan perusahaan akan mengakhiri pengujian pembuatan dan penjualan NFT di Instagram, serta kemampuan untuk membagikan NFT di Instagram dan Facebook dalam beberapa minggu mendatang.

Integrasi NFT tersebut tampaknya menjadi salah satu korban dari dorongan CEO Meta, Mark Zuckerberg untuk menjadikan tahun 2023 sebagai “tahun efisiensi,” bersama dengan program Reels Play. Nasib fitur NFT ini mengikuti jejak penutupan proyek aset kripto, Diem yang didukung Meta dan wallet digital, Novi yang dikenalkan Meta pada tahun lalu.

Alih Fokus

Meta akhirnya rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.
Meta rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.

Baca juga: 6 Cara Belajar Main Kripto untuk Pemula yang Baik dan Bijak

Meta Commerce and Fintech lead, Stephane Kasriel, menjelaskan perusahaan akan fokus pada fitur lain untuk memberikan pengalaman yang terbaik kepada pengguna dan mendukung kreativitas serta peningkatan ekonomi kreator, individu, dan bisnis.

“Di seluruh perusahaan, kami mencermati apa yang kami prioritaskan untuk meningkatkan fokus kami,” kata Kasriel .

“Kami menghentikan koleksi digital (NFT) untuk saat ini guna berfokus pada cara lain untuk mendukung kreator, orang, dan bisnis.” Alih-alih, perusahaan berfokus pada “area di mana kami dapat memberikan dampak dalam skala besar”, seperti perpesanan dan monetisasi di Reels dan peningkatan Meta Pay.

Proyek Digital

Kasriel tidak merinci mengapa Meta membalikkan arah pada NFT, yang menurut Zuckerberg dapat berperan dalam pertumbuhan perusahaan dalam rencana proyek metaverse.“Saya harap Anda tahu, pakaian yang dikenakan avatar Anda di metaverse, Anda tahu, pada dasarnya dapat dicetak sebagai NFT dan Anda dapat membawanya di antara tempat yang berbeda,” katanya Zuckerberg saat penampilan SXSW tahun lalu.

Meta akhirnya rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.
Meta rilis fitur Instagram NFT. Sumber: Meta Platforms, Inc.

Baca juga: Alasan Bitcoin Dekati Harga US$ 25.000, Pasca Kejatuhan Signature Bank

Tapi itu bukan satu-satunya inisiatif ambisius yang gagal dalam setahun terakhir. Meta juga menutup wallet kriptonya, Novi, yang pernah dikabarkan memiliki dukungan NFTpada peta jalannya, tahun lalu. Perusahaan juga telah menghentikan proyek dengan divisi metaverse-nya, Reality Labs, dan programnya yang berbayar bonus kepada pembuat Reel.

Namun, bahkan ketika Meta keluar dari NFT, perusahaan lain bergegas memasuki pasar aset digital ini. Reddit terus mempromosikan avatar “koleksi digital” yang merupakan NFT , Starbucks baru- baru ini menjual mengeluarkan pilihan 2.000 NFT bernilai US$ 100 dalam program loyalitas pelanggan Odyssey, dan Sesame Street baru saja mengumumkan kolaborasi NFT.

Continue Reading

NFT

Masuk Bisnis Web3, Amazon Bakal Rilis NFT Marketplace pada April 2023

Published

on

Amazon bakal rilis NFT marketplace pada April 2023. Sumber: Shutterstock.

Perusahaan teknologi raksasa, Amazon mantap merambah bisnis di dunia web3. Dilaporkan Amazon akan merilis platform NFT marketplace pada bulan April mendatang.

Amazon telah lama menguasai dunia e-commerce. Perusahaan milik Jeff Bezos itu mengungkap rencana untuk meluncurkan NFT marketplace sendiri. Rencana awal yang diresmikan pada Januari lalu, menyebutkan bahwa marketplace tersebut masih dalam pengembangan.

Namun, detail pasti kapan pasar akan diluncurkan dan siapa yang akan memimpin inisiatif tersebut pada awalnya tidak tersedia. Menurut data terbaru yang dibagikan oleh The Big Whale, Amazon NFT marketplace akan diluncurkan pada 24 April 2023.

Amazon NFT Marketplace

Amazon bakal rilis NFT marketplace pada April 2023. Sumber: Watcher Guru.
Amazon bakal rilis NFT marketplace pada April 2023. Sumber: Watcher Guru.

Baca juga: Nayib Bukele: Bitcoin Tingkatkan 95% Ekonomi Pariwisata El Salvador

Platform baru ini awalnya hanya dapat diakses oleh pengguna Amerika Serikat melalui tab “Amazon Digital Marketplace” di situs web. Negara lain secara bertahap akan segera dapat mengakses pasar.

Pasar dilaporkan akan diluncurkan lebih awal; namun ditunda karena berbagai alasan, termasuk jatuhnya FTX. Masuknya Amazon ke ranah NFT terjadi pada saat popularitas NFT tidak mencapai puncaknya.

Menurut detail yang diungkapkan oleh sumber yang mengetahui masalah tersebut, raksasa e-commerce tersebut akhirnya mempersiapkan diri untuk memulai perjalanan NFT-nya. Pasar NFT baru juga akan fokus pada game berbasis blockchain untuk pengguna, di mana mereka bisa mendapatkan aset digital sebagai imbalannya.

Barang Fisik

Selain itu, Amazon meletakkan dasar untuk memberi pelanggannya kemampuan untuk membeli NFT yang terkait dengan aset dunia nyata yang dikirimkan ke depan rumah mereka, menurut tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut.

ilustrasi stok nft
Ilustrasi NFT.

Baca juga: Daftar Aset Kripto yang Berkinerja Baik di Februari 2023

Pembeli Amazon, misalnya, akan dapat membeli NFT berorientasi mode yang diikat ke celana jeans – dan membayar dengan kartu kredit, kata sumber, sama seperti pembelian Amazon lainnya.

Langkah tersebut merupakan peningkatan yang signifikan dari langkah awal raksasa e-niaga tersebut dalam mengembangkan platform NFT , langkah yang sebelumnya dilaporkan oleh Blockworks. Dan perusahaan berencana untuk memberi tahu setiap pelanggan Amazon Prime – setidaknya di AS – tentang inisiatif koleksi digitalnya setelah ditayangkan, kata dua sumber tambahan.

Niat Amazon adalah untuk membuat beberapa jenis blockchain pribadi, kata beberapa sumber — menambahkan bahwa tidak jelas apakah itu dapat terjadi melalui percabangan dari protokol yang ada. Beberapa sumber mengatakan itu juga tidak pasti, sepengetahuan mereka saat publikasi, apakah token Amazon akan menjadi bagian dari kesepakatan.

Continue Reading

NFT

Apa Itu Bitcoin Ordinals? Alternatif NFT untuk Blockchain BTC

Published

on

Ilustrasi Bitcoin Ordinals. Alternatif NFT untuk Blockchain BTC. SUmber: Shutterstock.

Bitcoin sekarang mendukung fitur yang disebut Ordinals, memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan media on-chain dengan cara yang sebanding dengan token atau NFT yang tidak dapat dipertukarkan. Ordinal adalah hal baru yang menggemparkan Bitcoin.

Pengembang Bitcoin telah bekerja untuk membawa token atau NFT yang tidak dapat dipertukarkan ke blockchain nomor satu selama hampir satu dekade, dimulai pada tahun 2014 dengan Counterparty, pencipta koleksi Rare Pepe NFT, diikuti oleh Stacks pada tahun 2017. Proses berkembang setelah dapat menulis atau menorehkan data konten yang disimpan menjadi saksi transaksi Bitcoin . Ini diperkenalkan dalam peningkatan SegWit ke jaringan Bitcoin pada tahun 2017.

“Apa yang dihasilkan tim dengan Ordinals adalah jenius,” Alex Miller, CEO Hiro, pengembang platform smart contract layer-2 Stacks, mengatakan kepada Decrypt dalam sebuah wawancara. “Ini sangat inti dari etos Bitcoin karena mereka pada dasarnya mengambil beberapa hal berbeda dan menyatukannya dengan cara yang tidak diramalkan atau diharapkan oleh pembuat aslinya.”

Apa Itu Ordinals?

Ordinals adalah metode penyematan gambar dan media pada blockchain Bitcoin.

Ordinals dimungkinkan oleh peningkatan ke Bitcoin yang disebut Taproot, yang diperkenalkan pada tahun 2021. Namun, Ordinals tidak digunakan sampai pengembang blockchain, Casey Rodarmor meluncurkan ordinals inscriptions pada Januari 2023.

Penambahan ini memungkinkan pengguna untuk membuat satoshi inscribe — unit terkecil dari Bitcoin — dengan konten seperti gambar, teks, atau kode HTML.

Langkah pertama dalam pembuatan Ordinals adalah pengguna mengunduh Bitcoin Core dan menyinkronkan node ke blockchain. Setelah sinkronisasi selesai, langkah selanjutnya adalah membuat dompet Ordinals dan mengirimkan beberapa satoshi ke wallet tersebut.

Ilustrasi Bitcoin Ordinals. Alternatif NFT untuk Blockchain BTC. SUmber: Shutterstock.
Ilustrasi Bitcoin Ordinals. Alternatif NFT untuk Blockchain BTC. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Rihanna Rilis NFT Lagu Terpopulernya, Kolektor Bisa Dapat Royalti

Ordinals Berbeda dari NFT?

Ordinal sangat mirip dengan non-fungible token (NFT) karena mengandung media. Namun, mereka berbeda dalam satu hal penting: Semua data Ordinals disimpan secara on-chain.

Sebaliknya, NFT tradisional di Ethereum dan blockchain lainnya biasanya berisi tautan ke media yang disimpan di tempat lain — baik di layanan terdesentralisasi seperti IPFS atau di layanan terpusat seperti host web atau server data.

Ini berarti Ordinals harus bersifat permanen dan tahan terhadap kehilangan data seperti Bitcoin itu sendiri, sedangkan NFT dapat kehilangan media tertautnya jika terjadi kegagalan layanan.

Apakah Ordinals Ramah Energi?

Ethereum dan banyak blockchain lainnya telah beralih ke staking, artinya transaksi NFT tidak lagi membutuhkan energi dalam jumlah besar.

Bitcoin, bagaimanapun, masih bergantung pada proses penambangan kripto yang intensif energi. Dengan demikian, transaksi Ordinals sama menuntutnya dengan transaksi Bitcoin serupa.

Meskipun Bitcoin tidak akan mengakhiri ketergantungannya pada penambangan, langkah-langkah dapat diambil untuk memastikan bahwa penambangan dilakukan secara berkelanjutan. Faktanya, sekitar 60% penambangan Bitcoin saat ini dilakukan dengan energi terbarukan, menurut beberapa perkiraan baru-baru ini.

Di Mana Dapat Mengakses Ordinals?

Ordinals dapat dilihat di Ordinals.com. Pada 26 Februari, ada lebih dari 194.000 Bitcoin Ordinals, menurut data dari Dune Research.

ilustrasi konsep nft
Ilustrasi NFT.

Baca juga: Riset: Nilai Pasar NFT Indonesia Bisa Capai Rp 200 T pada Tahun 2028

Salah satu koleksi Ordinals yang paling populer adalah Taproot Wizards, serangkaian 2.099 penyihir yang digambar dengan gaya “MS Paint.” Ini sering digunakan dalam gambar profil (PFP).

Litecoin, yang sangat mirip dengan kode Bitcoin, juga mendukung Ordinals. Pada 25 Februari, ada 38.000 Ordinals di jaringan Litecoin.

Bagaimana Cara Membeli atau Membuat Ordinals?

Anda dapat membeli Ordinals dengan wallet Bitcoin yang kompatibel — yaitu wallet Sparrow . Ada langkah-langkah yang sangat spesifik yang harus diambil pengguna untuk menghindari kehilangan dana.

Selanjutnya, untuk menjual atau membuat Ordinals, pengguna harus menjalankan Bitcoin full node. Meskipun saat ini tidak ada pasar utama tempat pengguna dapat membeli Ordinals, hal ini diperkirakan akan terjadi di masa mendatang. Pengguna baru mungkin lebih suka menunggu pasar seperti itu tiba, yang akan sangat menyederhanakan proses perdagangan Ordinal.

Pengguna aktif harian telah meningkat selama beberapa minggu terakhir dan metrik lainnya naik. Bitcoin Ordinals melewati tolok ukur dengan berhasil mengukir lebih dari 200.000 NFT. Tonggak pencapaian ini tercapai dengan cepat, karena baru beberapa bulan sejak peluncuran Ordinals. Total Ordinals yang ditorehkan pada 1 Maret 2023 adalah 207.269, dengan ordinals tipe gambar merupakan bagian terbesar, diikuti oleh teks.

Continue Reading

Popular