Connect with us

Market

Elon Musk Jual Bitcoin, CEO Binance: Tidak Pengaruh ke Market

Published

on

Changpeng Zhao, CEO Binance

CEO Binance, Changpeng Zhao, berpikir siapa pun yang menjual atau membeli Bitcoin secara fundamental tak dapat memengaruhi market atau nilai aset itu sendiri. Ungkapan itu dilontarkan CZ menanggapi Elon Musk yang menjual Bitcoin melalui perusahaannya, Tesla.

Sentimen market kripto pekan lalu diliputi kecemasan soal rentetan kabar buruk, salah satu dari Tesla yang mengaku telah menjual Bitcoin senilai US$ 963 juta pada kuartal kedua lalu demi meningkatkan posisi kas perusahaan.

Perusahaan tidak mengungkapkan harga jual Bitcoin, tetapi perhitungan kasar menunjukkan harga rata-rata sekitar US$ 29.000 per BTC. Ini dapat membantu Tesla menghindari biaya penurunan nilai yang jauh lebih besar. Bitcoin mengakhiri kuartal kedua dengan harga sekitar US$ 18.700.

Ilustrasi Tesla jual Bitcoin.
Ilustrasi Tesla jual Bitcoin.

Baca juga: Reli Harga Bitcoin Terhenti Pasca Laporan Tesla Jual BTC

Elon Musk Jual Bitcoin, CZ Santai

Kekhawatiran pasar timbul saat melihat pergerakan perusahaan Elon Musk tersebut. Namun, CEO Binance, CZ tetap menanggapinya dengan santai.

Dilansir CryptoPotato, CZ mengatakan keputusan Elon Musk, apakah menjual atau membeli aset, “tidak berarti banyak” karena langkahnya tidak akan mengubah fundamental BTC.

CZ –yang pernah mengajukan US$ 500 juta untuk mendukung ambisi Elon Musk untuk mengakuisisi Twitter– menambahkan bahwa tidak ada yang tahu persis mengapa Musk menjual sejumlah besar Bitcoin, menggembar-gemborkan bahwa orang terkaya di dunia mungkin membutuhkan uang tunai untuk membeli Twitter di Q2.

CZ Tak Berniat Jual Bitcoin

Ketika ditanya apakah dia telah menjual Bitcoin-nya di tengah pasar bearish, CZ mengatakan dia telah menyimpan hampir semua yang dia beli di awal dan hanya menghabiskan kurang dari satu persentase dari akumulasi yang disimpan.

Advertisement

Awal bulan lalu, CZ mengklaim bahwa dia tidak memiliki fiat, dan yang dia miliki hanyalah kripto, dengan demikian, itu adalah satu-satunya aset yang dia gunakan dalam hidup.

“Bagi saya, saya tidak punya dolar AS. Semua yang saya miliki ada di kripto. Jadi ketika saya perlu mengeluarkan uang, saya perlu menghabiskan beberapa bagian darinya di suatu tempat. Bagi saya, semua dalam kripto. Saya tidak perlu berpikir untuk menjual kripto. kripto adalah uang saya.”CEO Binance, Changpeng Zhao

Ilustrasi Binance
Ilustrasi Binance. Foto: SOPA IMAGES/LIGHTROCKET VIA GETTY IMAGES.

Baca juga: Market Awal Pekan: Gerak Kripto Mulai Kendor, Apa Sebabnya?

Binance Tidak Masuk Bisnis Pinjaman Kripto

Berbicara tentang keruntuhan ekosistem kripto, CZ mengklarifikasi dalam wawancara sebelumnya dengan CNBC, bahwa Binance memiliki “paparan yang sangat minimal” terhadap perusahaan pemberi pinjaman yang runtuh seperti Celsius dan Voyager. Binance tidak bertindak sebagai kreditur atau debitur mereka, tambahnya.

CZ mengungkap Binance telah memperhatikan risiko yang tertanam di perusahaan-perusahaan ini beberapa waktu lalu, yang menjelaskan mengapa perusahaan sebisa mungkin menghindari bisnisnya.

“Saya pikir karena kami bodoh. Kami suka melakukan hal-hal dengan cara yang sederhana… Kami adalah pertukaran dan itulah mengapa kami tidak berada dalam bisnis pinjaman,” katanya.

CZ bercanda bahwa dia tidak cukup pintar untuk masuk ke bisnis yang terkait langsung dengan perusahaan pemberi pinjaman yang bangkrut seperti Celsius dan Voyager.

Popular