Connect with us

Crypto

The Merge Ethereum Penting untuk Semua Orang di Kripto

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Semua mata di ruang kripto kini tertuju pada The Merge Ethereum. Peristiwa ini penting bagi Bitcoiner dan semua orang. Lalu, seberapa penting Ethereum Merge ini?

Setelah bertahun-tahun tertunda, The Merge Ethereum sudah di depan mata. Peristiwa yang sebelumnya dikenal sebagai Ethereum 2.0 ini bisa terjadi, ketika mainnet Ethereum Proof-of-Work akan bergabung (merge) dengan Beacon Chain Proof-of-Stake yang kemungkinan bisa terjadi segera pada 15 September mendatang.

Apa Itu The Merge Ethereum?

Secara singkat, The Merge adalah langkah serius untuk mengatasi masalah skalabilitas, efisiensi, dan kecepatan transaksi. Dalam metode Proof-of-Stake, pihak yang berperan sebagai validator transaksi nantinya hanya perlu mengunci (stake) sejumlah token ETH untuk berkontribusi.

Ini jauh lebih efisien ketimbang harus menjalankan komputer dengan kartu grafis yang boros energi selama 24 jam nonstop untuk melakukan mining.

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Google Buat Hitung Mundur The Merge Ethereum, Ada Easter Egg

Untuk memulai proses ini, Ethereum akan mengintegrasikan dua rantai blockchain independen yang ada di ekosistem miliknya: lapisan eksekusi yang masih PoW dan lapisan konsensus (Beacon Chain) yang sudah PoS. Maka, disebut merge (penggabungan) dua lapisan rantai dan sepenuhnya PoS.

Apa Itu Beacon Chain Ethereum?

Beacon Chain adalah jaringan independen yang memungkinkan chain PoS untuk bekerja secara bersamaan dengan chain PoW tanpa memengaruhi yang lain. Beacon Chain sudah berjalan sejak Desember 2020.

The Merge sendiri secara khusus akan mengacu pada saat Beacon Chain PoS beroperasi sepenuhnya menggantikan chain PoW sebagai mekanisme utama untuk konsensus dan validator.

Advertisement

Jika ingin dianalogikan bebas Ethereum Foundation sendiri menyebut peristiwa ini seperti:

“Bayangkan Ethereum adalah pesawat ruang angkasa yang tidak cukup siap untuk perjalanan antarbintang. Dengan Beacon Chain, komunitas memiliki membangun mesin baru dan lambung pesawat yang diperkeras. Setelah pengujian yang signifikan, sudah hampir waktunya untuk mengganti mesin baru dengan mesin lama di pertengahan penerbangan.”

Ilustrasi Ethereum.
Ilustrasi Ethereum.

Baca juga: Tiga Aset Kripto Potensi Reli Dampak dari The Merge Ethereum

Lebih Hemat Energi

The Merge akan membuat blockchain Ethereum sekitar 99% lebih hemat energi, dan akan mengatur panggung untuk peningkatan di masa mendatang yang membuatnya lebih cepat dan lebih terukur.

Secara teori, itu seharusnya luar biasa untuk Ethereum (baik jaringan maupun asetnya). Apakah harga ETH benar-benar meningkat setelah The Merge, atau tidak sesuatu hal yang sulit diprediksi.

Tetapi bagian yang paling menarik dari semua ini bagi saya adalah bagaimana hal itu akan mempengaruhi semua aset kripto dan blockchain lainnya. Seperti, tingkat hash jaringan Ethereum langsung turun ke nol, karena penambangan bukti kerja di Ethereum akan berakhir.

Itu mungkin memberi lebih banyak tekanan publik pada penggunaan energi Bitcoin yang besar, sesuatu yang diakui oleh para Bitcoiner, seperti Dan Held. Ini juga akan meninggalkan Bitcoin (tanpa Ethereum sebagai sesama pelaku) dalam pandangan regulator yang menargetkan blockchain Proof-of-Work yang intensif energi.

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.
Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum. Foto: Jaap Arriens | NurPhoto | Getty Images.

Baca juga: Jelang The Merge, Tokocrypto Bebaskan Biaya Trading Beli Ethereum

Potensi untuk Altcoin

Ada implikasi potensial untuk altcoin lain, terutama yang disebut ‘pembunuh Ethereum’ seperti Solana, Cardano, Avalanche, dan Polkadot.

Mungkin banyak yang berharap bahwa The Merge Ethereum yang sukses akan bermanfaat bagi aset kripto Proof-of-Stake lainnya. Dan sejauh ini terbukti, banyak dari mereka mendapat peningkatan harga yang sehat dalam seminggu terakhir, mungkin sebagian berkat buzz The Merge.

Advertisement

Tetapi kebalikannya, juga mungkin terjadi: Banyak dari penantang Ethereum ini mengajukan diri mereka sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada Ethereum. Setelah Ethereum menjalankan bukti kepemilikan, mereka kehilangan bagian dari proposisi nilainya.

Popular