Connect with us

Bitcoin News

48.000 BTC Ditarik dari Exchange Kripto Harap Terjadi Lonjakan Harga

Published

on

ilustrasi membeli bitcoin

Sekitar 48.000 Bitcoin (BTC) dipindahkan dari Coinbase Pro, exchange kripto favorit di antara investor institusional pada hari Selasa (18/10). Arus keluar ini adalah yang terbesar di antara exchange kripto sejak kehancuran market pada bulan Juni tahun ini dan terbesar kedua sepanjang masa.

Arus keluar 48.000 BTC dibagi menjadi tiga kelompok: 11.280 BTC, 4.560 BTC, dan 32.000 BTC. Arus keluar BTC ini menunjukkan investor menarik kripto mereka dari exchange dan beralih dari mode penjualan ke mode akumulasi.

CEO perusahaan analitik Korea Selatan, CryptoQuant, Ki Young Ju, telah membagikan tangkapan layar yang menunjukkan penarikan besar-besaran Bitcoin dari exchange terbesar yang berbasis di AS, Coinbase. Dia menyatakan bahwa semua kripto ini dipindahkan dari wallet oleh institusi. Ini setara dengan hampir US$ 1 miliar dengan nilai tukar BTC/USD saat ini.

Ilustrasi exchange Coinbase.
Ilustrasi exchange Coinbase.

Baca juga: Percaya Kripto, Tesla Masih Pegang Bitcoin Senilai Rp 3,3 Triliun

Potensi Kenaikan Harga

Institusi memindahkan BTC ke cold wallet, kenaikan harga diperkirakan bisa terjadi. Hal tersebut mengindikasikan akan tercipta fase bullish atau lonjakan harga.

Sebelumnya dari analis CryptoQuant menunjukkan bahwa BTC yang ditarik telah disimpan di Coinbase Pro untuk jangka waktu tiga hingga lima tahun, sehingga Bitcoin ini dapat disebut “tidak aktif.”

Ki Young Ju men-tweet bahwa Bitcoin ini dikirimkan ke klien institusional. Dia juga melampirkan tweet dari Oktober dengan tangkapan layar yang menunjukkan bahwa, secara historis, harga Bitcoin menunjukkan kenaikan substansial setelah lembaga keuangan memasukkan Bitcoin.

Baca juga: Kenal Blockchain Aptos, Pesaing Kuat Solana dari Mantan Karyawan Meta

Advertisement

Korelasi Bitcoin

Rupanya, Ju mengharapkan harga Bitcoin untuk naik sekali lagi sekarang, setelah penarikan dari Coinbase ini.

Sementara itu, korelasi Bitcoin dengan saham telah turun dari level tertinggi sepanjang masa bulan lalu, tetap berada di level tertinggi dalam sejarah dan harganya sebagian besar masih didorong oleh poin pemicu makro, seperti laporan data ekonomi utama dan kebijakan bank sentral.

Namun, volatilitasnya yang rendah seperti biasanya, telah menjadi perhatian utama pasar kripto dalam beberapa hari terakhir.

Popular