Connect with us

Ethereum News

Jelang The Merge, Tokocrypto Bebaskan Biaya Trading Beli Ethereum

Published

on

Ilustrasi aplikasi Tokocrypto. Foto: Tokocrypto.

Tokocrypto, salah satu platform jual-beli aset kripto memberikan pembebasan biaya transaksi (trading fee) untuk pembelian aset kripto Ethereum (ETH). Program ini merupakan benefit tambahan setelah sebelumnya membebaskan biaya trading Bitcoin dengan pairing fiat untuk seluruh pengguna Tokocrypto.

VP Marketing Tokocrypto, Adytia Raflein, menjelaskan program gratis biaya trading Ethereum ini tidak memberikan batasan minimum maupun maksimum transaksi. Aset kripto Ethereum yang dibebaskan biaya transaksinya saat ini tersedia dalam pairing ETH/BUSD.

“Kami memahami saat ini terjadi peningkatan kekhawatiran akan ancaman inflasi tinggi dan koreksi harga yang berkelanjutan di market kripto. Namun di sisi lain, dalam waktu dekat akan ada momen bersejarah, yaitu transisi ekosistem jaringan Ethereum dari Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS) yang dikenal sebagai The Merge terjadi sekitar tanggal 10 hingga 20 September mendatang,” kata Raflein.

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Analis: Ethereum Mungkin Bisa Beri Banyak Untung Daripada Bitcoin

Dampak The Merge Ethereum

The Merge adalah perubahan yang telah lama ditunggu-tunggu pada sistem Ethereum, memindahkannya dari protokol Proof-of-Work  yang diklaim tidak efisien ke Proof-of-Stake dinilai jauh lebih efisien. Keduanya adalah cara untuk mengoperasikan sistem blockchain yang mengelola dan melacak setiap transaksi dalam aset kripto.

Peristiwa The Merge Ethereum ini memiliki potensi menaikkan pergerakan nilai market kripto, khususnya ETH. Perubahan pada protokol Ethereum akan menciptakan sejumlah manfaat untuk sistem kripto, termasuk efisiensi dan skalabilitas yang lebih tinggi, membuat platform lebih kuat. Itu juga bisa membuat token Ethereum (ETH) lebih berharga.

Meski begitu, Raflein tidak memberikan financial advice untuk membeli aset kripto tertentu dan tetap menegaskan untuk setiap tindakan investor aset kripto harus dibarengi dengan riset terlebih dahulu dan membuat keputusan tidak berdasarkan FOMO (fear of missing out). Investor diminta tetap menerapkan DYOR (Do Your Own Research).

VP Marketing Tokocrypto, Adytia Raflein. Foto: Tokocrypto.

Baca juga: Tiga Aset Kripto Potensi Reli Dampak dari The Merge Ethereum

Syarat Gratis Biaya Trading Ethereum

Adapun syarat dan ketentuan untuk mendapatkan fasilitas bebas biaya trading ETH ini adalah sebagai berikut:

  • Hanya berlaku untuk nasabah yang telah menyelesaikan verifikasi KYC (Know Your Costumer) Level 1.
  • Berlaku untuk pairing ETH/BUSD yang telah tersedia.
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) atas transaksi tetap dikenakan kepada pengguna.
  • Program ini efektif berlaku tanggal 26 Agustus 2022 Jam 07.00 WIB.

“Tokocrypto ingin memberikan value dan pengalaman baru berupa benefit bebas biaya trading BTC dan ETH untuk membantu pasar dan pengguna kami pada saat dibutuhkan, membangun sentimen positif, dan menciptakan industri investasi kripto yang sehat,” pungkas Raflein.

Tidak hanya itu, Tokocrypto juga masih menjalankan program TKO Trading Fee, di mana pengguna bisa membayar biaya trading menggunakan TKO dan mendapatkan diskon sebesar 25%. Hadirnya fitur TKO Trading Fee yang memberikan keuntungan untuk para holders TKO.

Dengan fitur TKO Trading Fee, pengguna Tokocrypto tidak akan dipusingkan lagi dengan biaya trading fee, sehingga bisa dapat keuntungan yang maksimal. Diskon trading fee ini bisa digunakan semua pengguna dengan berbagai pilihan aset kripto.

Crypto

Harga Ethereum Ditargetkan Capai US$ 2.000 Setelah Shanghai Upgrade

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Ethereum (ETH) akan memasuki babak baru setelah melakukan Shanghai Upgrade yang direncanakan berlangsung pada Maret mendatang. Banyak analis memperkirakan harga ETH bisa kembali menembus US$ 2.000.

Ethereum Shanghai Upgrade akan menjadi pembaruan besar pertama sejak The Merge pada bulan September lalu, yang mentransisikan jaringan ke sistem proof-of-stake (PoS). The Merge juga memperkenalkan kemampuan bagi pengguna untuk menyetor ETH ke jaringan untuk menjadi validator dan membantu mengautentikasi transaksi on-chain. Sebagai imbalannya, pengguna tersebut dapat mengumpulkan hadiah dalam bentuk ETH yang baru dihasilkan.

Shanghai Upgrade pada awalnya diharapkan untuk memasukkan peningkatan tambahan yang sangat diantisipasi, termasuk proto-danksharding, yaitu proses pengambilan sampel data yang disederhanakan membuat transaksi layer-2 pada Ethereum secara signifikan lebih murah dan lebih cepat.

Shanghai Upgrade

Baca juga: Reli Bitcoin Untungkan Investor Kripto yang Baru Masuk

Selain itu Shanghai juga menawarkan EOF yaitu pembaruan yang sangat dibutuhkan dan bertahun-tahun tertunda ke Ethereum Virtual Machine (EVM), mekanisme yang mendasari jaringan yang menyebarkan smart contract. Namun, kedua pembaruan ditunda untuk memastikan penarikan ETH dapat dilakukan pada bulan Maret mendatang.

Dilaporkan Decrypt, pengembang inti Ethereum mengumumkan keberhasilan penyebaran mainnet shadow fork pertama yang dirancang untuk menguji kesiapan kemampuan penarikan staking ETH, sebuah fitur baru yang diharapkan segera diluncurkan.

Mainnet shadow fork adalah latihan lengkap untuk peningkatan sistem, yang memungkinkan pengembang untuk menguji kekurangan desain dan men-tweak masalah yang belum terselesaikan. Tes pratinjau tersebut memberi peningkatan pada Ethereum dan sangat dinantikan.

Harga ETH

Grafik Harian ETH/USD. Sumber: TradingView.
Grafik Harian ETH/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Roadmap Baru Ethereum Setelah The Merge

Harga ETH saat ini sedang berada di garis resistensi menurun. Ada kemungkinan bahwa momentum telah berubah menjadi bullish karena peningkatan Ethereum Shanghai yang akan datang. Ini akan merebut kembali area US$ 1.650 dan dapat semakin mempercepat tingkat kenaikan.

Pasokan Ethereum sendiri telah berubah menjadi deflasi sekali lagi. Pasokan 120 juta token ETH saat ini adalah 2.000 lebih sedikit daripada saat peluncuran Ethereum 2.0 pada September 2022, dan beralih ke mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS).

Dilaporkan Beincrypto, Ethereum mungkin akan naik karena Shanghai Upgrade yang akan datang. Meskipun pemutakhiran tidak akan mengatasi masalah dengan gas fee atau meningkatkan smart contract, pemutakhiran akan memungkinkan penarikan bertahap staking ETH, yang telah berada di Beacon Chain selama lebih dari dua tahun.

Posisi ETH berada di area resistensi utama berada pada harga rata-rata US$ 1.660, yang diciptakan oleh level resistensi retracement Fib 0,618 dan area resistensi horizontal. Pergerakan di atasnya bisa membawa Ethereum ke US$ 2.000. Jika terjadi pergerakan turun, area US$ 1.350 akan menjadi support.

Continue Reading

Crypto

Ethereum Shanghai Hard Fork Bakal Rilis Maret 2023, Apa Untungnya?

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Peningkatan Shanghai hard fork pada jaringan Ethereum sangat dinantikan oleh komunitas kripto. Kabarnya upgrade jaringan ini akan meluncur pada bulan maret 2023 mendatang.

Jaringan Ethereum beralih ke model penambangan proof-of-stake (PoS), yang secara efektif mengakhiri model penambangan proof-of-work (PoW). Transisi yang ditunggu-tunggu telah berlangsung pada 15 September 2022. Selanjutnya ada upgrade yang sudah dinantikan.

Shanghai hard fork akan mengeksplorasi tiga masalah penting Ethereum. Itu membuat perubahan pada format objek EVM, penarikan Beacon Chain, dan mengurangi biaya L2. Pembaruan Ethereum Shanghai diharapkan berlangsung pada awal 2023, beberapa bulan setelah The Merge.

Namun, sesuai perincian terbaru dari pengembang inti, tanggal yang diharapkan untuk pembaruan telah ditetapkan pada Maret 2023.

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Perbandingan Bitcoin, Emas dan Saham Tesla, Mana Lebih Unggul?

Peningkatan Ethereum

Peningkatan Ethereum Shanghai akan memungkinkan penarikan eter yang di-staking. Pembaruan besar berikutnya untuk jaringan ini akan memungkinkan validator menarik ether yang dipertaruhkan.

Timeline tentatif untuk peningkatan telah ditetapkan oleh pengembang inti. Ethereum Improvement Proposal (EIP) 4895 atau Shanghai kemungkinan akan menyediakan jaringan dengan fitur penarikan ether yang tidak ada.

“Penarikan akan diaktifkan dengan Shanghai yang saat ini direncanakan pada bulan Maret di mainnet jika semuanya berjalan sesuai rencana,” kata Pooja Ranjan, manajer proyek di Ethereum Cat Herders kepada The Block.

Kesulitan

Namun, jangka waktu yang diharapkan tidak tetap dan dapat bervariasi tergantung pada masalah yang mungkin dihadapi tim, termasuk kemungkinan kesulitan lainnya.

Pembaruan hard fork mungkin juga memberikan saran untuk meningkatkan Mesin Virtual Ethereum dan mengatasi masalah skalabilitas. Pada 18 Oktober, pemutakhiran yang dikenal sebagai Shandong ditayangkan di testnet.

Baca juga: Rencana Mark Zuckerberg Soal Metaverse Alami Hambatan Besar

Setelah hard fork, pemutakhiran EIP-4844 dirancang untuk memperkenalkan prototipe data-blob-transaction baru yang sebelumnya ditemukan oleh pengembang pada 21 Februari 2022. Saat ini, teknologi layer-2 seperti Optimistic Rollups dapat memindahkan komputasi Ethereum dan penyimpanan jaringan off-chain untuk meningkatkan skalabilitas sebesar 10x hingga 100x. 

Pengembang mengantisipasi bahwa memperkenalkan bundel portabel besar yang dapat berisi data lebih murah dalam transaksi Ethereum dapat meningkatkan kapasitas rollup hingga 100x. Namun, sementara pemutakhiran akan menurunkan biaya transaksi pada solusi lapisan-2, itu tidak akan memengaruhi biaya gas Ethereum.

Continue Reading

Crypto

Vitalik Buterin Ungkap Roadmap Baru Ethereum Setelah The Merge

Published

on

Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Foto: Flickr.

Vitalik Buterin, telah menambahkan tahapan baru ke roadmap teknis Ethereum. Salah satu pendiri Ethereum itu berujar tujuan roadmap baru ini untuk meningkatkan ketahanan sensor dan desentralisasi jaringan Ethereum.

Rencana pembaruan jaringan Ethereum diungkapkan oleh Buterin dalam posting Twitter hari Sabtu (5/11), yang memperkenalkan bagian yang disebut The Scourge dalam roadmap enam tahapan yang sekarang diperluas.

Roadmap teknis yang diperbarui sekarang memasukkan The Scourge sebagai tahapan baru, dan disertai dengan segmen lain yang dikenal sebelumnya — The Merge, The Surge, The Verge, The Purge, dan The Splurge.

Tujuan Roadmap Baru

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Harga Chiliz (CHZ) Melonjak 34% dalam Seminggu, Pola Bullish?

Menurut roadmap Ethereum, tujuan The Scourge adalah untuk “memastikan penyertaan transaksi yang andal dan dapat dipercaya netral dan untuk menghindari sentralisasi dan risiko protokol lainnya dari MEV (Miner Extractable Value).”

Seruan salah satu pendiri Ethereum untuk lapisan konsensus yang lebih “netral” muncul karena para penambang diketahui mengeksploitasi transaksi di jaringan Ethereum untuk kepentingan mereka.

Buterin sebelumnya menggambarkan mekanisme netral yang kredibel sebagai satu, yang “tidak mendiskriminasi atau melawan orang tertentu.”

MEV terjadi ketika penambang menjalankan peserta lain di jaringan dengan memutuskan transaksi mana yang akan ditempatkan di blok dan dalam urutan apa.

Ini memungkinkan penambang untuk menduplikasi semua transaksi yang menang dari mengumpulkan dan mengeksekusi transaksi mereka di depan pencari arbitrase atau siapa pun yang mencoba menghasilkan keuntungan.

Akibatnya, Ethereum telah dikaitkan dengan tingkat sentralisasi dan sensor yang lebih tinggi setelah transisinya ke proof-of-stake (PoS).

Detail Rahasia

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Analisa: Market Kripto Anjlok Imbas Aksi Binance Akuisisi FTX

Sementara rincian lengkap The Scourge belum diungkapkan, Buterin baru-baru ini mengusulkan solusi “Partial Block Auction” di mana pembuat blok hanya diberikan hak untuk memutuskan beberapa konten blok.

Proposal lain untuk memerangi penyensoran pada lapisan konsensus telah diajukan — seperti solusi Single Unifying Auctions for Value Expression (SUAVE) perusahaan penelitian dan pengembangan Ethereum Flashbots.

Buterin juga mengkonfirmasi pembaruan ke The Verge – yang sekarang akan melibatkan integrasi teknologi Succinct Non-Interactive Argument of Knowledge (SNARK) ke Ethereum.

Penambahan SNARK akan menambahkan fitur perlindungan privasi yang sangat dibutuhkan ke jaringan Ethereum sambil tetap memungkinkan transaksi anonim dapat dilacak.

Buterin juga mencatat bahwa “peran yang lebih eksplisit untuk pembuktian kuantum” akan diimplementasikan pada berbagai tahap peta jalan Ethereum sebagai komponen penting dari protokol “permainan akhir”.

Continue Reading

Popular