NFT

Ini Dia Game RPG Blockchain, Guild of Guardians!

Published

on

Perkembangan teknologi yang pesat sudah memasuki berbagai macam bidang, salah satunya adalah industri gaming

Saat ini, sudah banyak muncul game yang berbasis teknologi blockchain. Teknologi blockchain sendiri memang sangat berkembang dengan cepat beberapa tahun belakangan ini. 

Dengan banyaknya peminat teknologi blockchain, salah satu pengembang game pun mencoba melebarkan sayapnya. Game Guild of Guardians adalah contoh RPG (Role Playing Game) berbasis blockchain.

Game RPG ini berhasil menarik begitu banyak perhatian. Bahkan sebelum game ini resmi dirilis, tercatat ada sekitar 220 ribu pengguna yang berada dalam waitlist. Sebenarnya, seperti apa game yang sangat ditunggu oleh banyak orang ini? Lalu, bagaimana cara bermainnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Guild of Guardians?

Source: Stepico

Guild of Guardians adalah game role playing fantasi berbasis blockchain di mana para pemain akan beradu dengan pemain lainnya. Dengan menggunakan karakter Guardian yang Anda pilih, Anda akan dihadapkan pada sebuah kompetisi untuk meraih kemenangan dan hadiah. 

Apakah Guild of Guardians sudah dirilis?

Saat ini, Guild of Guardians masih belum dirilis secara resmi dan rencananya akan tersedia dalam waktu dekat di tahun 2022 pada Android dan juga iOS. Meski begitu, pengembang secara rutin membagikan perkembangan dalam game dan beberapa kali mengadakan presale bagi para calon pemainnya untuk membeli in-game assets yang dijual dalam waktu dan jumlah yang terbatas. 

Melansir akun Twitter resminya, para pengembang baru saja menyelesaikan tahap Pre-Alpha Demo pada April lalu dan sedang mengembangkan game sesuai feedback yang diperoleh dari hasil ujicoba tersebut. Jangan khawatir, game blockchain yang satu ini nantinya bisa dimainkan secara gratis, lho.

Apa protokol yang digunakan untuk game ini?

Game blockchain yang satu ini beroperasi di bawah protokol Ethereum. Game ini dibentuk oleh Stepico Games asal Ukraina dan mendapatkan dukungan dari investor Animoca Brands, sebuah perusahaan pengembang game populer, serta Yield Guild Games, sebuah grup yang memiliki spesialisasi game berbasis blockchain

Apa yang menarik dari game Guild of Guardians?

Tujuan utama dari kemunculan game berbasis blockchain ini adalah agar memungkinkan jutaan pemain yang potensial untuk berpindah ke NFT. Mekanisme permainan ini sudah dirancang untuk menghadirkan pengalaman bermain yang menyenangkan dan menarik

Ada berbagai macam tantangan yang harus dihadapi dan memerlukan tingkat kewaspadaan tinggi. Pemain harus mengalahkan musuh dan memenangkan kompetisi yang dinamakan Guild

Karena Guild of Guardians berbasis blockchain, maka permainan ini dilengkapi oleh komponen perdagangan di mana para pemain bisa melakukan minting NFT. Lebih lanjut, game ini juga akan memiliki tokennya dan NFT-nya sendiri. Artinya, para pemain bisa mendapatkan hadiah berupa aset kripto untuk diperdagangkan.

Baca juga: 5 Rekomendasi NFT Game Gampang dan Seru Untuk Dimainkan di Android

Cara Bermain Guild of Guardians

Lantas, bagaimana cara mainnya?

Permainan ini akan memberikan kebebasan bagi pengguna untuk memilih Heroes mereka sendiri. Setiap karakter akan memiliki atribut dan peran yang berbeda. Misalnya, akan ada Heroes yang berperan sebagai healer. Setelah itu, pemain harus bergabung dengan guild, sebuah kelompok yang terdiri dari dua atau lebih pemain untuk mencapai tujuan dalam game. Untuk infomasi lebih lengkap mengenai cara mainnya, simak ketiga komponen penting dalam Guild of Guardian berikut ini!

1. Gameplay

Ada empat Guild yang bisa pemain masuki, yakni Adventures Guild, Warriors Guild, Legends Guild, dan Mythic Guild. Setiap Guild memiliki kapasitas anggota yang berbeda. Game ini nantinya akan menerapkan sistem peringkat dengan NFT atau hadiah token yang berfungsi sebagai mekanisme play-to-earn. Jadi, pihak pengembang akan mendistribusikan token pada pemain yang aktif bermain game.

Baca juga: Hubungan Game Play to Earn dengan NFT dan 5 Game yang Potensial

2. Karakter

Dalam game ini, Anda akan bertemu dengan banyak karakter. Ada sekitar 35 karakter yang disebut dengan Heroes. Heroes adalah karakter unik yang bisa Anda pilih. Terdapat beberapa pembagian yang menjelaskan perbedaan tiap karakter, yaitu faction, class, dan element. Tentunya, Anda bisa mendapatkan seluruh karakter ini, namun perlu diingat bahwa hal itu tidak akan mudah karena beberapa karakter di antaranya sangat langka. 

Source: Stepico

Pengembang Guild of Guardians menjelaskan bahwa berdasarkan rarities atau kelangkaan, karakter akan terbagi menjadi ke dalam beberapa kelompok, yaitu Legendary, Epic, Rare, dan Common. Untuk pembagian kelasnya, ada Mage, Ranged dan Melee. Sedangkan untuk factions, akan terbagi menjadi Horde, Glade, dan Empire.

3. Quest

Karakter yang Anda gunakan nantinya akan melakukan petualangan ke Dungeon dan bertarung menyelesaikan quest atau tugas. Ada beberapa cara untuk mendapatkan hadiah dari game ini, mulai dari membuat Guild, menggabungkan Heroes, menyelesaikan misi harian, hingga masuk dalam leaderboard.

Barang-barang yang dibuat dari Guild dapat dijual di pasar. Hasil penjualan dibagi oleh para pemain Guild yang berkontribusi. Menggabungkan Heroes dapat menguntungkan bagi Anda. 

Pasalnya, beberapa Heroes memiliki tingkat kelangkaan berbeda, maka dari itu menciptakan Heroes yang baru berpotensi menambah kekuatan dan nilai karakter. Daily quests dan aktivitas permainan lainnya juga dapat menghasilkan pendapatan, di mana pemain mendapatkan token GOG yang dapat dikonversi menjadi uang tunai.

Sekilas tentang Token GOG

Source: CoinMarketCap

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pengembang game blockchain yang satu ini memiliki governance token yang dikenal dengan kode GOG. Token GOG akan sangat diperlukan dalam permainan ini. Dengan token GOG, Anda dapat melakukan pembayaran dalam pembelian in-game assets serta melakukan minting NFT. 

Para pemain bisa mendapatkan token dengan cara memenangkan hadiah. Jika Anda mendapatkan token GOG, maka Anda akan memiliki hak ikut serta dalam tata kelola proyek baru dalam ekosistem Guild of Guardians. Token ini juga bisa untuk membeli aset atau melakukan staking. Berdasarkan CoinMarketCap, token GOG bernilai 0,101 USD per tanggal 15 Juni 2022.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang game Guild of Guardians yang berbasis teknologi blockchain. Dengan memainkan permainan ini, Anda berpotensi mendapatkan hadiah token GOG yang tentunya akan memiliki banyak fungsi bagi kebutuhan investasi Anda. Tertarik untuk tahu lebih banyak tentang dunia NFT? Yuk, daftarkan diri Anda di TokoMall sebagai Official Partner (Kreator) atau Creator (Kolektor) sekarang. Jangan lupa juga untuk join komunitas TokoMall di Discord dan Telegram, ya!

Popular

Exit mobile version