NFT

Sudah Tahu Teknologi Terbaru MetaHuman? Ini Dia Penjelasannya

Published

on

Dengan semakin berkembangnya Metaverse, teknologi yang ada di dalamnya pun ikut berkembang. Salah satu perkembangan yang menarik adalah kemunculan teknologi bernama MetaHuman. Nah, MetaHuman ini adalah “manusia” dalam versi Metaverse. Merekalah yang menghuni Metaverse dan beraktivitas di sana. Namun, sebenarnya bagaimana teknologi ini bisa berkembang? Serta apakah sudah ada contoh penerapannya? Yuk, simak selengkapnya!

Sekilas Mengenai Metaverse

Membahas tentang MetaHuman tidak akan lengkap tanpa membahas Metaverse itu sendiri. Sederhananya, Metaverse yang saat ini populer adalah sebuah dunia virtual dengan kualitas grafis yang canggih dan interaktif, di mana para penggunanya bisa melakukan hal yang biasa dilakukan di dunia nyata. Sebut saja seperti membeli lahan, membangun rumah, bekerja kantoran, hingga mengunjungi festival musik. Metaverse sendiri bisa berjalan dengan memanfaatkan teknologi blockchain.

Namun, jika ditarik ke belakang, istilahmetaverse” sendiri pertama kali muncul dalam sebuah novel sci-fi berjudul Snow Crash (1992) karya Neal Stephenson. Dalam novel tersebut, metaverse merupakan sebuah dunia yang menerapkan realitas virtual. Sedangkan, Metaverse yang ramai belakangan ini muncul karena pengembangan generasi internet terbaru, web 3.0.

Sebenarnya, konsep Metaverse sudah diterapkan sejak lama. Anda bahkan mungkin sudah pernah mencobanya. Salah satu contoh penerapannya adalah dunia virtual yang ada dalam game. Beberapa jenis game (misalnya game multiplayer online) menghadirkan sebuah realitas alternatif yang memungkinkan pemain berinteraksi dengan pemain lain meski mereka terpisah jarak.

Baca juga: Metaverse adalah Gambaran Masa Depan? Begini Cara Kerjanya

Kini, teknologi Metaverse sudah semakin berkembang. Paling baru ada sebuah dunia VR (virtual reality) yang dirancang oleh Facebook pada 2019. Dalam dunia tersebut, pengguna dapat “masuk” ke dunia virtual dan bersosialisasi dengan pengguna lainnya.

Bersamaan dengan perkembangan pesat Metaverse, muncul teknologi lain yang berjalan di dunia virtual tersebut. Salah satu yang menarik perhatian yaitu teknologi manusia virtual yang dinamakan MetaHuman. 

Apa Itu MetaHuman?

MetaHuman adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk membuat “manusia virtual” yang nantinya akan tinggal di Metaverse. Jadi, sederhananya teknologi ini menciptakan “penduduk” Metaverse

Untuk bisa menciptakannya sebenarnya butuh proses yang kompleks, sebab teknologi ini dirancang untuk sebisa mungkin mirip dengan manusia asli. Namun, istilah MetaHuman sendiri berasal dari sebuah game engine bernama Unreal Engine yang dikembangkan oleh studio Epic Games. 

Game engine tersebut telah melahirkan berbagai game dengan grafis super-realistis seperti Valorant dan Final Fantasy. Unreal Engine juga menangani CGI untuk film-film Hollywood, utamanya yang ber-genre sci-fi. Salah satunya film seri The Mandalorian (2019) karya Jon Favreau.  

Baca juga: Hubungan Game Play to Earn dengan NFT dan 5 Game yang Potensial

Cara Kerja Pembuatan MetaHuman dengan Unreal Engine

Source: Unreal Engine

MetaHuman Creator dari Unreal Engine pertama kali diperkenalkan pada Februari 2021. Kala itu, Unreal Engine memperkenalkan dua sampel MetaHuman yang memiliki tampilan super-realistis, nyaris menyerupai manusia. Mulai dari tampilan hingga cara gerak, semuanya mirip manusia asli.

Pada April 2021, Unreal Engine membuka pendaftaran untuk pembuatan manusia virtual ini. Anda bisa mendesain karakter sesuai dengan keinginan. Setelah jadi, Unreal Engine akan mengirimkannya langsung pada Anda dan bisa langsung diunduh atau diterapkan pada aplikasi DCC (Digital Command Control) seperti Autodesk Maya.

Untuk bisa meniru manusia asli, pengembang aplikasi MetaHuman Creator mengumpulkan data mengenai anatomi dan gerakan tubuh manusia. Setelah itu, dengan bantuan AI, data tersebut dipilih hingga akhirnya muncul sosok manusia virtual yang lengkap dan bisa melakukan berbagai aktivitas.

Melansir Unreal Engine, berikut adalah langkah-langkah yang harus diselesaikan dalam membuat dan mengedit sebuah karakter MetaHuman di Unreal Engine, yaitu:

  1. Kunjungi https://metahuman.unrealengine.com/ dan login dengan akun Epic Games
  2. Klik Create MetaHuman dan pilih presetnya
  3. Lakukan inspeksi awal terhadap MetaHuman yang Anda pilih
  4. Klik Next dan selesai
  5. Buka menu My MetaHuman, pilih preset yang sudah Anda miliki
  6. Klik Edit Selected dan mulai edit MetaHuman Anda
  7. Klik Next dan selesai

QVerse, Contoh Penerapan MetaHuman

Sekarang ini, teknologi Metaverse satu ini sudah mulai beredar. Beberapa diantaranya bahkan sudah “menjadi” selebritas. Misalnya, YuA yang merupakan idol virtual asal Korea Selatan. Contoh lainnya yang sempat viral adalah QVerse yang dijalankan oleh maskapai penerbangan Qatar Airways.

Source: Qatar Airways

Apa itu Qverse

QVerse adalah sebuah teknologi keluaran maskapai ternama dunia, Qatar Airways, yang menawarkan sebuah pengalaman VR untuk seluruh pengguna maskapai Qatar Airways. Teknologi berbasis cloud tersebut memiliki tugas memberikan tur kepada pelanggan dan melakukan navigasi di area check-in untuk executive lounge Qatar Airways di Hamad International Airport. Selain itu, QVerse juga didukung oleh awak kabin MetaHuman bernama Sama.

Meski berformat virtual, Sama mampu memberikan pengalaman interaktif yang menarik bagi para penumpang. Mereka dapat menghadirkan sebuah perjalanan virtual sambil menampilkan berbagai fitur unik.  Untuk saat ini, Sama telah hadir di kelas Bisnis dan Ekonomi Qatar Airways. Anda pun bisa mencoba tur virtual tersebut dengan mengunjungi situs resmi Qverse.

Selain MetaHuman, masih ada banyak sekali teknologi yang berkembang dalam dunia Metaverse

Nah, agar tidak ketinggalan informasi tersebut, Anda bisa mengakses Tokonews untuk informasi seputar dunia kripto, blockchain, NFT, juga Metaverse. Agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari dunia kripto khususnya NFT dan Metaverse, daftarkan juga diri Anda di marketplace NFT Indonesia TokoMall dan gabung dengan komunitasnya di Discord juga Telegram!

Popular

Exit mobile version