Connect with us

NFT

Roadmap adalah: Pelajari Pengertian & Hubungannya Dengan NFT

Published

on

roadmap adalah

Saat menjalankan sebuah bisnis, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah roadmap. Roadmap adalah dokumen yang menjabarkan tentang rencana strategi bisnis secara rinci. Akan tetapi, roadmap ternyata tidak hanya digunakan dalam ranah bisnis, melainkan juga dalam proyek NFT (Non-fungible Token). Apa itu? Sebelum membahas secara lebih detail mengenai apa itu roadmap dalam NFT, simak dahulu pengertian roadmap secara umum berikut ini.

Apa Itu Roadmap?

Secara umum, roadmap adalah petunjuk jalan yang berisi sekumpulan informasi mengenai keadaan di lapangan. Namun, dalam penerapannya, roadmap tak hanya digunakan sebagai petunjuk jalan di lapangan, melainkan juga untuk menunjukkan bagaimana sebaiknya sebuah perusahaan atau institusi mengambil keputusan agar sesuai dengan langkah yang direncanakan sebelumnya.

Bagaimana Cara Membuat Roadmap?

Saat akan membuat roadmap, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh individu maupun perusahaan. 

Pertama, roadmap harus dibuat sesuai dengan kondisi pasar. Sebelum memulai bisnis, tentu Anda sudah menentukan target market Anda, bukan? Jika Anda sudah punya target pasar yang jelas, Anda bisa mengetahui permasalahan apa yang dialami oleh konsumen Anda.

Dalam membuat roadmap, Anda juga perlu memiliki visi dan misi terlebih dahulu. Inilah yang akan menuntun Anda saat ingin mengambil keputusan dan strategi setelah mengetahui permasalahan konsumen. 

Terakhir, Anda bisa meminta feedback pada konsumen terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan. Feedback tentu menjadi bahan evaluasi yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda.

Roadmap Juga Diperlukan dalam Sebuah Proyek NFT

Tak hanya untuk urusan bisnis, ternyata roadmap juga dibutuhkan dalam sebuah proyek NFT. Roadmap atau peta jalan ini nantinya akan berfungsi menunjukkan arah dan tujuan dari membuat proyek NFT tersebut. Selain melancarkan proses produksi, roadmap juga berguna bagi investor yang ingin mengetahui bagaimana rencana yang akan ditempuh oleh seseorang, tim, atau pelaksana proyek NFT tersebut. 

Advertisement

Memangnya, apa itu roadmap dalam NFT?

Pengertian Roadmap dalam NFT

ilustrasi nft

Roadmap dalam NFT berisi rencana strategis yang mencakup tujuan, goals, hingga milestones sebuah proyek NFT sebelum memperkenalkannya ke marketplace. Dalam roadmap ini, tercantum tujuan jangka pendek maupun panjang serta marketing plan yang akan dijalankan. Pada akhirnya, peta jalan ini akan memperlancar pelaku proyek NFT untuk mencapai tujuannya.

Selain itu, roadmap NFT juga bisa dijadikan sebagai bahan laporan pada pihak investor dan menampilkan keunggulan atau capaian-capaian yang sudah diperoleh para pelaku proyek. Pada akhirnya, roadmap inilah yang akan menjadi marka untuk membatasi apabila proyek berjalan di luar rencana atau saat akan ada pengambilan keputusan tertentu.

Perbedaan Roadmap dengan White Paper

Roadmap sering kali disamakan dengan white paper. Padahal, keduanya punya perbedaan yang cukup mendasar. White paper berisi aktivitas atau strategi perusahaan dalam mengembangkan produk, sedangkan roadmap adalah susunan skenario untuk menjalankan sebuah proyek dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Contoh Roadmap NFT

Ada beberapa contoh platform yang bisa Anda pakai ketika ingin membuat roadmap NFT, kami melansir dari website NFT Guru dan merangkumnya menjadi beberapa contoh. 

contoh roadmap azuki

Source by NFTs Guru

Pertama ada Azuki yang dinamakan mind map yang menggunakan perumpamaan fase. Anda bisa mengklik tiap fase yang ada untuk melihat detail status proyek yang berjalan. 

contoh rincian roadmap azuki

Source by NFTs Guru

Di sini, Anda bisa membuat roadmap NFT dengan rincian berupa stabilo berwarna kuning dan hijau. Untuk stabilo kuning, ini menandakan bahwa proyek baru dibuka, sedangkan stabilo hijau menandakan proyek sudah berlangsung atau sedang dikerjakan.

contoh roadmap nft world

Source by NFTs Guru

Berikutnya, ada NFT Worlds yang menampilkan poin-poin seperti to-do-list yang nantinya bisa di-checklist setelah selesai dikerjakan. Di samping list tersebut, ada pula rincian tanggal; kapan rencana tersebut berhasil dilaksanakan atau tanggal berapa rencananya akan selesai.

Advertisement

Jika ingin membuat roadmap NFT dengan sentuhan visual menarik, Anda bisa menggunakan platform Rebel Rabbits, Degen Toonz Collection, dan Dippies. Ketiga platform ini memberikan informasi rinci seputar target dan rencana penyelesaian proyek yang menjadi hal penting bagi investor. 

Intinya, roadmap adalah sebuah petunjuk jalan yang tak hanya diterapkan dalam dunia bisnis, melainkan juga NFT. Roadmap dalam NFT berfungsi untuk menjabarkan tujuan, goals, dan milestones yang akan dilakukan oleh pelaku proyek tersebut. Inilah yang akan dilihat oleh para Creator yang ingin mengoleksi karya NFT.

Baca juga: Cara Riset Pasar Bagi Kolektor

Temukan berbagai karya NFT menarik di TokoMall dengan klik tautan ini. Tak hanya bisa mengoleksi karya NFT, di sana Anda juga bisa menjadi Official Partner dengan cara mengunggah karya NFT terbaik Anda. Selain itu, pantau juga informasi lengkap seputar NFT dan aset digital di Indonesia maupun dunia dengan bergabung ke komunitas Discord dan Telegram Tokoscape.

Continue Reading
Advertisement

Popular