Connect with us

Business

Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried yang Bangkrut Ditangkap Polisi

Published

on

Sam Bankman-Fried, CEO FTX. Foto: FTX.

Mantan CEO FTX, Sam Bankman-Fried, telah ditangkap oleh Kepolisian Kerajaan Bahama menyusul laporan bahwa Amerika Serikat mengajukan tuntutan pidana terhadapnya. Founder FTX itu kemungkinan akan meminta ekstradisinya.

Kantor Kejaksaan Agung Bahama mengeluarkan pernyataan, mereka akan menahan Bankman-Fried sampai “permintaan resmi untuk ekstradisi dibuat.” Dalam sebuah pernyataan, Perdana Menteri Bahama, Philip Davis, mengatakan akan bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk menuntaskan kasus yang mencuri perhatian industri kripto global tersebut.

“Bahama dan Amerika Serikat memiliki kepentingan bersama untuk meminta pertanggungjawaban semua individu yang terkait dengan FTX yang mungkin telah mengkhianati kepercayaan publik dan melanggar hukum,” kata Davis dikutip TechCrunch.

“Sementara Amerika Serikat mengejar tuntutan pidana terhadap SBF secara individual, Bahama akan melanjutkan penyelidikan peraturan dan kriminalnya sendiri atas jatuhnya FTX, dengan kerja sama yang berkelanjutan dari penegak hukum dan mitra peraturannya di Amerika Serikat dan di tempat lain.”

Fakta Penangkapan

Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.
Crypto exchange, FTX. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Daftar Kripto yang Kehilangan ‘Hype’ di Tahun 2022

Kantor Kejaksaan Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York, Damian Williams, mengonfirmasi penangkapan tersebut dan fakta bahwa penangkapan itu dilakukan “atas permintaan Pemerintah AS, berdasarkan dakwaan tertutup yang diajukan oleh SDNY.”

Dalam sebuah tweet, kantor SDNY menambahkan: “Kami berharap untuk membuka dakwaan di pagi hari dan akan berbicara lebih banyak pada saat itu.”

Bankman-Fried dijadwalkan untuk bersaksi pada Rabu (14/12) sebagai saksi di hadapan Komite Layanan Keuangan DPR AS, Jacquelyn Melinek. Panitia sedang menyelidiki peristiwa yang menyebabkan ledakan FTX, yang mengakibatkan exchange kripto FTX mengajukan kebangkrutan bulan lalu dan Bankman-Fried dipaksa mundur sebagai kepala eksekutif.

Advertisement

Siasat Bankman-Fried

Sam Bankman-Fried, CEO FTX. Foto: FTX.
Sam Bankman-Fried, mantan CEO FTX. Foto: FTX.

Baca juga: Sam Bankman-Fried, CEO FTX Kehilangan 94% Kekayaan dalam Sehari

Reuters melaporkan bulan lalu bahwa Bankman-Fried diam-diam mentransfer US$ 10 miliar dana klien FTX ke perusahaan perdagangan terafiliasi Alameda Research. Bankman-Fried mengatakan kepada publikasi bahwa transfer dana adalah salah membaca dari “pelabelan internal yang membingungkan.” Dia telah berulang kali mengeklaim ketidaktahuan atas kesalahan apa pun.

Axios melaporkan sebelumnya bahwa Bankman-Fried “terus menolak untuk bersaksi di depan Komite Perbankan Senat AS, dan bahwa pengacaranya menolak untuk menerima panggilan pengadilan,” menurut pernyataan baru dari Senator Sherrod Brown dan Pat Toomey.

Popular