NFT

Apa itu Whitelist NFT? Temukan Jawabannya di sini!

Published

on

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia kripto, pasti akan sering mendengar istilah-istilah yang cukup asing. Salah satu istilah yang akan Anda dengar yaitu whitelist. Meski terdengar asing, Anda tak perlu khawatir! Yuk pelajari secara lengkap pengertian dan manfaatnya dibawah ini!

Whitelist Secara Umum

Bila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, whitelist berarti daftar putih. Daftar putih biasanya erat kaitannya dengan istilah kepegawaian dan administrasi. Istilah ini merujuk pada seseorang yang dianggap memiliki kelakuan dan kinerja yang baik.

Artinya, daftar orang-orang ini bisa dipertimbangkan oleh perusahaan untuk diterima dan dipercaya. Istilah ini tak hanya erat kaitannya dengan kepegawaian, namun juga di dunia kripto. Akan tetapi dalam lingkup kripto dan NFT memiliki arti yang berbeda. Apa yang membedakannya?

Apa itu Whitelist Kripto?

Dalam kripto, Whitelist merujuk pada sebuah daftar peserta yang berminat mengambil bagian dan melakukan pembelian saat penawaran koin awal atau initial coin offering (ICO). Para peserta atau calon investor akan masuk dalam list milik perusahaan kripto. Calon investor, ini harus memasukkan informasi terlebih dahulu, misalnya alamat email. Setelahnya, calon investor baru akan terdaftar.

Baca juga: Apa itu ICO (Initial Coin Offering)? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Lalu, Apa Itu Whitelist NFT?

Jika dalam kripto mengacu pada daftar calon investor, Dalam NFT whitelist adalah alamat dompet kripto yang sudah disetujui untuk melakukan minting NFT pada waktu yang sudah ditentukan. Minting adalah proses yang mengubah karya seni digital menjadi aset digital di blockchain. Agar investor masuk dalam daftar whitelist, maka harus melewati berbagai proses yang ditentukan oleh tim proyek NFT.

Fungsi Whitelist NFT

Secara garis besar, ada dua fungsi dari whitelist NFT ini, yakni:

  1. Memberi penghargaan

Para calon investor yang masuk dalam whitelist NFT akan mendapatkan privilege berupa harga relatif murah. Bahkan dalam beberapa kesempatan, mereka bisa mendapatkan NFT secara gratis. Merupakan sebuah penghargaan bagi mereka yang mendukung aset digital. Hal ini dilakukan agar investor mau berpartisipasi dalam proyek. Misalnya dengan mempromosikan proyek tersebut kepada kerabat terdekat.

  1. Mencegah “Gas War”

Pernahkah Anda mendengar istilah gas war? Gas war merujuk pada terjadinya perang harga. Perlu Anda ketahui, harga aset digital ditentukan oleh besarnya permintaan orang terhadap aset tersebut. Semakin besar angka permintaan, maka semakin besar kemungkinan jaringan tersendat. Hal ini dikarenakan banyak pihak yang ingin mencetak secara bersamaan. Selain itu, jika banyak orang berusaha mencetak NFT sebelum terjual seluruhnya, maka harga pun bisa naik berkali-kali lipat.

Karenanya, proyek NFT memerlukan whitelist. Dengan memiliki sebuah list, akan terlihat daftar peserta sebelum peluncuran yang sebenarnya. Kelebihan lainnya adalah para peserta dapat menentukan sendiri waktu percetakan NFT.

Bagaimana Cara Mendapatkan Whitelist NFT?

Mendapatkan whitelist sebenarnya tidak sulit. Simak cara-caranya berikut ini:

  1. Cari proyek NFT dengan status ‘pre-launch

Pertama, Anda dapat memulainya dengan mencari proyek yang memiliki status pre-launch. Proyek yang belum rilis pasti akan memiliki whitelist. Untuk mendapatkan proyek yang belum dirilis, Anda bisa mengikuti para kreator. Dengan begitu, Anda bisa memantau karya digital yang akan dirilis.

  1. Gabung di komunitas NFT

Pastikan juga Anda aktif dalam komunitas. Banyak Creator yang tergabung dalam Discord atau Telegram. Di sana, mereka akan saling membagi informasi dan berkomunikasi. Jika Anda berminat dengan karya Official Partner, Anda bisa bergabung dalam grup Discord atau Telegram. Informasi terkait karya digital yang akan rilis biasanya ada di kolom percakapan atau pemberitahuan.

Baca juga: Anda Tertarik NFT? Gabung dengan 5 Komunitas NFT Ini, Yuk!

  1. Mentaati syarat dan instruksi whitelist

Jika Anda sudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, Anda harus taat dengan instruksi yang dibuat. Instruksi atau peraturan yang digunakan biasanya beragam dan tak selalu sama. Perhatikan baik-baik apa yang diminta oleh pihak kreator. Biasanya, Anda harus mengisi formulir atau mengundang teman. Ikuti instruksinya dengan benar dan Anda pun akan mendapatkan whitelist NFT.

Tertarik untuk bergabung dengan komunitas Discord dan Telegram yang akan memberi informasi whitelist NFT? Bergabunglah dengan grup Discord dan Telegram TokoMall! Bersama TokoMall, Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak tentang perkembangan NFT di Indonesia dan bahkan dunia.

Popular

Exit mobile version