Altcoin News

Yuk Kenalan Dengan ShibaSwap, DEX Yang Berasal Dari Meme Coin Shiba Inu

Published

on

Siapa yang tidak tahu dengan Shiba Inu, sebuah meme coin yang terkenal dengan gambar anjing kecil Shiba yang sangat menggemaskan. Nah, pada pertengahan tahun 2021 yang lalu, Shiba Inu mulai menerapkan decentralized exchange (DEX) miliknya sendiri kepada jaringan Ethereum yang dinamakan ShibaSwap.

Dengan menyediakan likuiditas, Anda dapat menukar token yang berbeda sambil mendapatkan governance token BONE dan lain sebagainya. Yuk, cari tahu lebih jauh lagi mengenai apa itu ShibaSwap, cara kerja, serta fitur yang ada dalam platform ini.

Apa Itu ShibaSwap?

ShibaSwap adalah sebuah bursa pertukaran atau decentralized exchange (DEX) original buatan dari proyek Shiba Inu Coin (SHIB), meme yang populer serta pesaing dari Dogecoin.

Sejak diluncurkan pertama kali pada pertengahan tahun 2021 atau lebih tepatnya di bulan Juli 2021, decentralized exchange satu ini sudah banyak memberikan fitur yang sama dengan bursa pertukaran lainnya.

Meski baru hadir beberapa waktu yang lalu, namun ShibaSwap terus mencetak angka pengguna baru hal ini dikarenakan adanya komunitas dari Shiba Inu yang solid. 

Para anggota komunitas, yang pastinya juga merupakan pemegang koin SHIB, lebih memilih untuk menahan token mereka dalam jangka waktu yang panjang dari pada menjualnya untuk keuntungan yang cepat.

Baca Juga: Pahami Pengertian Ilustrasi Digital dan Perkembangannya dalam NFT

Perkembangan ShibaSwap

Salah satu perkembangan yang paling mentereng adalah dengan adanya beberapa token yang berjalan di dalam platform decentralized exchange ini yaitu:

1. Fueling ShibaSwap

Fueling ShibaSwab adalah token utama dari project decentralized exchange satu ini.

2. Bone ShibaSwap (BONE) 

Bone ShibaSwap (BONE) adalah governance token di ekosistem yang dibuat menggunakan blueprint dari ERC-20 Ethereum.. Token ini memungkinkan pemegangnya untuk mengusulkan dan memilih perubahan pada protokol melalui “Doggy DAO”.

3. Doge Killer (LEASH)

Doge Killer (LEASH) adalah token yang berjalan di ekosistem milik Shiba Inu (SHIB) yang juga dibuat menggunakan blueprint dari ERC-20 Ethereum

Awalnya LEASH diluncurkan sebagai token rebase (juga dikenal sebagai elastic token). Rebase sendiri adalah sejenis token yang mirip dengan stablecoin algoritmik di mana pasokannya secara otomatis meningkat dan menurun melalui algoritma komputer untuk menjaga harganya tetap ditautkan ke aset lain. 

Dalam hal ini, pasokan LEASH disesuaikan pada harga DOGE pada tingkat 1/1.000. Jadi misalnya, harga Dogecoin adalah 0,05 dolar AS, maka persediaan LEASH akan berubah (dengan cara mencetak token baru atau melakukan burning), untuk menyesuaikan harga LEASH menjadi 50 dolar AS. 

Saat ini, LEASH tidak lagi mengikuti harga DOGE dan menjadi penyimpan nilai koin utama bagi investor proyek.

Cara Kerja ShibaSwap

Sumber: Shibaswap.com 

Sama seperti bursa pertukaran pada umumnya, ShibaSwap dapat digunakan untuk membeli maupun menukar atau ‘swap’ dari satu koin ke koin yang lainnya dan kompatibilitasnya dengan berbagai crypto wallet seperti MetaMask, WalletConnect, dan Coinbase Wallet

Langkah yang dapat dilakukan untuk menggunakan decentralized exchange satu ini adalah :

  1. Buka dompet kripto yang anda miliki, lakukan deposit Ethereum sesuai kebutuhan
  2. Selanjutnya lakukan pemindahan atau swap dari ETH ke Shiba, Bone, atau Leash.
  3. Kemudiam buka situs ShibaSwap dan hubungkan dompet kripto anda lalu pilih Connect.
  4. Lalu Anda dapat memilih fitur-fitur dan layanan ShibaSwap yang anda inginkan.

Baca Juga: Inilah Serba-Serbi Serta Keunikan dari Blockchain VeChain

Fitur Dalam ShibaSwap

Sumber: Shibaswap.com 

ShibaSwap diketahui menawarkan enam fungsi utama, yang mana menggabungkan tiga koin asli platform, yaitu SHIB, LEASH dan BONE.

Dig

Fitur Dig atau Digging memiliki fungsi sebagai liquidity pool pada platform ShibaSwap. Dengan adanya fitur Dig, pengguna dapat menyetor aset kripto secara berpasangan ke liquidity pool yang ada di platform atau membuatnya sendiri.

Woof

Woof atau Woofing adalah fitur yang berfungsi untuk menukarkan hadiah BONE. Dengan fitur ini, pengguna dapat menguangkan token SSLP.

Burry

Pada fungsi ini, pengguna dapat staking SHIB, LEASH, dan BONE mereka untuk menghasilkan yield dengan bunga tinggi yang dibayarkan dalam token BONE. Setelah di-staking, pengguna akan menerima token yang mewakili jumlah token yang mereka staking dalam bentuk xSHIB, xLEASH, atau xBONE.

Sebanyak 33 persen reward BONE dari staking langsung tersedia, sementara 66 persen sisanya dikunci selama 6 bulan.

Swap

Swap adalah fitur pertukaran pada platform ShibaSwap, di mana melalui fitur ini pengguna dapat menukar antara satu aset dengan beberapa aset lainnya.

Doggy Dao

Doggy DAO adalah organisasi otonom terdesentralisasi untuk komunitas Shiba Inu, yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan token SHIB.

Melalui fungsi ini, anggota komunitas dapat mengajukan vote dan trading pair dari liquidity pool Woof.

NFT

Melalui fitur ini, pengguna dapat memperjualbelikan 10 ribu NFT unik yang disebut “Shiboshis”. Shiboshis adalah kartun anjing Shiba Inu yang mirip dengan Cryptopunk, beberapa di antaranya memiliki sifat dan tingkat kelangkaan yang berbeda-beda.

Itulah penjelasan singkat mengenai salah satu bursa pertukaran yakni ShibaSwap yang memiliki berbagai fitur-fitur menarik. Ikuti informasi seputar aset kripto lainnya di Tokonews. Gabung juga dalam komunitas Discord Tokocrypto dan mulai investasi serta trading kripto di Tokocrypto sekarang!

Popular

Exit mobile version