Connect with us

NFT

Tutorial Lengkap Cara Beli dan Minting NFT di TokoMall

Published

on

Tutorial lengkap cara beli dan minting NFT di TokoMall.

Memilih NFT marketplace yang tepat adalah suatu hal yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi aset digital ini. Saat ini memang sudah banyak NFT marketplace lokal bermunculan. Salah satunya, TokoMall by Tokocrypto yang meluncur pada Agustus 2021.

Belum genap setahun TokoMall telah memiliki lebih dari 10.000 kolektor, lebih dari 8.000 aset NFT, dan lebih dari 80 partner yang bekerja sama di platform seperti NeverTooLavish, SiJuki, DAMN! I Love Indonesia, Jakarta Metaverse, .TEMU dan lainnya.

TokoMall punya banyak fitur seperti TokoSurprise, Mitra Unggulan, Collectibles, Marketplace dan Eksklusif NFT. Keuntungan menjual NFT di TokoMall ada beberapa benefit, yang pertama gas fee untuk minting karya lebih murah. Kreator bisa bekerja sama dengan TokoMall untuk membuat NFT yang punya benefit di dunia nyata, sejalan dengan visinya yaitu bridging digital NFT to reality.

Baca juga: Jual-Beli NFT Enggak Pakai Ribet di TokoMall

Keuntungan Lain dari NFT?

Pertama, NFT memberi solusi terhadap masalah seniman atau konten kreator yang karyanya rentan diplagiasi atau duplikasi. Melalui blockchain, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan kehadiran enkripsi unik di masing-masing salinan NFT unik.

Kedua, karya seni digital kini menjadi mudah diakses oleh semua kalangan. Sejak dulu, berinvestasi dalam karya seni dianggap hanya untuk kalangan atas saja.

Ketiga, investasi di karya seni digital tidak membutuhkan biaya yang besar. Sebab, tidak perlu memikirkan akomodasi lainnya seperti transportasi maupun ruang pajang setelah membeli karya seni.

Keempat, seniman bisa menjual hasil karya seninya secara langsung pada penikmatnya tanpa campur tangan pihak lain. Sehingga semua keuntungan dapat dimiliki penuh oleh kreator seni dan mendapat royalti.

Simak tutorial lengkap cara beli dan minting di TokoMall di video berikut ini!

Blockchain

Pasar NFT Diprediksi Tumbuh 35% ke Angka $ 13,6 Miliar pada 2027

Published

on

NFT market

Sebuah studi dari MarketsandMarkets memperkirakan pasar non-fungible token (NFT) akan meningkat hingga $ 13,6 miliar pada akhir 2027, atau naik dari $ 3 miliar pada tahun ini. Prakiraan ini didasarkan pada terus meningkatnya minat investor terhadap NFT.

Selama lima tahun ke depan, faktor utama yang mendorong pasar NFT masih tidak terlepas dari keterlibatan para influencer dan komunitas game, serta meningkatnya permintaan akan karya seni digital.

Perusahaan riset MarketsandMarkets juga menyebutkan faktor lain yang turut berkontribusi pada ledakan pertumbuhan NFT. Faktor tersebut yakni penggunaan NFT di dunia retail dan mode, perkembangan metaverse oleh raksasa media sosial seperti Meta, dan personalisasi NFT.

Global NFT market trends. Source: MarketsandMarkets
Global NFT market trends. Source: MarketsandMarkets.

Baca juga: Mengenal Aset Kripto Project Galaxy (GAL) dan Lido Dao (LDO)

Pada November 2021, Cointelegraph melaporkan adanya peningkatan minat investor dari Asia-Pasifik (APAC), karena penelusuran Google terkait NFT lokal melonjak di wilayah tersebut.

“Negara-negara APAC tengah menuju perkembangan konstan dan peluncuran marketplace di pasar tertentu bisa menciptakan peluang yang sama bagi kreator dan pembeli dalam ekosistem (NFT),” ungkap laporan MarketsandMarkets.

Salah satu alasan yang diduga menjadi pemicu meningkatnya pencarian terkait NFT di negara-negara seperti Hong Kong, Singapura, dan China adalah ketidakjelasan peraturan mengenai perdagangan atau penambangan kripto.

NFT marketplace, platform yang memungkinkan investor untuk membeli dan menjual NFT, saat ini diharapkan bisa memberikan kontribusi tinggi terhadap pertumbuhan ekosistem NFT.

Meski OpenSea masih menjadi marketplace terbesar, namun ada beberapa pemain baru yang siap meramaikan pasar, seperti Coinbase NFT, Binance dan TokoMall untuk pasar Indonesia.

Baca juga: Avarta dan Tokocrypto Jalin Kemitraan Strategis Kembangkan Ekosistem Blockchain di Indonesia

Sumber

Continue Reading

Blockchain

Instagram Siap Integrasi dengan NFT dari Ethereum, Polygon, Solana, Flow

Published

on

NFT siap hadir di Instagram.

Non-fungible token (NFT) dari beberapa jaringan blockchain populer akan hadir di platform media sosial Instagram. Pengumuman uji coba itu dikabarkan akan disampaikan pada Senin ini.

Coindesk melaporkan, sosial media terkemuka milik Meta tersebut sedang merencanakan integrasi NFT dari Ethereum, Polygon, Solana dan Flow. Jaringan-jaringan itu dikenal sebagai induk dari sebagian besar perdagangan NFT.

Seperti Facebook dan Instagram, YouTube Disebut Akan Menerapkan NFT Ikut Twitter
NFT akan datang ke platform Facebook dan Instagram.

Baca juga: Harga Bitcoin Terus Jatuh, Metrik Tunjukan Fase Extream Fear

Instagram dilaporkan akan mengeluarkan pilot project yang menyasar komunitas kecil penggemar NFT di Amerika Serikat (AS). Belum diketahui apakah Instagram akan langsung terintegrasi dengan keempat jaringan itu.

Instagram juga dikabarkan akan didukung beberapa dompet kripto seperti MetaMask. Dengan mengintegrasikan wallet, pengguna bisa membuktikan kepemilikan NFT, menampilkannya di profil, dan menandai (tag) kreator yang membuatnya.

CoinDesk telah mengkonfirmasi, Instagram tidak akan membebankan biaya kepada pengguna untuk mem-posting dan berbagi NFT mereka.

CEO Meta, Mark Zuckerberg mau bawa NFT ke Instagram.
CEO Meta, Mark Zuckerberg mau bawa NFT ke Instagram.

Baca juga: Tertarik Bermain The Sandbox Game? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Instagram saat ini tercatat memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan. Banyak dari mereka yang menggunakan platform tersebut untuk mempromosikan dan memasarkan karya seni pribadi.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, sebelumnya telah membocorkan rencana integrasi ini, tetapi tidak memberikan penjelasan detail. The Financial Times juga telah melaporkan, Meta akan melakukan uji coba mint NFT di Instagram dan keanggotaan grup NFT di Facebook.

Continue Reading

Blockchain

Tertarik Bermain The Sandbox Game? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Published

on

apa itu sandbox game

Apabila Anda pernah memainkan Minecraft, pasti Anda tak akan asing apabila memainkan sebuah game NFT bernama The Sandbox. Ditambah lagi, tak hanya menghadirkan dunia permainan ala Minecraft yang lucu, The Sandbox game juga memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang kripto di sini. 

The Sandbox ini menawarkan pengalaman bermain permainan yang imersif melalui semesta meta atau yang kini dikenal sebagai metaverse

Para pemain di game ini kini bisa bertemu satu sama lain tanpa harus bertatap muka. Dengan memainkan game ini, Anda bisa memperlebar koneksi atau sekadar kenalan tanpa harus pergi dan menghabiskan bahan bakar kendaraan Anda.

Tak hanya bisa berkeliling di dunia The Sandbox saja, para pemain game ini bisa membuat dan memperjualbelikan aset digital mereka dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT). Alhasil, para pemain bisa memperoleh pundi-pundi berupa aset kripto dari game The Sandbox ini.  

Sebenarnya bagaimana ya game ini bisa muncul dan sekarang sudah mulai populer? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas serba-serbi terkait The Sandbox. Mau tahu? Yuk, simak!

Baca juga: 5 Rekomendasi NFT Game Gampang dan Seru Untuk Dimainkan di Android

Apa Itu The Sandbox Game?

The Sandbox game adalah game berbasiskan blockchain dengan konsep metaverse, tempat virtual dimana pemain dapat menjelajah, membuat, memiliki, dan memonetisasi pengalaman virtual mereka. Bagi Anda yang pernah bermain game Minecraft, tentu tak akan asing dengan tampilan yang ditawarkan oleh game The Sandbox. 

Tak hanya mengusung tema open world saja, Game berbasis blockchain ini juga menawarkan pengalaman bermain game yang imersif. Pemain bisa berkreasi dan juga mendapatkan keuntungan secara riil ketika memainkan game nft ini. 

Bagaimana Bermulanya The Sandbox Game?

Proyek game ini diawali di tahun 2012 dan merupakan game untuk platform mobile seperti ponsel dan juga tablet. Ternyata, secara mengejutkan The Sandbox game ini mendapatkan animo yang cukup baik di kalangan gamers. Bahkan permainan ini diinstal oleh 40 juta pengguna smartphone (platform Android maupun iOS) di seluruh dunia. 

Kemudian, di tahun 2018, tepatnya di bulan Januari, proyek game The Sandbox terbaru dikembangkan. Permainan ini tentu menghadirkan konsep baru yang lebih imersif, yakni menggunakan teknologi blockchain. Dengan demikian di dalam dunia 3D seperti Minecraft, para pemain game ini bisa menciptakan dunia, bahkan mendapatkan keuntungan juga, lho!

Sang pengembang The Sandbox ini bertujuan untuk memperkenalkan pengalaman gaming dengan teknologi blockchain ke khalayak ramai. Mereka tak hanya ingin para pelaku di dunia aset kripto bermain di permainan ini, namun juga orang yang belum terjun ke dunia tersebut. 

Dengan mengusung konsep ekosistem User-Generated Content di dalam game ini, para pemain tak hanya bisa berkeliling di dunia digital tanpa batas, namun juga bisa memiliki properti pribadi sebenar-benarnya melalui NFT dan aset kripto.

Karena prospek permainan ini sangat bagus, banyak perusahaan besar yang ingin berinvestasi di dalamnya, salah satunya adalah sebuah developer game ternama asal Jepang, Square Enix. 

Tak hanya itu saja, untuk mengembangkan konten di dalam platform ini, akhirnya The Sandbox bermitra dengan 60 brand ternama seperti Shaun the Sheep, Smurfs, ATARI, Square Enix, dan juga studio game Dapper Labs.

Di dalam dunia The Sandbox ada beberapa tipe token yang bisa digunakan oleh pemain, curator, kreator, dan juga pemilik tanah, di antaranya:

·  SAND: Token ERG-20 ini adalah bagian paling penting dalam permainan ini karena token ini merupakan uang digital yang digunakan sebagai transaksi dan interaksi dasar di dalam The Sandbox.

· LAND: Di dunia metaverse The Sandbox disediakan semacam perumahan atau real estate digital yang pemain bisa beli agar mendapatkan pengalaman bermain yang interaktif. Selain itu, LAND juga merupakan NFT yang ada pada blockchain Ethereum (ERG-721).

·  ASSETS: Token ini menggunakan standard ERG-1155 dan bisa dipertukarkan di marketplace. Di samping itu, ASSETS juga dibuat oleh pemain untuk membangun user generated content atau UGC.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan NFT Game Splinterlands yang Populer

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di The Sandbox Game?

Dari beberapa dari Anda mungkin ingin mencoba memainkan game ini tapi masih butuh penjelasan agar Anda bisa mendapatkan profit atau bisa membeli aset di dalamnya. 

Nah, ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh profit dan juga membeli aset. Berikut fasilitas yang ada di game The Sandbox:

1. VoxEdit

VoxEdit merupakan sebuah tool yang dikembangkan game The Sandbox untuk melakukan penyuntingan sehingga para artis dan krator bisa membuat ASSET voxel yang mereka gunakan di dalam semesta The Sandbox.

2. Marketplace

Karena The Sandbox memungkinkan para kreator bisa menjual karyanya, The Sandbox menghadirkan sebuah fasilitas Marketplace yang tentu sebagai sarana jual beli aset. Di sini Anda tentu bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya.

3. Game Maker

Terakhir adalah fasilitas yang memungkinkan Anda untuk membuat game di dalam The Sandbox. Yang menariknya lagi, Anda tak perlu merancang coding untuk membuat game-nya berjalan karena fasilitas ini lebih mengutamakan kreativitas dari pembuat game-nya.Nah, dari penjelasan di atas pasti Anda ingin mencobanya bukan. Untuk memulai game ini tentunya tidak sulit, kok

Bagaimana Cara Mulai Main The Sandbox?

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja yang ada di dalam The Sandbox? Bagi Anda yang ingin memulai game ini, tidak sulit, kok! Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah-langkahnya. Nah, berikut langkah-langkah mulai main The Sandbox game:

the sandbox game website
  • Kemudian, setelah klik Enter Alpha Lobby, akan muncul pilihan dengan apa Anda masuk. Kami rekomendasikan untuk pilih Metamask. Jika Anda belum punya akun Metamask, unduh dan buat akun terlebih dahulu. 
cara membuat account di sandbox
  • Setelah login, pilih avatar yang ingin Anda gunakan. 
cara membuat avatar di sandbox
  • Di sini Anda juga bisa kustomisasi avatar Anda seperti wajah, warna kulit, pakaian, dan yang lainnya.
sandbox avatar customization
  • Pada tampilan seperti gambar di bawah, klik gambar warna biru yang ada di tengah, nanti dan akan muncul tombol Play. Klik gambar tersebut.
sandbox game play button
  • Setelah klik tombol Play, nanti akan muncul pilihan apakah Anda ingin mengunduh game ini untuk Windows atau MacOS
how to download sandbox
  • Setelah klik tombol Play, nanti akan muncul pilihan apakah Anda ingin mengunduh game ini untuk Windows atau MacOS
how to install sandbox
  • Kemudian masuk ke dalam Installer atau client dan kemudian instal.
  • Setelah menginstal, kini Anda sudah bisa masuk ke dalam game The Sandbox. Setelah itu masukkan password dan email yang Anda daftarkan.
sanbox game login page
  • Setelah mengunduh installer, dan menyelesaikan proses installnya, Anda kini sudah bisa masuk ke dalam game dan mulai mengeksplorasi. Ini panduan untuk menggerakan avatar di keyboard:
    • A = ke kiri
    • D = ke kanan
    • W = ke atas
    • S = ke belakang
    • Shift = roll depan
    • Space = loncat
bermain sandbox game

Catatan: Quest-quest tertentu hanya bisa dimainkan jika Anda memiliki Alpha Pass, dan saat diadakan event tertentu juga.Daripada Anda penasaran, coba saja game ini dan terjun ke semesta The Sandbox yang luas dan imersif. Mau tau informasi lainnya mengenai dunia NFT? Yuk, kunjungi Tokonews dari Tokocrypto atau bergabung dengan komunitas resminya!

Continue Reading

Popular